Gelar Exotic Tenun Fest, Bank Indonesia Turut lestarikan Identitas Tenun NTT

Kupang, media Indonesia menyapa.com – Bank Indonesia gelar Exotic Tenun Fest NTT melalui Virtual Zoom yang dibuka langsung oleh  Deputi Bank Indonesia, Rosmaya Hadi,Wakil Gubernur NTT , Kepala Bank Indonesia Cabang NTT, Walikota Kupang Jefri Riwu Kore,Ketua Dekranasda Kota Kupang, Hilda Riwu Kore, juga kepala Bank NTT , pada Senin (22/03/2021).

Kegiatan ini juga di hadiri oleh Komisi IX DPR RI, Direktur Pengembangan UMKM Bank Indonesia, Wakil Gubernur NTT, unsur FORKOMPIMDA NTT, Komunitas pecinta tenun dan pecinta UMKM, serta beberapa perwakilan lembaga maupun komunitas yang turut mengambil bagian.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BI Perwakil NTT, I Nyoman A. Atmaja mengatakan bahwa target penjualan tenun NTT berkisar 1,2 milyar, melalui promosi dan penjualan secara online.

Menurut Atmaja, Penjualan dan promosi tenun ikat sekarang sudah di permudah caranya secara online dan mudah. tinggal klik www.exotenunfes.com sudah bisa langsung pilih produknya, kemudian ketika memilih produk, maka sudah dapat langsung terhubung dengan shopee sebagai e-commerce tempat terjadinya transaksi.

” jika ada yang mau membelinya secara offline, kita bisa langsung datang membelinya di Gedung Dekranasda Provinsi NTT dan beberapa Dekranasda Kota/Kabupaten lainnya di NTT,”kata Nyoman Atmaja.

Sementara itu, Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia yang terus menerobos kondisi yang terbatas dengan langkah-langkah cerdas dan adaptif untuk mengajak masyarakat memasuki era new normal yang mempertemukan UMKM dengan platform e-commerce yang ada.

Untuk diketahui Kegiatan Exotic Tenun Fest 2021 diselenggarakan dalam rangka melestarikan dan menguatkan identitas tenun NTT sebagai salah satu warisan budaya Indonesia serta mendukung program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)dan Karya Kreativitas Indonesia (KKI) Bank Indonesia bersama Dekranasda NTT. Exotic Tenun Fes 2021 rencananya akan dilangsungkan selama tiga hari.

Kegiatan Exotic tenun NTT 2021 ini akan dilakukan dari 22-24 Maret 2021 dan dapat di nikmati secara langsung melalui www.exotictenunfest.com maupun melalui Virtual zoom.

Adapun kegiatan tersebut didukung oleh Shopee, pegangtangan.com, dan anak Timor Hitz Kreatif serta beberapa pendukung lainnya.

Kegiatan tersebut mencakup beberapa event seperti, Penjualan tenun berbasis Digital, pengenalan motif dan maksud motifnya, bahan-bahan yang digunakan dalam kain tersebut, serta event-event menarik lainnya yang di tampilkan.

Sedangkan Direktur Bank Indonesia yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan  bahwa NTT mempunyai jenis Motif tenun yang sangat indah sehingga perlu ada dukungan untuk mengembangkan tenun-tenun yang ada di NTT karena tenun NTT telah mendunia ungkap Direktur tersebut.

Harapannya, Tenun NTT dapat terus diangkat di dalam event-event nasional maupun Internasional Tutupnya

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi dalam sambutannya pada Exotic Tenun Fest 2021, menyatakan bahwa tenun adalah bukan semata-mata kekayan biasa namun merupakan sebuah warisan budaya intelektual yang turunkan secara turun temurun oleh para leluhur.

Pada Upacara Peringatan ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Presiden Joko Widodojuga menggunakan baju adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menghiasi kemeja putihnya yang menandakan keindahan dan kekayaan Motif tenun di NTT.

Tenun NTT telah mengglobal hingga kancah internasional, hal ini di buktikan dengan di pamerkannya tenun ikat NTT pada Paris Fashion Week 2018 oleh LeViCo sebagai Brand Indonesia. LeViCo merupakan busana ready-to-wear hasil kolaborasi Julie Laiskodat selaku pemilik tenun NTT LeViCo, Yurita Puji, dan Defrico Audy yang tampil memukau pada pagelaran Paris Fashion Week 2018 di Intercontinental Le Grand Paris. ( CP ).

Komentar