Kini Miliki Fasilitas Penunjang Belajar Simulator Motion Canggih dengan Harga Fantastis, SMKN 8 Kupang Siap Cerdaskan Anak Bangsa di Jurusan Penerbangan

Ket Foto: Kepsek SMKN 8 Kupang, Drs. Yehezkiel Ledoh, saat menunjukkan Fasilitas Penunjang Belajar Simulator Motion Canggih dengan Harga Fantastis 

Kupang, media Indonesia menyapa.com
SMKN 8 Kupang Kini miliki Fasilitas penunjang belajar mengajar untuk jurusan penerbangan berupa Simulator Motion yang selama ini di idam – idamkan dari kementerian Pendidikan Republik Indonesia dengan harga yang fantastis.

Simulator Motion merupakan Simulator Pengendalian Pesawat dengan sensor gerak yang di gunakan sebagai fasilitas dalam praktek pembelajaran di SMKN 8 Kupang dan satu – satunya yang di miliki oleh SMKN di Kupang khususnya jurusan penerbangan.

Ketika di temui di ruang kerjanya kepala SMKN 8 Kupang, Drs.Yehezkiel Ledoh mengungkapkan bahwa harapan dan cita-cita nya untuk mendapatkan dan memiliki simulator Motion sendiri di SMKN 8 Kupang Kini terwujud dan ini suatu capaian yang sangat membanggakan dirinya dan sekolah.

Menurut Yehezkiel Ledoh, pengadaan Simulator Motion sebagai fasilitas penunjang dalam praktek pembelajaran ini merupakan perintah dari Dinas Pendidikan Provinsi NTT sejak tahun 2021 agar SMKN 8 Kupang dapat memiliki nya karena selain sebagai sekolah penerbangan juga dekat dengan TNI AU dan Angkasa pura.

“Jujur sebagai Kepala Sekolah, suka tidak suka saya harus laksanakan perintah pemerintah walaupun dalam kondisi ruangan sekolah belum ada, belum ada SDM yang memiliki kemampuan untuk melakukan program pembelajaran tersebut dan masih banyak lagi namun berangkat dari tekad yang kuat dan dorongan untuk mencerdaskan anak bangsa maka perintah dari dinas pendidikan tersebut saya upayakan dan kini hasil nya telah didapatkan,”Ungkap Yehezkiel Ledoh.

Yehezkiel Ledoh menuturkan kalau sebelumnya anak-anak didik jurusan penerbangan ini hanya belajar secara teori saja namun pihaknya kolaborasi bekerjasama dengan dua pengajar atau teknisi dari salah satu perusahaan penerbangan di Kota Kupang yang memiliki ilmu pengetahuan tentang metode penerbangan dan teknisi sehingga dapat memberikan ilmu pengetahuan tentang tehnik penerbangan dan mesin dengan baik. sedangkan untuk praktek nya belum bisa karena fasilitas penunjang belum ada. namun penantian panjang akhirnya berbuah manis pada akhir tahun 2024 SMKN 8 Kupang sudah memiliki Simulator Motion sebagai alat penunjang praktek pembelajaran untuk jurusan penerbangan dan kini siap di gunakan.

Ditambahkan Kepala SMKN 8 Kupang bahwa Simulator Motion merupakan perangkat dalam praktek jurusan penerbangan memiliki harga yang sangat fantastis yakni 1,5 Miliar dari Dana alokasi khusus ( DAK) 2023 dan realisasinya di tahun 2024, selain itu untuk fisik ruangan sekolah yang di gunakan untuk tempat praktik belajar mengajar jurusan penerbangan tersebut juga di bangun menggunakan Dana alokasi Khusus dengan jangka waktu 6-8 bulan dan pada 15 Desember 2023 sesuai MoU dengan Dinas Pendidikan Provinsi NTT ruangan sekolah rampung dikerjakan.

“Rincian Total anggaran untuk lima item pengerjaan fisik gedung adalah 3,5 Miliar untuk Rps jurusan penerbangan 1,2 M, APS 1,5 M,” Ungkap Yehezkiel Ledoh.

Diungkapkan Yehezkiel, Alat praktek Simulator Motion yang di miliki SMKN 8 Kupang ini merupakan yang pertama di Indonesia dan di rancang oleh ahli serta hanya ada di SMKN 8 Kupang, ini yang menjadi kebanggaan dari SMKN 8 Kupang dan fasilitas penunjang yang didapatkan ini akan di manfaatkan dengan baik oleh SMKN 8 Kupang dalam praktek anak – anak didik jurusan penerbangan.

“Jumlah siswa dan siswi untuk jurusan penerbangan di SMKN 8 Kupang berjumlah 16 orang terdiri dari 5 perempuan dan 11 laki – laki,” jelas Yehezkiel.

Oleh sebab itu dengan adanya sarana pendukung dalam pembelajaran jurusan penerbangan ini maka SMKN 8 Kupang Kini membuka penerimaan siswa dan siswi yang ingin menjadi seorang penerbang dan tenaga kerja di bidang penerbangan untuk tidak ragu lagi dan dapat menimba ilmu di SMKN 8 Kupang karena sudah ada sarana pendukung yang bagus dengan tenaga pengajar yang kompeten.

Harapan dari Kepala SMKN 8 Kupang kepada masyarakat umum dan para generasi muda untuk tidak ragu lagi untuk bersekolah dan belajar di SMK Negeri 8 Kupang dan jadilah generasi penerus bangsa yang cerdas dan kreatif.( CP).

Komentar