BPS NTT Kolaborasi Dengan Insan Media Sosialisasi, Sukseskan Regsosek 2022

NTT, media Indonesia menyapa.com –Sosialisasi pendataan awal Registrasi sosial ekonomi (REGSOSEK) tahun 2022 mulai di laksanakan pada 15 Oktober hingga 14 November 2022 oleh Badan Pusat Statistik di seluruh Indonesia. Regsosek nmerupakan program pemerintah Pusat yang diselenggarakan oleh badan pusat statistik di seluruh Indonesia dan di NTT juga sudah mulai di laksanakan, dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi terkait beberapa aspek sosial ekonomi di NTT dan dengan data yang akurat di lakukan bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.

Pendataan Registrasi sosial ekonomi dilakukan karena merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat untuk mendata kondisi sosial ekonomi demografis, kondisi perumahan dan sanitasi air bersih, mendata kepemilikan aset, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, informasi geospasial, tingkat kesejahteraan,dan informasi sosial lainnya.

Hal ini di jelaskan Jamason Sinaga, inspektur wilayah lll BPS pada Sabtu (15/10/3/2022) di aula kantor BPS NTT.
Dijelaskan Jamason, Data Regsosek dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan.

Di samping itu, informasi yang dikumpulkan saat Regsosek 2022, berupa kependudukan dan ketenagakerjaan, kondisi perumahan, kesehatan dan disabilitas, perlindungan sosial, pendidikan, dan pemberdayaan ekonomi.

Inspektur Wilayah III BPS, Jamason Sinaga juga menyampaikan bahwa urgensi pelaksanaan Regsosek yakni masih terbatasnya data sosial ekonomi yang mencakup semua penduduk, untuk penentuan target program pembangunan; belum terlaksananya kontrol standar kualitas dan ketepatan waktu pemutakhiran dan data target program masih sangat sektoral.

Sementara itu, Kepala BPS NTT, Matamira Kale dalam kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa jumlah Jiwa yang akan di sensus di NTT pada Regsosek 2022 ini sekitar 5, 4 juta jiwa dan BPS akan mengerahkan sekitar 9.772 PPL untuk mendata jumlah penduduk di NTT.

“Kami sudah merekrut, dan melatih seluruh petugas dan mereka sudah mulai bekerja selain itu juga kami sangat berharap kepada insan media untuk bisa berkolaborasi dengan BPS membantu sosialisasikan Regsosek 2022 kepada masyarakat dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui pemberitaan ,” Pungkas Matamira Kale. ( CP).

Komentar