FS Kelamba Kota Kupang Berbagi Hewan Qurban di Idul Adha 1443 H

KUPANG, Media indonesia menyapa.com – Forum Silahturahmi Keluarga Labissa Kampung Baru (FS Kelamba) yang merupakan kumpulan warga asal Desa Labissa di Kecamatan Ajangale, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan seperti tahun – tahun sebelumnya selalu merayakan hari raya idul adha dengan melaksanakan idul qurban atau pemotongan hewan qurban.

Pada momen Idul Adha ke – 5 kali nya di laksanakan oleh FS Kelamba, dan pada tahun 2022 ini FS Kelamba menyiapkan 8 ekor sapi qurban, dimana dari 8 ekor sapi ini hasil patungan dari semua anggota atau warga yang tergabung di FS Kelamba.

Menurut Ketua panitia idul qurban, Ari mengatakan, daging qurban yang ada nantinya akan dibagikan ke semua anggota atau warga FS Kelamba Labissa Kampung baru dan juga warga sekitarnya.

” Dari 8 ekor sapi qurban yang ada, akan kami bagikan kepada warga FS Kelamba Labissa dan juga kepada warga sekitarnya baik muslim maupun non muslim. Tahun ini kami hanya menyediakan hewan qurban sapi saja, tidak ada hewan kambing,” ucap Ari.

Sementara itu, Ketua FS Kelamba Labissa Kupang, Muhamad Basri Maddu disela-sela kegiatan pemotongan hewan korban di Kelurahan Oepura, Minggu (10/07/2022) menyampaikan bahwa
kehadiran Forum ini terbentuk tahun 2017 dimana keanggotaannya dari Desa Labissa. Sampai saat ini tercatat kurang lebih ada 103 kepala keluarga yang tersebar di berbagai kelurahan di Kota Kupang. Pada momen Idul Adha ini, katanya, pihaknya menyiapkan 8 ekor sapi yang akan dipotong dan dagingnya dibagikan ke yang berhak.

“Kami laksanakan pemotongan hewan Qurban sejak terbentuknya forum ini, untuk kelima kalinya. Untuk tahun 2022 ada 8 sapi yang kami akan bagikan juga ke keluarga tidak mampu, janda dan yatim piatu,” katanya.

Basri Maddu yang didampingi Ketua Panitia, Ari mengakui, tahun ini hewan qurban yang akan diqurbankan, dibatasi karena dikhawatirkan pemotongannya tidak bisa di selesaikan hingga malam hari.

Basri menambahkan, pada idul adha tahun ini, FS Kelamba mengusung tema
“Sebagai saksi amal dihadapan Allah” arti dari tema tersebut adalah sebagai umat dan saksi dari Allah SWT harus peduli kepada sesama yang membutuhkan dan ini merupakan bentuk kepedulian umat mentaati perintah Allah SWT.

Pantauan media ini, eratnya Kerukunan dan kekompakan dari FS Kelamba Labissa maka pada hari idul qurban tersebut laki – laki dan perempuan saling membantu dalam pemotongan daging hewan qurban. ( CP).

Komentar