Esy Meliana Bire, Anggota DPRD Kota Kupang, Soroti Kerja Pers Sebagai Corong Masyarakat Namun Harus Berimbang dan Akurat

Ket Foto: Esy Meliana Bire, Anggota DPRD Kota Kupang, Fraksi Partai Nasdem 

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2024, Anggota Komisi DPRD Kota Kupang dari fraksi Nasdem Esy Meliana Bire mengungkapkan peran pers saat ini menjadi sangat penting, terlebih sebagai penyambung lidah rakyat. Artinya, Pers harus berdiri tegak di tengah-tengah perubahan jaman dengan tetap menyajikan arus informasi yang bisa membangun dan tentunya tidak terlepas dari kode etik jurnalistik yakni Faktual dan akurat.

Esy Meliana Bire kepada media ini di gedung DPRD kota Kupang, Jumat(02/02/2024) mengapresiasi kerja – kerja Pers yang telah menggencarkan berita-berita ke publik dari berbagai aspek, namun Anggota DPRD dari fraksi Nasdem tersebut menyoroti tentang beberapa kerja Pers yang terkadang masih ada yang belum secara keseluruhan menyajikan berita yang berimbang dan akurat. Oleh sebab itu Dirinya berharap kedepannya Pers yang sebagai corong bagi masyarakat dapat memberikan informasi yang faktual dan tentunya dengan data yang akurat. Selain itu Pers harus mampu menjadi akselerator perubahan dalam segala bidang pemerintahan dan pembangunan.

“Kita butuh pers yang tetap kritis, objektif dan profesional serta dalam pemberitaan harus proporsional karena Pers sebagai pendorong energi positif bagi masyarakat yang sangat melek terhadap informasi. Apalagi sekarang jamannya kekebasan berpendapat. Tanpa Pers, maka kita akan ‘buta’ dan ‘tuli’ terhadap perubahan jaman,”terang Esy Bire.

Menurut politisi dari Fraksi Partai Nasdem ini, kehadiran pers sangat dibutuhkan sebagai lembaga informasi yang dalam penulisan dan pemberitaan nya seyogyanya dengan perspektif yang jernih dan akurat.namun diharapkan dalam penulisan sebuah berita harus sesuai fakta dan data , tentunya juga berimbang agar tidak timbul persepsi yang berbeda di publik atau pembaca,” ujar Esy.

Anggota DPRD Kota Kupang Komisi 4 ini juga juga berharap dalam penulisan dalam bidang apapun bisa menampilkan data yang benar maka tulis sesuai data tersebut, data yang salah tulis lah sesuai fakta.

Esy Meliana mengakui para jurnalis memang punya talenta yang luarbiasa dan dirinya berharap Pers kedepannya dapat mengatasi masalah dengan baik melalui penyajian berita – berita yang aktual dan akurat. .( CP).

Komentar