Peringati Idul Adha 1443 H, Masjid KH Ahmad Dahlan Kupang Potong 20 Hewan Qurban

Ket foto: Panitia Qurban Masjid KH Ahmad Dahlan Kupang sedang memotong daging qurban 

Kupang, Media Indonesia Indonesia menyapa.com
Perayaan Hari Raya Idul Adha/Hari Raya Haji 1443 H senantiasa diperingati oleh umat muslim dengan berqurban di seluruh Indonesia.

Demikian halnya dilakukan oleh keluarga besar masjid KH Ahmad Dahlan Kupang dimana, Pada peringatan idul Adha 1443 H/2022, Sabtu (9/7/2022),Panitia qurban Masjid KH Ahmad Dahlan menyembelih sembilan ekor sapi dan Sebelas ekor kambing, dengan total 20 ekor hewan Qurban. Adapun 20 ekor hewan Qurban tersebut merupakan sumbangan dari berbagai Jamaah, pemkot dan lembaga swasta di Kota Kupang.

Ketua Panitia Qurban Masjid KH Ahmad Dahlan, Farhan menyampaikan adapun hewan Qurban yang di sembelih merupakan sumbangan dari para jamaah 3 ekor, universitas Muhammadiyah Kupang 2 ekor, Pemkot 1 ekor, Bank Indonesia perwakilan NTT 1 ekor, Bank NTT 1 ekor, dan Bank Syariah Indonesia 1 ekor.

Dikatakan Farhan, Pada idul Adha 1443 H/2022 ini, sumbangan hewan qurban ada peningkatan dan tahun lalu yakni meningkat 50 persen.
Farhan menjelaskan bahwa hewan qurban yang disembelih akan di bagikan kepada masyarakat dalam hal ini umat yang ada di sekitar masjid, mahasiswa UMK. dirinya juga mengatakan, daging sembelihan tidak hanya dibagikan kepada umat muslim namun kepada non muslim juga karena para mahasiswa UMK kebanyakan berasal dari non muslim.

Menurut Ketua Panitia Qurban, pembagian daging Kurban pada idul Adha ini merujuk pada tema yang diangkat yakni ” Berkurban tanda iman, Berkurban bukti cinta”

“Tema yang kami angkat ini merupakan bukti iman dan cinta kami bahwa dengan Berqurban menandakan suatu pesan keimanan, dimana sembelihan ini bukan saja darah dan daging nya di terima Allah SWT namun keikhlasan dan daging nya dibagikan sebagai bukti cinta kami kepada sesama baik kepada umat muslim maupun non muslim,” jelas Farhan.

Farhan juga mengatakan, dari 20 ekor hewan qurban yang disembelih diperkirakan dapat mencapai 350 kantong yang di persiapkan untuk dibagikan kepada umat.

Panduan media ini, sebelum daging dari hewan qurban di potong dan dibagikan, terlebih dahulu di periksa oleh Tim Dokter dari Fakultas kedokteran universitas Nusa Cendana Kupang agar dipastikan daging sembelihan tersebut di nyatakan sehat.
( CP ).

Komentar