Kepala BPMP NTT, Herdiana : “Tingkatkan Mutu Pendidikan Yang Berkualitas Dengan Pola Belajar Yang Humanis

Ket Foto: Kepala BPMP NTT, Herdiana, S.T., MBA

Kupang – media Indonesia menyapa.com
Pemerintah Pusat berupaya tingkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh dengan tujuan pendidikan di tanah air terus ditingkatkan dan anak bangsa dapat belajar dengan baik dan cara yang menyenangkan. Melalui program merdeka belajar, pemerintah baik tingkat pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota gencar melakukan upaya dalam program belajar dan mengajar yang lebih humanis sehingga para siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan nyaman.

Hal ini di sampaikan oleh kepala Balai Penjaminan Mutu pendidikan Provinsi NTT , Herdiana saat ditemui media Indonesia menyapa di ruang kerjanya di kantor BPMP NTT, Rabu(18)08/2023). Menurut Kepala BPMP NTT, sistim pembelajaran yang di berikan kepada para siswa harus mengunakan pola yang menyenangkan, sehingga para siswa juga merasa nyaman dalam melakukan proses belajar dengan baik dan pada akhirnya rajin kesekolah .

Herdiana menegaskan bahwa sistem pembelajaran yang efektif di lakukan di sekolah seharusnya lebih mengedepankan kenyamanan belajar, dengan artian siswa di beri ruang untuk dapat mengekspresikan dan mengeksplor kemampuan yang dimiliki sehingga dengan senang hati siswa mengikuti pembelajaran tersebut.

“Sstim pembelajaran yang di berikan oleh guru kepada para siswa harus lebih mengedepankan kenyaman siswa dan lebih membuka ruang bagi siswa untuk bisa mengekspresikan dan mengeksplor kemampuan dirinya sendiri dengan baik, dan guru juga di harapkan bisa lebih inovatif dan kreatif dalam memberi pelajaran,” Tegas Herdiana.

Kepala BPMP NTT, Herdiana juga mengatakan bahwa program merdeka belajar merupakan cara atau proses belajar yang lebih fleksibel , bagaimana siswa merasa senang dan nyaman di sekolah.

“Jangan membuat Evaluasi yang membuat takut para siswa, takut untuk ke sekolah. Guru di harapkan harus lebih fleksibel dan lebih memahami kemampuan siswa dan guru harus bisa mengatur dan mengelompokkan siswa sehingga guru juga bisa terbantu dalam proses belajar dan mengajar,” jelas Herdiana .

Herdiana berharap di usia kemerdekaan RI ke -78 ini dan melalui program merdeka belajar dan penerapan pendidikan yang berkualitas di Indonesia dan terkhusus di NTT maka dipastikan mutu pendidikan juga akan lebih berkualitas maka akan dengan mudah menggengam dunia. ( CP).

Komentar