Ir. Anthoneta Magdalena Maknai R.A. Kartini Sebagai Sosok Inspiratif Bagi Kartini Masa Kini

Ket Foto: Ir. Anthoneta Magdalena, Kepala UPTD Pengawasan dan Sertifikasi Benih Dinas Pertanian Provinsi NTT

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Dengan segala kontribusinya pada emansipasi wanita di Indonesia, Kartini dapat dikatakan sebagai sosok modern yang berasal dari masa lalu, sosok dan kisahnya pantas dikenang dan diketahui oleh perempuan-perempuan Indonesia. Kecerdasan dan keberanian Kartini menjadikannya sebagai sosok perempuan yang disegani dan menjadi sosok Inspiratif karena Hasil pemikiran, dan perjuangannya di masa lalu meninggalkan makna yang kuat bagi perempuan-perempuan di masa kini.

Oleh sebab itu lewat perjuangan nya yang cukup besar terhadap kaum perempuan maka sudah seharusnya kaum perempuan atau Kartini masa kini memaknai dan melanjutkan dalam kehidupan masa kini dengan berjuang menata hidup menjadi lebih baik.

Kartini masa kini pun banyak ditemukan di Indonesia. Para perempuan telah mampu membuktikan dengan kegigihan dan keuletannya yang berperan besar dalam kemajuan Indonesia baik di berbagai bidang.

Seperti yang di buktikan oleh
Ir. Anthoneta Magdalena, salah satu perempuan NTT yang tak kalah mandiri dan kuat dalam menghadapi kehidupan.

Anthoneta Magdalena seorang perempuan tangguh yang hampir 30 tahun mengabdikan dirinya sebagai ASN di Lingkup pemerintah Provinsi NTT di bidang pertanian Lebih tepatnya di Dinas Pertanian dan ketahanan pangan NTT sebagai Kepala UPTD Pengawasan dan Sertifikasi Benih.

Saat berbincang – bincang santai dengan Anthoneta diruang kerjanya pada Rabu (17/04/2024) Dirinya menyampaikan tentang perjuangan R.A. Kartini yang cukup besar terhadap kaum perempuan pada jamannya sehingga di Era modern ini Kaum perempuan perlu memaknai nya dengan cerdas

Ibu dari tiga putra ini mengatakan bahwa Kartini telah berjuang untuk kepentingan kaum perempuan agar bisa mendapatkan ruang yang seluas-luasnya dalam bidang pendidikan bahkan bisa berkembang dalam bidang lainnya dan hal tersebut sudah terwujud, maka saat ini sudah seharusnya generasi muda, Kartini masa kini berjuang untuk keluar dari keterpurukan ekonomi, kebodohan, kemiskinan yakni dengan menimba ilmu pengetahuan setinggi – tingginya.

Dia mencontohkan dalam kehidupan keluarga nya, Anthoneta selalu menerapkan kedisiplinan bagi anak- anaknya. tidak boleh mengabaikan pendidikan, harus tekun dan serius dalam study nya karena hidup ini penuh dengan tantangan dan kesulitan.

Anthoneta selalu menegaskan kepada anak – anaknya dan juga kepada kaumnya bahwa Ingin sukses harus survive karena zaman sekarang kehidupan semakin susah. seperti hal nya R.A Kartini yang telah memberikan inspirasi bagi kaum perempuan dengan berjuang keras untuk mendapatkan apa yang menjadi hak – hak bagi kaumnya.

Anthoneta mengungkapkan banyak pengalaman dan Prestasi yang diraih dengan mengikuti berbagai kegiatan dan perlombaan seperti lomba pidato pada peringatan Hari Kartini dan meraih juara dan masih banyak lagi pengalaman dan Prestasi yang di dapatkannya. Oleh sebab itu Perempuan yang bergelar Ir. Ini mengharapkan pengalaman yang di rasakan tersebut juga di alami oleh perempuan NTT lainnya bahkan juga buat Generasi masa kini.

” Sebagai perempuan jangan pernah merasa tidak mampu, terus berjuang untuk wujudkan impian namun tidak melupakan kodrat kita, karena Kartini sudah menjadi inspirasi bagi kita,” ujar Anthoneta.

Berbicara tentang kesetaraan gender, Kepala UPTD Pertanian ini mengatakan bahwa walaupun Dia adalah pimpinan dan ada sejumlah staf laki-laki dan perempuan yang di bawah kepemimpinan nya namun senantiasa diperlakukan sama dan tidak memandang gender, tetap bijak dan menjadi teladan bagi staf nya.

” Di lingkup Kerja kami tidak ada perbedaan antara kaum perempuan dan laki-laki, semua sama perlakuan nya. Dalam tupoksi kerja tidak memandang laki-laki dan perempuan, ketika turun lapangan, ke sawah semua melakukan hal yang sama.sebagai pimpinan perempuan, saya harus bisa mengasah diri dan menunjukkan kemampuan lebih dari staf laki – laki,” ucap Anthoneta Magdalena.

Lanjut Ir. Anthoneta menyampaikan bahwa berbicara kesetaraan gender maka di lingkungan kerjanya dengan
70an Karyawan nya tidak ada Diskriminasi, semua di perlakukan sama.

Berbicara tentang kemampuan Anthoneta mengatakan bahwa justru kaum perempuan kebanyakan memiliki kemampuan yang lebih yakni lebih survive, lebih teliti dalam berbagai hal.

Perempuan tangguh dan mandiri yang memiliki nama lengkap Ir.Anthoneta Magdalena ini juga mempunyai harapan dan pesan yang mumpuni kepada masyarakat terutama kaum perempuan agar dalam menjalani kehidupan harus beradaptasi dengan kondisi sekarang yang sudah canggih dan harus pintar dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin meningkat ini agar bisa mendapatkan informasi yang akurat dan bisa berkembang, Kartini masa kini haruslah persiapkan masa depan generasi penerus dengan penuh kasih dan jangan lupa berserah kepada Tuhan. ( CP).

Komentar