Rangsang Para Pelajar Berkreasi Seni, UPTD Taman Budaya Gelar Lomba Lukis Nuansa Pandemi Covid – 19

Ket Foto : Drs.Sofyan, Kepala UPTD Taman Budaya NTT

Kupang,. media Indonesia menyapa.com –
UPTD Taman Budaya NTT menggelar lomba lukis tingkat pelajar se – kota Kupang dengan mengusung tema Berkreasi dan berekspresi seni bergerak maju membangun memori masa depan seni budaya Nusa Tenggara Timur

Tema yang diangkat pada kegiatan lomba lukis tingkat pelajar tahun 2021 dari jenjang pendidikan Paud, SD, SMP, SMA/SMK se – Kota Kupang yang di selenggarakan oleh UPTD Taman Budaya Nusa Tenggara Timur pada Kamis(30/09/2021) Di Aula UPTD TB tersebut bertujuan untuk memberikan ruang bagi pelajar Untuk berkreasi dan juga meningkatkan kreatifitas anak di masa Pandemi covid-19.

Hal tersebut di sampaikan kepala UPTD Taman Budaya, Sofyan diruang kerjanya. Menurut Sofyan, kegiatan ini seharusnya di rancang sudah dari tahun lalu namun ada keterlambatan karena adanya Pandemi covid-19.
Oleh sebab itu ketika ada penetapan menurunnya PPKM maka UPTD Taman Budaya melihat ada ruang tersebut dan segera menyelenggarakan kegiatan lomba lukis ini.

“Kami berupaya melakukan berbagai kegiatan agar dapat kembali menyemangati para pelajar untuk fokus pada pendidikan mereka setelah sekian lama tidak berkreasi dan beraktivitas dengan normal di sekolah karena Pandemi covid-19 yang melanda tanah air,” jelas Sofyan.

Langkah dan upaya yang dilakukan oleh UPTD Taman Budaya dalam merangsang para pelajar untuk fokus pada pendidikan yakni melalui kreativitas di pendidikan seni.

kepala TB kembali menjelaskan bahwa, Lomba lukis tingkat pelajar se – Kupang yang mengusung sub tema mengubah situasi menjadi inspirasi tersebut diikuti oleh 202 pelajar dan hasil lukisan yang di tampilkan pada umumnya bernuansa situasi covid-19 sesuai dengan sub tema yang diangkat.

Sofyan juga menyampaikan bahwa tahun depan kegiatan lomba seni ini akan terus dilakukan oleh UPTD Taman Budaya, bahkan bulan Oktober akan di gelar pentas seni di Kabupaten Ende dan diharapkan dapat memotivasi dan memberi ruang bagi seluruh pelajar di NTT untuk mengikuti berbagai ajang kreativitas seni dan menjadi harapan dari kepala UPTD Taman Budaya kedepannya akan menuju ke tingkat Nasional.

Sofyan menambahkan bahwa, anggaran yang di gunakan pada lomba lukis tingkat pelajar se kota Kupang ini berasal dari Dana DAK.

Sementara itu, Stanislaus Tolan perwakilan tim juri pada lomba lukis tingkat pelajar se kota Kupang pada penutupan kegiatan lomba lukis mengatakan bahwa dalam penilaian terhadap kreasi lukisan para pelajar tidak mudah dikarenakan hasil karya para pelajar bagus semua sehingga butuh ketelitian dalam memberikan nilai.

” Dalam Kompetensi ini kami berharap para pelajar dapat berbesar hati dalam mengikuti nya dan kalau ada yang belum terpilih maka teruslah berkarya agar kedepannya dapat berkreasi lagi,” ucap Stanislaus.

Dijelaskan Stanislaus, penilaian yang dilakukan oleh Tim juri ada empat hal yaitu dari segi kesesuaian tema, kreativitas, finishing, originalitas. ( CP ).

Komentar