Jaring Atlet Berprestasi Jelang PON 2028 , KONI NTT Akan Selenggarakan Porprov di Kupang

Ket Foto: Ketua KONI NTT, Josep Bae Soi, Ketua panitia Porprov NTT, Inche Satunya, dan panitia Porprov saat menggelar konferensi pers di depan kantor KONI NTT 

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Dalam rangka persiapan PON tahun 2028 mendatang, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), akan menyelenggarakan ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTT di Kota Kupang.

Porprov yang akan dilaksanakan, diagendakan akan berlangsung satu minggu, sejak tanggal 12 hingga 18 November 2022.

Untuk menjaring atlet berprestasi jelang PON 2028, KONI NTT perlu menyiapkan atlet – atlet yang bagus dan memiliki kemampuan. Oleh sebab itu maka perlu adanya semacam uji coba sehingga bisa mendapatkan atlet yang berprestasi seperti pada ajang Porprov NTT ini.

Hal ini disampaikan Ketua Umum KONI NTT, Josef Adrianus Nae Soi kepada awak media saat konferensi pers pada Jumat (11/11/2022) di kantor KONI NTT.

Menurutnya, Porprov NTT 2022 nanti akan menjadi ajang persiapan para atlet dan bagaimana persiapan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mengorganisir kemampuan dalam rangka menjelang PON 2028.

Ia mengakui, dalam ajang Porprov VIII Tahun 2022 ini, ada dua hal yang diperhatikan, baik persiapan atlet maupun koordinasi atlet.

“Porprov kali ini ada dua persiapan kita, yakni persiapan para atlet kita dan yang kedua, bagaimana persiapan mengkoordinisir atlet kita dalam rangka menjelang PON tahun 2028,” tandasnya.

Wagub NTT juga mengatakan bahwa Poprov ini semacam uji coba untuk mendapatkan atlet yang bagus, selama ini memang NTT sudah memiliki atlet yang bagus namun kita bisa tingkatkan lagi, dan yang masih kurang akan perbaiki. Lebih dari itu kita persiapkan atlet untuk berprestasi, serta sukes jadi tuan rumah PON.

Nae Soi menjelaskan, event Porprov NTT akan diselenggarakan yang mengusung tema ‘Merajut Persaudaraan, Mengukir Prestasi untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 di NTT” tersebut akan di ikuti oleh para atlet dari 22 Kabupaten / Kota di NTT dengan 19 cabang olahraga di luar cabang olahraga sepak bola.

Ketua Umum (Ketum) KONI NTT, Josef A. Nae Soi juga menyampaikan bahwa ajang Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov NTT sebagai ajang seleksi atlet untuk dipersiapkan pada PON XXII Tahun 2028 di NTT dan NTB.

Ditambahkan Ketua Umum KONI NTT, panitia pelaksana sudah menyiapkan sejumlah tempat atau venue sebagai lokasi berlangsungnya even Porprov dari belasan Cabor yang akan dilombakan.

“ lokasi nya kita sudah siapkan. Ada yang di Unwira, Undana, Pitoby Center, dan di beberapa tempat lagi. Sementara stadion utama Oepoi digunakan untuk pembukaan dan penutupan, serta atletiknya disitu,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia Porprov NTT, Ince Sayuna, menjelaskan, pembukaan kegiatan akan dilakukan Sabtu 12 November 2022, dan akan dihadiri langsung Ketua Umum KONI Pusat dan Kementrian Pemuda dan Olahraga.

“Kami Panitia Porprov berharap ajang ini akan berlangsung dengan meriah dan baik, karena ini merupakan suatu bentuk persiapan menyambut PON 2028, sehingga kita harus yakinkan mereka bahwa NTT sudah siap menjadi tuan rumah PON 2028,” tandasnya.
( CP ).

Komentar