Adelheid Da Silva, Perempuan Tangguh Dari Rote Ndao Terima Penghargaan Bidang Sosial dari Iriana Joko Widodo

Ket Foto : waket TP PKK Rote Ndao, Lona Saek, Wabup Rote Ndao, Stefanus Saek, Tengah, Adelheid Da Silva , penerima penghargaan, Regina Kedoh, Kadis P3AP2KB Rote Ndao

NTT, MIM.com
Dalam rangka memperingati hari Kartini yang ke – 144, OASE yakni Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja) adalah organisasi yang dibentuk Ibu Negara
Iriana Joko Widodo memberikan penghargaan kepada 514 perempuan yang telah mendedikasikan diri dan kemampuan nya dalam berbagai bidang pembangunan masing – masing.

Kabupaten Rote Ndao juga merupakan salah satu Kabupaten yang mendapatkan penghargaan dari Oase.
Yang di serahkan oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo secara daring di Istana negara pada, Kamis 21 April 2022.

Penghargaan bergengsi diberikan oleh ibu negara Iriana Jokowi kepada perempuan – perempuan tangguh dan hebat dari berbagai Provinsi dan Kabupaten tersebut merupakan suatu bentuk motivasi bagi kaum perempuan untuk terus berkarya bagi daerah nya dengan potensi yang dimiliki.

Salah satu perempuan yang menerima penghargaan dari kabupaten Rote Ndao adalah AdelHeid Da Silva yang sukses membantu memberdayakan kaum perempuan di bidang sosial budaya.

AdelHeid Da Silva, merupakan perempuan hebat dan tangguh yang telah memberikan kontribusi positif dan menjadi agen perubahan bagi Kabupaten Rote Ndao melalui kemampuan nya mengajar dan membimbing kaum perempuan rentan dan yang berkebutuhan khusus di bidang inklusi.

Berkat dedikasinya yang besar bagi Kaum perempuan yang tadinya tidak Berdaya menjadi Berdaya.maka sepantasnya penghargaan di dapatkan oleh AdelHeid dari Oase.

Kepada media Indonesia menyapa di Aula Eltari, AdelHeid menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang telah di terimanya. Dirinya mengatakan bahwa untuk mendapatkan penghargaan di bidang sosial budaya tentunya melalui tahapan – tahapan yang tidak mudah, penuh suka dan duka, kesabaran.

Adel Da Silva mengungkapkan bahwa selama 3 tahun sebagai pendamping memberikan pendampingan bagi para perempuan rentan di bidang inklusif agar bisa berkreasi dalam bidang menjahit dan lainnya , tentunya dengan penuh kesabaran dan kini membuahkan hasil. Dan dirinya tidak kemudian menjadi puas dengan capaian kinerja tersebut namun bertekad akan terus berkerja lebih baik lagi bagi masyarakat dan terutama kaum inklusi dengan Program – program yang telah di rancang.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Rote Ndao, Lona A. Saek – Ngginak, mengatakan, TP PKK Rote Ndao selalu support, memotivasi dan mendukung kaum perempuan yang tidak mampu di beberapa sektor yang ada di Rote Ndao dalam bentuk pelatihan dan pendampingan, khusus nya bidang menjahit melalui Pokja yang ada di TP PKK agar membantu ekonomi keluarga di masa pandemi covid yang masih berkelanjutan dan juga memberdayakan kaum perempuan yang rentan menjadi berdaya di berbagai bidang.

Di Momentum hari Kartini, Pesan dan harapan Waket TP PKK Rote Ndao kepada kaum perempuan di Rote Ndao, agar tidak menyerah, apapun keterbatasan nya, dan di situasi apapun, terus semangat dan bangkit berkreasi dan berinovasi melalui kemampuan dan potensi yang dimiliki membangun diri dan Daerah menjadi lebih baik.

Sementara itu dari sisi pemerintahan, Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus Saek mengatakan, pemerintah selalu memberikan dukungan penuh kepada kaum perempuan di Rote Ndao Baik itu dari sisi pemerintahan ada kesetaraan dalam jabatan di birokrasi dan bidang lainnya. dukungan lainnya juga dalam bidang ekonomi sektor lainnya terus ditingkatkan.

Dari sisi program, pemerintah terus memberikan dukungan dana kepada PKK dan Dekranasda yang di tempatkan di sejumlah OPD di Rote Ndao dalam rangka mendukung program yang di rancang kan.

Terkait penghargaan yang di terima oleh perwakilan kaum perempuan dari Rote Ndao, AdelHeid Da Silva, Stefanus mengatakan, dengan penghargaan yang di dapatkan ini, pemerintah Sangat berbahagia dan berterimakasih kepada OASE yang telah memberikan penghargaan kepada AdelHeid Da Silva.

Wakil Bupati rote menambahkan dengan adanya penghargaan yang di terima ini, pemerintah daerah Rote Ndao telah menempatkan bidang inklusi di RPJMD sebagai salah satu program prioritas di Kabupaten Rote Ndao.

“Dengan di terimanya penghargaan ini maka diharapkan perempuan Rote Ndao terus tampil dan tingkatkan kualitas nya di bidang inklusi dan bidang lainnya terus berkarya serta berkelanjutan,karena perempuan pada dasarnya kuat dan hebat”kata Stefanus.

Untuk mendukung kaum perempuan Rote Ndao, Kepala dinas P3AP2KB, Regina Kedoh, menyampaikan bahwa penghargaan yang diterima oleh Adelheid ini merupakan suatu kebanggaan bagi kaum perempuan uang ada di Rote Ndao, diakui Regina bahwa, penghargaan yang di berikan oleh negara ini merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah terhadap kaum perempuan sehingga pada moment hari Kartini sudah sewajarnya ada penghargaan bagi jasa yang telah di lakukan Kartini masa kini.

Regina menambahkan, dengan penghargaan yang diberikan ini akan memotivasi kaum perempuan untuk terus semangat dan penuh kerelaan mau membangun daerah masing – masing dan kaum perempuan lainnya melalui kemampuannya dan kelebihannya.

“ibu Adelheid Da Silva ini bergelut dii bidang sosial budaya dimana kami di Rote Ndao ada 18 organisasi wanita dan dirinya sebagai ketua dan sangat berperan penting dalam memberikan motivasi bagaimana mengembangkan berbagai program pemberdayaan dan kini di bidang inklusi yakni kaum rentan dan ini suatu kebangaan bagi kami dimana, Ibu Da Silva telah melahirkan kader – kader baru di semua bidang,” jelas Regina Kedoh.

Regina Kedoh berharap kiranya apa yang telah di lakukan oleh Perempuan hebat Adelheid Da Silva ini dapat menjadi motivasi bagi kaum perempuan lainnya di NTT dan terkhusus di Kabupaten Rote Ndao. ( CP).

Komentar