Minat Siswa Masuk SMKN 4 Kupang Sangat Tinggi, Namun Ruang Kelas Terbatas

Ket Foto: Kepala Sekolah SMKN 4 Kupang, Semmy Ndolu 

Kupang, Media Indonesia menyapa.com
Minat siswa untuk belajar di SMKN 4 Kupang saat ini sangat tinggi, hal ini terbukti pada PPDB tahun 2022 terlihat cukup besar animo para siswa untuk mendaftar di SMKN 4 Kupang. Sedangkan sesuai Juknis, Setiap Sekolah sudah ditetapkan kuota dan Rombongan belajarnya.

Bergesernya minat siswa untuk belajar di SMKN 4 Kupang terlihat dari penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2022, Jumlah siswa yang berminat masuk SMK Negeri 4 Kupang sangatlah, tinggi namun ketersediaan ruang kelas di SMK negeri 4 Kupang yang minim dan hanya mampu menampung Sesuai rombel.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Kepala sekolah SMKN 4 Kupang, Semy Ndolu, saat di temui oleh media Indonesia menyapa di ruang kerjanya, Jumat(8/7/2022). Semy mengatakan, PPDB telah selesai dilaksanakan, dan saat ini sedang berlangsung
pendaftaran ulang siswa-siswi yang telah lolos verifikasi, dan dari jumlah atau kuota yang ditetapkan ternyata melebihi kuota. Ini merupakan suatu pembuktian bahwa banyak sekali minat anak atau siswa yang mendaftar di SMK Negeri dan salah satunya di SMkN 4 Kupang.

Menurut Kepsek SMKN 4 Kupang, Pendaftaran secara online telah selesai dan SMK Negeri 4 Kota Kupang, sesuai kuota menerima 288 peserta didik baru tahun ajaran 2022/2023 kemudian dari
288 peserta didik baru tersebut akan dibagi ke dalam 8 rombongan belajar (Rombel), namun masih saja ada siswa yang datang mendaftar secara offline.

Ia juga mengatakan, penerimaan 288 peserta didik baru tersebut dilaksanakan secara online mulai 28 Juni 2022.

“Pembukaan penerimaan pada Senin 28 Juni sampai 30 Juni 2022. Kami SMK Negeri 4 Kupang laksanakan secara online dan telah selesai, kini sedang dalam tahapan pendaftaran ulang,” ujar Semi Ndolu.

Pihak sekolah siap membantu pelaksanaan pendaftaran bagi siswa atau orang tua yang kesulitan dalam mengakses pendaftaran di SMKN 4 Kupang. dirinya juga menyampaikan bahwa apabila jumlah siswa yang mendaftar melebihi kuota maka dalam pendaftaran ulang tidak mendaftar kembali, maka dianggap mengundurkan diri dan dari pihak sekolah akan memberikan kebijakan dan ruang kepada siswa lain yang belum mendaftar untuk dapat mendaftarkan diri nya menganti siswa yang tidak mendaftar ulang.

” Kami akan membantu dan memberikan kebijakan kepada siswa yang belum mendaftar untuk mendaftar menggantikan posisi siswa yang telah lolos mendaftar secara online namun pad pendaftaran ulang tidak kembali mendaftar kan diri,” tambah Semi.

Ditambahkan Semy, minat siswa untuk belajar di Di SMK Negeri 4 Kupang dikarenakan SMKN 4 Kupang sendiri tersedia 5 jurusan, di antaranya Desain Komunikasi Visual, Teknik Komputer Jaringan, desain Interior dan Teknik Furnitur, Kriya Kreatif Kayu dan Rotan dan Kriya Kreatif Batik dan Tekstil.

” SMKN 4 Kupang mempunyai keunggulan kejuruan yakni desain interior dan tehnik Furniture, hal ini yang menarik minat siswa terhadap SMKN 4 Kupang, namun karena daya tampung ruangan yang belum memadai inilah maka kami mengharapkan kedepannya bisa menjadi pertimbangan dan perhatian pemerintah,” pungkas Semy Ndolu. (CP).

Komentar