Kalahkan Keterbatasan, Siswa Berkebutuhan Khusus Unjuk Kemampuan di FLS2N,02SN, LKS dan Raih Prestasi

Kupang, media Indonesia menyapa.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT menyelenggarakan lomba

FLS2N,02SN dan LKS bagi Peserta Didik Berkebutuhan khusus (PDBK) Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2024, Senin,(27/5/2024) Bertempat di Hotel Sylvia.

139 siswa dan siswi yang berasal dari SLB tingkat SD, SMP dan SMA se – NTT unjuk kebolehan dan kemampuan dalam sejumlah cabang olahraga.

Lomba FLS2N,02SN dan LKS Peserta Didik Berkebutuhan khusus (PDBK) Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2024 dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Ambrosius Kodo.

Dalam sambutannya, kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT saat membuka FLS2N,02SN dan LKS PDBK menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Kepala Sekolah dan juga para guru pendamping yang dengan senang hati mendukung, mendampingi siswa siswi berkebutuhan khusus untuk mengikuti lomba tersebut.

Ambrosius menuturkan untuk menjadi guru pada sekolah luar biasa harus dari hati atau terpanggil dan tidak di panggil, terpanggil atau aktif artinya dengan kerelaan hati mengajar dan membimbing anak-anak yg berkebutuhan khusus, bukan di panggil atau pasif.

Diuraikan Kadis P dan K NTT, Jumlah peserta lomba terdiri dari O2SN 54,FLS2N 39,LKS 46, sehingga total yang mengikuti lomba sebanyak 139 siswa.

Sedangkan Untuk jenis cabang olahraga yang di lombakan yakni dari Olimpiade Olahraga Siswa Nasional O2SN terdiri dari 8 cabang lomba, Balap Kursi Roda, Lari 100m, Lempar Turbo, Lompat Jauh, Bola Boce, Bulu Tangkis, Catur dan Tenis Meja.

Sementara itu untuk mata lomba Festival dan LombaSeni Siswa Nasional(FLS2N) terdiri dari 5 cabang lomba yakni Cipta dan Baca Puisi,Desain Grafis,Menyanyi Solo kategori SDLB dan SMP/SMALB dan Pantomim.

Untuk Cabang Lomba Kompetensi Siswa(LKS) terdiri dari 8 cabang lomba yaitu Hantaran,Kreasi Barang Bekas,Karya Kayu,Merangkai Bunga, Tata Boga,Tata Busana, Tata Kecantikan, dan Tik.

Terkait tempat di selenggarakan lomba FLS2N,02SN dan LKS Peserta Didik Berkebutuhan khusus (PDBK) Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2024, Ambrosius menyampaikan bahwa lomba FLS2N,02SN dan LKS
di gelar di beberapa tempat antara lain di Aula SMAKN 4 , SLB Asuhan Kasih, SLBN Pembina Kupang, SLB Kota Raja Kupang,SMAN 3 Kota Kupang dan SMKN 3 Kota Kupang.

Sedangkan Penutupan FLS2N,02SN dan LKS Peserta Didik Berkebutuhan khusus (PDBK) Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2024 di gelar selama tiga hari dan penutupan pada 29 Mei 2024 berlangsung di Halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT Ambrosius Kodo sekaligus pengumuman juara lomba dari masing – masing cabang olahraga

Pada kesempatan tersebut Peserta terbaik atau yang meraih juara satu di tingkat Provinsi akan mewakili Provinsi NTT pada ajang Lomba Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek dan teknologi RI.

Selain itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTT juga mengatakan bangga
dengan bakat dari para siswa dan siswi berkebutuhan khusus yang mengikuti lomba FLS2N,02SN dan LKS Peserta Didik Berkebutuhan khusus (PDBK) Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2024. meskipun memiliki keterbatasan tetapi disamping itu mereka memiliki bakat yang luar biasa.

” Saya sangat terharu dengan bakat dan talenta anak-anak berkebutuhan khusus yang memiliki keterbatasan namun bakat yang dimiliki melebihi anak – anak yang normal dan sudah sepatutnya pemerintah mendukung setiap talenta, bakat dari anak-anak berkebutuhan khusus ini,” Pungkas Ambrosius Kodo.(Tim).

Komentar