Yernika Henuk Lay, S.Pd, : “Dengan Menenun dan Doa Ibu Besarkan Saya Hingga Sukses”

Ket Foto: Yernika Henuk Lay, S.Pd, Pengawas sekolah Dasar di Kota Kupang

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Menceritakan tentang peran seorang ibu bagi anak – anak memang tak pernah ada habisnya. Begitu banyak kisah yang seakan satu buku penuh pun, masih kurang untuk dituliskan menjadi serangkaian aksara indah, tanda cinta untuk perempuan yang melahirkan, dan membesarkan kita dengan penuh kasih.

Seorang ibu seakan mempunyai kelebihan dan kekuatan ekstra yang telah Tuhan berikan bagi nya. dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari peran seorang ibu bisa menjadi menteri pendidikan, bisa menjadi menteri keuangan dan Menteri sosial. Hal itu dikarenakan seorang ibu dapat memanaget semua kebutuhan anak dan keluarga dengan baik.

Seperti halnya Sosok dari Yernika Henuk Lay, S.Pd, seorang ibu yang semasa kecilnya sudah di tinggalkan oleh bapak dan saudara laki – lakinya dalam sebuah kecelakaan kerja di suatu pelayaran. Dan tinggallah Dirinya seorang diri bersama ibunya.

Dengan sekuat tenaga, dan penuh kasih sayang ibu nya membesarkan Yerni tanpa suatu pengeluhan hingga tumbuh dewasa dan mandiri, bekerja sebagai seorang guru.bahkan kemudian berumah tangga. Dari sederet pengalaman hidupnya kemudian menjadikan Yerni menjadi seorang perempuan dan ibu yang kuat serta tangguh dalam menjalani kehidupan sehari – hari sebagai seorang ibu.

Ibu dari enam anak ini ketika ditemui media Indonesia menyapa di ruang kerjanya pada Jumat (9/12/2022) menuturkan bahwa dalam kehidupan sehari-hari tanpa rasa lelah, Ia selalu menerapkan pola hidup yang mandiri kepada anak-anak nya, mulai dari soal pendidikan, kerohanian dan sosialisasi di masyarakat. Yerni selalu menanamkan Budi pekerti yang baik kepada anak-anaknya agar kelak anak-anak nya dapat tumbuh menjadi anak yang memiliki kepribadian dan berkarakter yang baik, kuat dan tangguh, serta kelak dapat menghargai orang tua dan orang lain.

Istri dari Erwin henukh ini dengan semangat menceritakan perjalanan hidupnya yang penuh liku sewaktu bersama ibunya semasa kecil yang pada akhirnya mengantarkan nya menjadi seorang ibu yang mandiri.

Sebagai seorang ibu , Yerni tidak hentinya mengajarkan kepada anak-anak agar meraih pendidikan baik pendidikan formal maupun informal seperti hidup didalam beribadah agar kelak dalam menjalankan kehidupan sehari-hari mereka sudah memiliki kepribadian yang baik.

Alhasil dari setiap didikannya, Yerni Lay kini melihat anak-anak nya sudah berhasil dan mandiri.
” Saya dalam keluarga, selalu mengajarkan kepada anak-anak saya agar utamakan pendidikan dan agama, karena pola hidup ini yang sudah saya lakukan ketika semasa bersama ibu saya,” ucap Yerni Lay.

Di kisahkan, jasa ibunya sangat tak tergantikan dan terbalaskan oleh apapun juga, teringat akan nasehat dan motivasi dari ibu nya agar jadilah anak yang mandiri, tekun dalam mengikuti pendidikan dan jangan lupa untuk selalu beribadah.

Diakui Yerni yang kini merupakan pengawas sekolah tingkat Sekolah Dasar di Kota Kupang, Bahwa Memang doa seorang ibu sangatlah besar khasiatnya bagi dirinya hingga kini Dia menjadi sukses bukan saja di pekerjaan nya namun di keluarga nya dengan mengantarkan anak – anaknya menjadi anak yang sukses.

Diceritakan Yerni semasa kecilnya, ibunya berjuang dengan sekuat tenaga untuk menghidupi keluarga, membesarkan Yerni tanpa lelah, setiap hari membuat tenun ikat, dengan peluh yang membasahi dahinya, terus menerus menenun demi mendapatkan uang dan memenuhi kebutuhan Yerni sebagai anak satu-satunya yang masih ada,

“ibu punya keinginan yang besar untuk sekolahkan saya agar bisa sukses.
itu yang membuat saya sangat mengasihi ibu. namun belum sempat membahagiakan ibu, Tuhan telah memanggil pulang ibu ke haribaannya,” ungkap Yerni dengan mata berkaca-kaca.

“Mama saya adalah Sosok perempuan penuh dedikasi yang telah mengorbankan separuh hidup untuk membesarkan anaknya. Saya satu – satunya anak perempuan dari enam bersaudara, menjadi saksi sejarah perjuangan Mama yang penuh liku dan luka, tanpa sosok seorang ayah yang telah lama meninggal dunia. Mama adalah single parent yang mengantarkan saya menuju gerbang kesuksesan,” Ucap Yerni Lay.

Oleh sebab itulah di peringatan hari ibu ke 94 tahun 2022 ini , Yerni Lay berpesan dan berharap kepada semua ibu di NTT agar jadilah ibu yang hebat bagi keluarga dan anak-anak, karena anak adalah amanah dan generasi penerus bangsa yang perlu diperhatikan dan selalu mendoakan anak – anak agar sukses, berikan kasih sayang dan jangan lupa terus memotivasi anak agar meraih apa yang menjadi cita-cita nya dan jadilah panutan bagi keluarga,” pungkas Yerni Henuk Lay. ( CP).

Komentar