Perdana Gelar Halal Bihalal, SLB Asuhan Kasih Kupang Perkuat Tali Silahturahmi Antar Guru, Murid dan Orang tua

Kupang, media Indonesia menyapa.com – Perdana, Sekolah Luar Biasa (SLB) Asuhan Kasih Kupang menggelar Halal Bihalal bersama seluruh murid, guru, orang tua murid, komite sekolah dan tokoh masyarakat pada Sabtu(27/04/2024).

Halal Bihalal yang di gelar bertujuan memperkuat tali silaturahmi dan saling memaafkan di Idul Fitri 1445 H, sesuai tema yang di usung “Satukan Tangan, Satukan Hati saling memaafkan dihari yang Fitri”.

Kepala SLB Asuhan Kasih Kupang, Amini,S.Pd., M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa halal Bihalal yang digelar oleh SLB Asuhan Kasih Kupang merupakan halal Bihalal yang istimewa karena merupakan acara perdana di laksanakan dan merupakan inisiatif dari para guru yang Muslim.

Diungkapkan Amini bahwa selama 30 tahun dirinya berada di SLB Asuhan Kasih Kupang dan juga sebagai seorang pendidik di SLB Asuhan Kasih Kupang, baru pertama kali nya, di tahun 2024 pada Momentum hari Raya Idul Fitri 1445 H ini, SLB Asuhan Kasih Kupang menggelar Halal Bihalal.

“Halal Bihalal yang di gelar merupakan acara halal bihalal pertama kali di laksanakan di SLB Asuhan Kasih Kupang, dan sekaligus menghadirkan semua pihak baik itu para guru, murid, orangtua murid dan kegiatan yang berlangsung diinisiasi oleh orangtua murid dan para guru yang Muslim,” Kata Amini.

Amini mengapresiasi inisiatif para guru dan orang tua murid yang juga menjadi panitia penyelenggara untuk menggelar acara halal bihalal dan semua berjalan dengan lancar dan sukses.

” Saya sebagai kepala Sekolah bangga kepada para guru dan orang tua murid yang memiliki ide – ide brilian, itikad baik dan bahkan suport dari seluruh orang tua murid terhadap pelaksanaan program di SLB Asuhan Kasih Kupang,” ujar Amini.

Amini, Kepala sekolah yang sudah banyak menorehkan prestasi bagi dunia pendidikan khususnya di SLB Asuhan Kasih Kupang ini juga mengungkapkan bahwa selama ini para siswa dan siswi SLB Asuhan Kasih Kupang sudah banyak memberikan kontribusi positif bagi sekolah, bagi NTT, dan masyarakat, dimana dengan segala keterbatasannya mereka telah berjuang dan mengharumkan nama sekolah dan nama daerah NTT, bahkan nama Indonesia di manca negara melalui karya dan berbagai prestasi mereka.

” Di acara halal bihalal ini saya ingin sampaikan bahwa anak – anak didik kami yang luar biasa ini sudah banyak memberikan kontribusi positif baik di tingkat nasional bahkan internasional dari bidang olahraga yakni futsal dan sebagai pendidik kami sangat bangga, ingin saya tekankan disini bahwa anak – anak berkebutuhan khusus ini apabila kita didik, rawat , bimbing dengan baik maka akan menghasilkan anak-anak yang bertalenta,” Jelas Kepala SLB Asuhan Kasih Kupang.

Menurut Amini Jumlah guru di SLB Asuhan Kasih Kupang sejumlah 50 orang dan jumlah murid 169. Dan perlu diketahui berbagai kolaborasi yang sangat baik antara guru dan murid dalam menjalankan program belajar dan mengajar menghasilkan pencapaian yang luar biasa, dan ini semua tidak terlepas dari berbagai dukungan semua pihak.

Ketua panitia penyelenggara halal bihalal SLB Asuhan Kasih Kupang, Siti Nurhaliza,S.Pd. dalam laporannya mengatakan bahwa acara halal bihalal yang di gelar atas inisiasi dari para guru khususnya guru yang beragama Muslim dan halal bihalal yang di gelar untuk saling memaafkan di antara semua nya dan semoga melalui kegiatan halal bihalal yang di gelar dapat menjadi suatu bentuk semangat dan refleksi bagi para guru, anak-anak didik dan para orang tua murid untuk saling memaafkan dan membina hubungan lebih baik lagi kedepannya.

” Atas nama panitia, saya ucapkan terimakasih kepada seluruh yang telah terlibat dalam panitia penyelenggara halal bihalal yang telah berjalan dengan lancar dan baik dan biarlah silahturahmi tetap terjaga dan terjalin,” Pungkas Ketua panitia.

Sementara itu, Anwar Puageno dalam pesan dan kesan nya selaku tokoh masyarakat mengatakan bahwa semua bisa hadir mengikuti halal bihalal karena anak-anak berkebutuhan khusus ini. Anwar juga mengatakan bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang telah memberikan andil besar terhadap anak-anak didik apalagi di SLB Asuhan Kasih Kupang dimana mendidik anak – anak berkebutuhan khusus dan telah menghasilkan berbagai prestasi yang luar biasa dari anak-anak yang luarbiasa.

“Kita bersyukur kepada Allah SWT karena baru pertama kalinya dalam sejarah di SLB Asuhan Kasih Kupang menggelar Halal Bihalal dan semua atas inisiatif dari para guru, orang tua murid dan di dukung oleh kepala sekolah dan pada kesempatan ini biarlah silahturahmi antar guru, murid, orang tua murid senantiasa berjalan dengan baik , walaupun terkadang ada pandangan orang memandang anak – anak berkebutuhan khusus ini minus tapi bagi kita, anak-anak berkebutuhan khusus ini luar biasa sehingga kita sebagai orang tua harus bangga terhadap anak-anak ini,” kata Puageno memotivasi.

Sementara itu, Ustad Reiner Ishak Lerik M.sC,P.hD, Dalam tausiyahnya mengajak seluruh yang hadir baik itu, para guru, orang tua murid, anak – anak didik maupun hadirin yang hadir pada acara halal bihalal di SLB Asuhan Kasih Kupang agar silahturahmi senantiasa di jalin bukan saja pada acara-acara tertentu semisal IdulFitri, acara halal bihalal namun terus di perkuat di keseharian nya.

ustadz Reiner Ishak Lerik mengatakan tujuan di gelar halal bihalal agar membangun tali silaturahmi seperti tema yang diangkat pada kesempatan tersebut yakni satukan tangan, satukan kita untuk saling memaafkan agar kelak menjadi orang – orang yang diridhoi Allah.

Lebih lanjut Ustadz menyampaikan bahwa seringkali dalam menjalankan agama dan keyakinan nya, orang hanya sampai pada tahap percaya saja belum beriman. Oleh sebab itu apabila umat mau menjadi orang – orang yang diridhoi oleh Allah maka jadilah orang yang bukan saja percaya, beriman namun harus taat kepada Allah dengan menjalankan agamanya.

” Orang yang ridho dengan ketetapan Allah maka ini adalah orang yang dicintai oleh Allah. saya ceramah di SLB Asuhan Kasih ini, saya sangat bersyukur karena disini ada anak – anak yang luar biasa karena mereka disiapkan Allah untuk memuliakan Tuhan lewat talenta yang luarbiasa.dan kepada para guru dan orang tua agar mendidik dan membesarkan anak – anak ini dengan penuh semangat sehingga kelak menjadi orang yang diridhoi oleh Allah SWT,” Jelas Ustadz Reiner Ishak Lerik

Menurut Ustadz, SLB merupakan sekolah luarbiasa yang mengajar anak-anak berkebutuhan khusus yang luar biasa sehingga perlu diberikan perhatian ekstra. Dan di acara halal bihalal yang digelar oleh SLB Asuhan Kasih Kupang ini menjadi ajang saling memaafkan saling silahturahmi agar terjalin hubungan yang baik diantara para guru, siswa, orang tua siswa demi kemajuan pendidikan lebih berkualitas kedepannya. ( CP).

Komentar