Simak Kisah Sukses Ulfianty M.D. Toelle, Jalankan Peran Wanita Karir, Sekaligus Ibu Rumah Tangga

Ket Foto :  Ulfianty M.D. Toelle

you are what do you think”( kamu adalah apa yang kamu pikirkan)

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Perempuan berhak membuat pilihan dalam hidup. Termasuk pilihan untuk menjadi ibu rumah tangga dan Wanita karier. Oleh sebab dari pengalaman hidupnya, Ulfianty M.D. Toelle, perempuan inspiratif dan cantik ini dapat menjadi figur seorang ibu yang patut jadi inspirasi bagi kaum perempuan di NTT.

Sosok wanita kelahiran 10 Desember ini cukup menarik untuk disimak. Ketika ditemui media Indonesia menyapa Kamis (3/11/2022) di Dekranasda NTT, Ulfi, sapaan akrabnya, tampil sangat sederhana namun siapa sangka ternyata di balik penampilannya yang bersahaja memiliki pribadi yang hangat, menyenangkan dan menginspirasi.

Ulfianti mengisahkan pengalaman hidupnya dalam berkarier, dimana mengawali karirnya sebagai seorang pegawai honorer dengan gaji seadanya, kemudian tidak berhenti disitu saja, Ulfy juga mencoba mencari pengalaman di bidang asuransi. hal itu dilakukan bukan semata – mata karena kekurangan atau faktor ekonomi keluarga namun satu hal yang ingin di raih dan dapatkan yakni ingin mengaktualisasikan kemampuan yang dimiliki, menerapkan kemandirian dirinya sehingga bisa menjadi contoh dan motivasi bagi anak-anak nya dan Kaum nya.

Menurut Wanita yang suka membaca dan traveling ini, saat menekuni pekerjaan nya sebagai tenaga honorer di salah satu instansi pemerintah, Ia tekuni dengan penuh kesabaran karena diyakini nya bahwa sesuatu yang dilakukan dengan tekun dan sabar pasti akan berbuah manis. Oleh sebab itulah, sebelum menjadi seorang ASN, dirinya senang bekerja di berbagai bidang kerja, yang menurutnya sangat memberikan banyak pengalaman cukup menarik bagi nya.

Ulfianty mengatakan ketika berkecimpung di berbagai bidang kerja kurang lebih hampir lima tahun dijalani cukup mendewasakan nya dan banyak nilai – nilai kehidupan yang Ia dapatkan, baik suka maupun duka.

“Sebelum menjadi PNS, Saya bekerja serabutan, dari menjadi tenaga honorer, sempat juga menjadi agen asuransi, tujuan saya agar dapat belajar mandiri, dan bisa mengaktualisasikan kemampuan yang Tuhan berikan pada diri saya. Sesungguhnya pada saat itu, dari segi ekonomi keluarga, kami berkecukupan dengan berkat yang Tuhan berikan melalui karier suami saya namun prinsip saya bahwa seorang perempuan harus mandiri dan dengan kemandirian, saya bisa menjadi contoh dan berkat bagi orang lain, “Ungkapnya.

Bagi wanita lulusan Universitas Nusa Cendana Kupang ini, apapun yang dilakukan dan di alami dalam karier maupun perjalanan hidupnya selalu di syukuri karena disadari bahwa segala sesuatu sudah dalam rancangan Tuhan.

Dalam meniti karir, Ibu dari dua putri dan satu putra ini selalu didukung oleh keluarga nya, baik suami maupun anak-anak nya. Walau diakuinya bahwa Dalam hal ekonomi keluarga, dirinya merasa Tuhan sudah cukupkan dengan berkatnya, melalui karier suami. namun Ulfy berpikir bahwa sebagai seorang perempuan yang telah diberikan talenta dan kemampuan oleh Tuhan maka apa yang dimiliki seharusnya diaplikasikan dalam kehidupan yakni lewat berkarier.

“Sebenarnya melihat dari segi ekonomi keluarga, dari pendapatan dari pekerjaan suami sudah mencukupi kebutuhan keluarga, namun saya merasa alangkah baiknya sebagai seorang perempuan yang telah di beri kemampuan oleh Tuhan, sebaiknya bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi diri kita melalui potensi yang dimiliki. Bahkan melalui potensi yang saya miliki dapat membantu keluarga bahkan masyarakat. Oleh sebab itulah maka saya kemudian berkarier sesuai apa yang saya miliki. Disamping itu juga, suami saya mendukung untuk berkarier dan tentunya semua di bangun atas dasar kepercayaan bersama,” ungkap Ulfianty dengan senyum.

PERJALANAN KARIER

Istri dari  Yulius Apollo Laapen, SE mengisahkan bahwa dari perjalanan karier yang di bangun dari nol, kian hari terus berjalan hingga pada tahun pada 2002 Ia mengikuti tes CPNS dan dinyatakan lulus seleksi kemudian pada tahun 2003 Ia di angkat menjadi PNS yakni sebagai Guru pada salah satu sekolah di Kota Kupang. dan sejak tahun 2002 hingga 2015, Ulfianty Toelle mengabdikan diri sebagai seorang ASN di bidang pendidikan yakni menjadi seorang Guru atau pendidik. Kegigihan Ulfy yang dibangun selama 5 tahun dan pribadi yang tekun untuk terus mengembangkan diri dan kemampuan nya kemudian kini mengantarkan perempuan yang memiliki motto kerja
“Tidak ada sesuatu yang Sulit ketika ada Tekad dan disertai Ketulusan” i menjadi pengawas sekolah Dikmen Provinsi NTT dan juga menjadi Sekretaris di APSI NTT saat ini.

* Suatu keberhasilan harus di mulai dari diri kita sendiri. dan untuk meraih sebuah kesuksesan dibutuhkan Niat yang tulus, tekad diri, ketekunan dan tidak mudah putus asa dalam menjalankan setiap pekerjaan yang dilakukan,” ucap Ulfianty.

PENGATURAN WAKTU BAGI KARIER DAN KELUARGA

Perempuan hebat, yang merupakan anak Ke – 3 dari pasangan Yulius A. Toelle dan Mariana Toelle Sinlae ini, sembari tersenyum manis menyampaikan bahwa dalam hidupnya, Ia selalu punya tekad dan ketekunan dalam bekerja, selain itu walaupun sebagai wanita karir, Dirinya tidak melupakan kodratnya sebagai seorang ibu dan istri. Karena di akui bahwa keluarga adalah nomor satu dalam hidupnya.sesibuk apapun, Ia tetap mengutamakan keluarganya.

Dalam berkarier memang di butuhkan waktu yang cukup banyak, namun bagi Ulfianty, Ia tetap memprioritaskan keluarga karena menurutnya keluarga adalah yang terutama. Oleh sebab itu untuk mewujudkan keseimbangan waktu bagi karir dan keluarga dibutuhkan suatu komitmen diri.
” Untuk keseimbangan waktu untuk pekerjaan dan keluarga maka Saya termasuk orang yang patuh dan tepat waktu,selalu komitmen dengan waktu, saya akan berusaha mengatur waktu untuk keluarga, mengatur kebutuhan anak dan suami sebelum berangkat kerja dan saya lakukan dengan penuh semangat dan sukacita,” Kata Ulfianty.

HARAPAN KEPADA KAUM PEREMPUAN

Dari sederet pengalaman hidup Sederhana yang dilalui oleh Ulfianty Toelle, pengawas sekolah di Dikmen Provinsi NTT, berharap bisa menjadi inspirasi bagi kaum perempuan di NTT dan Dirinya berharap agar ketika punya potensi diri maka berdayakan lah dengan penuh semangat dan ketekunan karena sesuatu yang dilakukan dengan penuh kesabaran dan ketekunan akan berbuah manis dan bermanfaat bagi masyarakat, daerah dan keluarga .Selain itu juga dalam menjalani kehidupan ini jalani dengan penuh syukur.

you are what do you think”( kamu adalah apa yang kamu pikirkan) kalimat inilah juga menginspirasi Wanita yang memiliki nama lengkap Ulfianty M.D. Toelle, S.Sos.,M.Pd. sehingga dalam kehidupan nya, Ia selalu menerapkan pola hidup dan karakter yang baik bagi diri nya, keluarga dan anak-anaknya dan harus ada prinsip dasar yakni keyakinan diri agar di kehidupan sehari-hari apa yang dilakukan dan cita – citakan jadi kenyataan.

” Bagi saya , hidup adalah kesempatan. Kesempatan memilih dan melakukan hal yang baik bagi diri sendiri dan sesama, oleh sebab itu, kami sekeluarga akan mengunakan kesempatan dan waktu yang di berikan Tuhan untuk melayani dan menjadi berkat bagi sesama,” pungkas Ulfianty Toelle.
( CP).

Komentar