Resmi Lantik Dua Pj.Bupati, Pj.Gubernur Ayodhya Kalake Titip Lima Program Pemerintah Pusat

Ket Foto: PJ.Gubernur NTT Lantik dua Bupati di Aula Eltari 

Kupang – media Indonesia menyapa.com – 
Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake resmi melantik dua Penjabat Bupati di Provinsi NTT, Senin (13/11/2023) di aula El Tari Kupang.

Dua Penjabat Bupati yang dilantik adalah Kepala Biro Ekonomi dan Administrasi Pembangunan Setda NTT, Dr Lery Rupidara dan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Dr Zeth Sony Libing.

Dr Lery Rupidara dilantik menjadi Penjabat Bupati Sumba Tengah menggantikan Bupati Paulus S. K Limu yang telah mengakhiri masa jabatannya pada 12 November kemarin.
dan Dr Zeth Sony Libing dilantik menggantikan Bupati Amon Djobo sebagai Penjabat Bupati Alor.

Pelantikan diawali dengan pembacaan surat Keputusan Mendagri, Pengambilan Sumpah dan Janji Jabatan yang dipandu PJ Gubernur NTT, dan disusul pengukuhan oleh rohaniwan.

Pelantikan dua Penjabat Bupati di NTT ini dihadiri Ketua DPRD NTT, Emelia Julia Nomleni, Sekda NTT, Kosmas Damianus Lana, dan pimpinan Forkopimda Provinsi NTT, Pimpinan Forkopimda Kabupaten Sumba Tengah, dan Alor

Dalam sambutannya, Penjabat Gubernur NTT, Ayodhya Kalake mengatakan agar kedua Penjabat Bupati dalam memimpin daerahnya harus memperhatikan dan fokus prioritas penanganan kemiskinan ekstrem, penanganan stunting yang masih tinggi di NTT.

PJ. Gubernur mengatakan, kepada kedua Penjabat Bupati agar dapat melihat ruang dan tantangan, dapat memberikan solusi dalam menghadapi berbagai persoalan di kabupaten Alor dan kabupaten Sumba Tengah.

” Saya berharap kedua Penjabat Bupati selalu membangun kualitas dan komunikasi yang harmonis antara DPRD kabupaten baik kabupaten Alor dan Kabupaten Sumba Tengah, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh pemangku kepentingan , berikan lah pelayanan dan pengabdian yang tulus kepada masyarakat di daerah masing-masing,” Jelas Ayodhya Kalake.

Ayodhia juga menitipkan lima program strategis pemerintah pusat untuk ditindaklanjuti di kabupaten masing-masing. Pertama, Ayodhia meminta agar dapat menjaga situasi kondusif di masing-masing kabupaten menjelang Pemilu 2024. Ia meminta para pejabat bersikap netral menjelang helatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Selain itu, kedua Pj Bupati juga diminta untuk mengambil langkah strategis dalam menjaga inflasi. “Kunjungi pasar tradisional untuk mengawasi harga bahan pokok,” kata Ayodhia.

Sementara itu, Usai di Lantik Pj Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake,
Penjabat (Pj) Bupati Alor Zeth Sony Libing kepada awak media mengatakan akan fokus menangani persoalan kemiskinan ekstrem dan stunting di Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).
“Kemiskinan ekstrem serta stunting, tentunya akan menjadi perhatian saya,” ujar Pj. Bupati Alor, Sony Libing.

Sony Libing juga mengatakan akan prioritaskan pada beberapa sektor yang akan antara lain perikanan dan kelautan, pariwisata, hingga perkebunan. Ia juga akan melanjutkan program-program dari bupati sebelumnya agar lebih optimal. ( CP).

Komentar