Amin Juariah, S.T.P., MM: “Jadilah Perempuan Berkualitas Namun Jangan Lupa Kodrat

Ket Foto: Amin Juariah, S.T.P., MM, Kepala Dinas Pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Kupang 

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Berkat Kartini, perempuan masa kini bisa mendapat kesetaraan untuk bebas berkarya, Dalam hal pekerjaan. perempuan bisa bekerja dalam berbagai sektor yang beragam di era modern seperti sekarang ini.

Contohnya, saat ini masyarakat sudah tidak asing lagi dengan banyaknya sosok perempuan yang ikut terlibat dalam memajukan perusahaan, hingga sebuah pemerintahan. Kondisi ini menunjukkan bahwa banyak perempuan berkualitas yang bisa bersaing.

Tidak di pungkiri juga di era modern ini banyak sekali ditemukan perempuan berkualitas, tangguh dan patut menjadi inspirasi bagi Kartini masa kini, hal tersebut di sampaikan oleh salah satu perempuan berkualitas yang tidak asing lagi di bidang pertanian, yakni Amin Juariah, STP., MM, kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kupang.

Amin Juariah, dengan kegigihan nya melaksanakan tanggung jawabnya sebagai Kepala Dinas di bidang Pertanian dan Ketahanan Pangan yang kalau dilihat ruang kerjanya sering bergelut dengan panas nya mentari dan berteman lumpur di pesawahan, menemani dan memberikan penyuluhan dan pendampingan kepada para petani tanpa kenal lelah.

Tak sampai disitu saja, Amin panggilan akrabnya tidak peduli jarak dan waktu yang terkadang harus ditempuh saat melakukan pekerjaannya sebagai ASN di Lingkup pemerintah Kabupaten Kupang, Ia tetap setia bekerja karena diakuinya sebagai Perempuan tidak boleh merasa lemah namun harus memiliki kemampuan dan integritas tinggi dalam menunaikan tugas dan tanggungjawab.

Ketika ditemui media Indonesia menyapa di kediaman nya di seputaran Kayu putih, Kamis(18/04/2024) Ibu Tangguh dari 1 putra dan 2 Putri ini menceritakan tentang kisah nya yang bisa memotivasi kaum perempuan masa kini, dimana awal meniti karier tidaklah seperti membalikkan telapak tangan namun melalui tahapan demi tahapan yang cukup menguras pikiran dan tenaga.

Menurut perempuan yang kelahiran Magelang Jawa Tengah ini mengatakan bahwa R.A Kartini memang patut diberi apresiasi yang setinggi – tingginya karena telah menjadi inspiratif bagi kaum perempuan pada jamannya dan masa kini.
Kartini telah berjuang keras untuk mendapatkan ruang yang seluas-luasnya untuk berkarya dan ini merupakan suatu bentuk karya juang yang harus menjadi motivasi bagi kaum perempuan saat ini.

“Saya sangat apresiasi perjuangan Kartini dan sebagai Kartini masa kini, saya pun berjuang melalui bidang kerja yang saya geluti sebagai Kadis pertanian dan ketahanan pangan, saya membentuk Poktan Wanita di desa – desa yang terletak di Kabupaten Kupang dan mengajarkan kepada mereka bagaimana menjadi petani yang sukses dan ini merupakan bentuk kita mengaplikasikan kemampuan diri dan melanjutkan perjuangan serta menghargai perjuangan R.A.Kartini, dan tak lupa mengajak dan menjadi inspirasi juga bagi kaum perempuan lainnya” Ujar Amin.

Selain itu juga, Istri dari Nyoman Winata ini menuturkan bahwa walaupun sebagai perempuan yang memiliki kemampuan tidak boleh melupakan kodratinya sebagai perempuan, memang di akui Amin Juariah bahwa terkadang Perempuan berperan ganda dimana harus berkarir dan tetap melakukan tugasnya sebagai Ibu Rumah tangga, mengurus rumah, anak-anak dan suami karena memang itu sudah kodratnya.

“Saya meras bahwa perempuan itu hebat dan tangguh karena sudah menjadi pejuang di bidang kerja nya juga pejuang di rumah mengurus keluarga, kalau mau dilihat peran perempuan hampir semua bisa dilakukan, bukan berarti mengabaikan peran laki-laki,” ucap Amin.

Suka duka perjalanan karier Amini Juariah cukup mencengangkan dimana berawal dari seorang penyuluh pertanian bekerja dari satu desa ke desa lain memberikan penyuluhan dan pendampingan kepada para petani dengan berbagai suka dukanya, dan kemudian beranjak naik dipercayakan menjabat sebagai sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Kupang dan pada akhirnya sekarang menduduki jabatan sebagai kepala Dinas Pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Kupang.
ini capaian kinerja yang cukup di ancungin jempol.

Selain itu dengan segala kesibukan yang padat namun Amin Juariah tidak melupakan kebersamaan dengan keluarga dan seberat apapun tanggung jawabnya sebagai Kepala Dinas namun diakuinya tetap enjoi dan bersyukur kepada Tuhan atas segala yang sudah di emban.

Di peringatan hari Kartini ini, Amin Juariah berpesan dan berharap kepada kaum perempuan NTT agar teruslah berjuang dan jadi lah pejuang dalam segala aspek, jadilah perempuan berkualitas namun jangan melupakan kodrat sebagai perempuan agar ada keseimbangan dan kesuksesan di raih. ( CP).

Komentar