Anggota DPRD Kota Kupang Terpilih, Maria Rosalinda Uta Teku Ajak Masyarakat Kota Kupang Bangkit dan Lakukan Perubahan Mulai dari Diri

Ket Foto: Anggota DPRD Kota Kupang Terpilih, dari Partai Gerindra Maria Rosalinda Uta Teku,SE.,M.M.

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Momentum hari kebangkitan Nasional identik dengan suatu bentuk Komitmen, semangat dan perubahan bagi kelompok, oknum atau masyarakat secara keseluruhan di berbagai aspek tanpa terkecuali.

Kebangkitan Nasional dimaknai dengan cara menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penguatan dan perubahan terhadap diri.
Seperti halnya kini kaum perempuan bangkit dan sejajar dengan kaum laki-laki di segala sektor dan bidang.

Spirit inilah yang kemudian mengantar
Maria Rosalinda Uta Teku, SE.,M.M,.
perempuan kelahiran Boawae,08 Desember 1974, yang dengan segala perjuangannya kemudian lolos sebagai anggota DPRD Kota Kupang terpilih dari Partai Gerindra periode 2024 – 2029 .

Bungsu dari lima bersaudara ini ternyata dikenal aktif di berbagai bidang baik organisasi sosial, politik maupun keagamaan bahkan menyimak perjalanan karier nya hingga saat ini cukup panjang dan menarik yakni pernah melalang buana di beberapa instansi pemerintah dan lembaga swasta.

Istri dari Ayub Peterson Demung, S.T ini ketika di temui media Indonesia menyapa di kediamannya di bilangan jalan Bahagia Kelurahan Liliba Kupang Nusa Tenggara Timur pada Minggu (19/05/2024) mengungkapkan bagaimana perasaan nya ketika Dirinya berlaga di panggung politik yang di kenal dengan bidang yang keras dan butuh ketegaran namun dalam benaknya perempuan harus bisa dan mampu.

Linda sapaan akrabnya mengisahkan bagaimana langkah awal masuk di perhelatan politik pada tahun 2019 dimana pernah menjajal panggung politik tapi keberuntungan belum berpihak kepadanya, namun Ia tidak lantas patah semangat. Linda tetap berjuang membangun kepercayaan diri dan terus berusaha belajar mengisi waktunya dengan berbagai terobosan bukan saja baginya namun mengajak masyarakat dan kaum perempuan dengan mengaktifkan diri di berbagai komunitas, organisasi masyarakat bahkan melalui Koperasi yang dipercayakan sebagai koordinator pengurus cabang Kupang pada Kopdit Boawae cabang Kupang, Ia berupaya memberikan penguatan ekonomi bagi masyarakat dan kaum perempuan dengan membentuk kelompok usaha bersama dalam bentuk Koperasi guna meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Ibu dari dua Putra ini mengatakan bahwa sebagian orang beranggapan bahwa politik adalah dunia yang identik dengan hal kasar, jahat namun ketika sudah berada dan berkecimpung di bidang politik ternyata tidak seperti yang dibayangkan, semua tergantung bagaimana kita menyikapinya secara baik dan politik baginya menarik.

Menurut Maria Rosalinda, awal dirinya memutuskan menjadi Caleg DPRD Kota Kupang dari Dapil Oebobo karena adanya dukungan dari suami dan keluarganya yang terus memberikan motivasi dan dorongan sehingga dengan semua dukungan tersebut Ia berjuang dan kemudian terpilih sebagai anggota DPRD Kota Kupang pada perhelatan pileg pada Februari 2024.

Lulusan Magister Manajemen Universitas Widya Mandira Kupang ini juga menuturkan bahwa Ketika Ia memutuskan untuk maju berkompetisi di pileg 2024, Maria sudah berkomitmen apabila di perkenankan Tuhan dan di percayakan masyarakat Kota Kupang Dapil Oebobo sebagai wakil nya di Legislatif maka Ia akan melakukan tugas dan membawa aspirasi masyarakat yang di emban di pundaknya dengan kemampuan yang dimiliki tanpa harus menjanjikan hal yang muluk-muluk karena Ia tidak mau membohongiku masyarakat dengan janji tanpa karya nyata.

” Saya ketika bertemu masyarakat, tidak mau berjanji hal yang muluk-muluk untuk masyarakat karena saya tidak mau membohongi masyarakat. Saya katakan apa yang menjadi aspirasi masyarakat akan saya upayakan sesuai kemampuan yang saya miliki,” Ujar Maria Rosalinda Uta Teku.

Perempuan yang pernah bekerja di surat kabar harian Pos Kupang ini juga mengatakan kini Dirinya bukan saja milik keluarga namun juga milik masyarakat Kota Kupang sehingga dalam kesibukan nya nanti di legislatif DPRD kota Kupang akan di atur dengan baik sehingga balance dengan waktu untuk keluarga dan aktivitas lainnya.

Selain itu Maria Rosalinda ketika berada di tengah-tengah lingkup masyarakat, Ia melihat berbagai permasalahan-permasalahan seperti sosial kemasyarakatan, ekonomi masyarakat yang kian terpuruk di Kota Kupang sehingga Sebagai anggota DPRD Kota Kupang terpilih, Maria Rosalinda Uta Teku merasa perlu adanya perubahan dan langkah yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan lakukan perubahan mendasar yang dimulai dari kesadaran diri masyarakat.

Linda Uta Teku menekankan bahwa untuk mengatasi berbagai permasalahan-permasalahan yang saat ini terjadi di masyarakat Kota Kupang perlu ada kesadaran dari masyarakat itu sendiri untuk bangkit merubah pola pikir dan harus ada keinginan dari diri sendiri untuk berubah agar bisa maju dan memajukan ekonomi keluarga.

Maria sadari sebagai anggota DPRD Kota Kupang yang dipercayakan oleh masyarakat akan berkomitmen dan siap totalitas melayani, menyuarakan apa yang menjadi persoalan masyarakat di kota Kupang.

“ Melihat banyak persoalan secara detail saya belum bisa berbuat apa-apa karena di dewan saya masih awam, nanti diatur seperti apa saya belum tahu. Kita harus terjun langsung. Di kota Kupang banyak persoalan, tentu pikiran saya seorang dewan juga bukan dewa yang akan menyelesaikan semua tugas disana, tetapi saya ini dipilih oleh orang apa yang bisa saya buat saya akan lakukan. Saya tidak pernah janji tetapi dengan menjadi anggota dewan kota Kupang apa yang menjadi keluhan dan aspirasi masyarakat tentunya akan saya perjuangkan semampu saya” kata Linda.

Ditambahkan Linda, persoalan ekonomi yang menjadi hal utama di masyarakat menengah ke bawah. Kita harus pergunakan sumber daya manusia ( SDM) dengan kelompok UMKM tetapi itu kembali kepada kesadaran dan tanggung jawab.

“ Persoalan ekonomi yang menjadi terpenting dan akar dari permasalahan di masyarakat. Kita bisa melihat karena persoalan ekonomi keluarga, anak- anak harus putus sekolah dan lain sebagainya. Untuk itu menjadi tekad saya sebagai Anggota DPRD Kota Kupang dengan ruang gerak yang luas, saya akan prioritaskan kehidupan orang menengah ke bawah,” ujar Lina Uta Teku

Sebagai wakil rakyat, Maria Rosalinda, sadar bahwa kini harapan masyarakat ada di pundaknya. untuk itu tentunya Ia akan memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat dengan kemampuan nya karena disadari juga tanpa dukungan dan doa dari masyarakat yang telah memilihnya, tak akan mungkin dirinya bisa menduduki kursi sebagai anggota DPRD Kota Kupang.

Pantauan media ini, Rosalinda Uta Teku merupakan sosok yang sangat bersahaja, ramah, pantang menyerah, dan memiliki jiwa sosial yang tinggi.
Sosok wakil rakyat seperti inilah yang dirindukan oleh rakyat. Wakil Rakyat yang peduli serta memiliki kepekaan sosial yang sangat tinggi, dan dengan moto hidupnya berpikir positif serta biarkan hidup ini berjalan seperti air yang mengalir dengan tidak merugikan diri dalam situasi apapun.

Oleh sebab itu di Momentum hari kebangkitan Nasional ini, Anggota DPRD Kota Kupang terpilih, Maria Rosalinda Uta Teku berpesan kepada masyarakat Kota Kupang agar bangkit dan berubah karena orang yang maju pasti berubah, perubahan itu harus dimulai dari diri sendiri. ( CP).

Komentar