Dekranasda NTT Gelar Ajang Pemilihan Putri Cilik Remaja NTT

NTT, media Indonesia menyapa.com Dekranasda NTT gandeng Panitia Nasional Yayasan Puteri Remaja Cilik Indonesia gelar ajang pemilihan Puteri Cilik remaja NTT yang berlangsung dari 25-27 Agustus 2021 di Kupang.

Ajang Pemilihan Putri remaja cilik yang di ikuti oleh Putri – putri daerah yang berkarakter mendapat dukungan dari Pemprov NTT melalui Dinas Pariwisata NTT.

Ajang Pemilihan putri remaja cilik Juga menghadirkan para Juri yang kompeten yakni Bunda Julie Sutrisno Laiskodat ,Puteri remaja 2020, Alfonsa Maria Theola Feka (fasti) dan Dery Dahlan owner Yayasan Putera Puteri Cilik Indonesia.

Saat jumpa pers yang di gelar panitia ajang pemilihan Puteri remaja cilik Jumat(27/8/2021) di Ball Room Sasando Hotel, Julie Laiskodat selaku juri dan ketua Dekranasda NTT menyampaikan,
Puncak pemilihan Puteri remaja cilik yang di gelar ini menampilkan dan memilih dua kategori yakni memilih remaja putri dan remaja cilik.

“Pada ajang Pemilihan Putri remaja dan putri cilik ini, akan menampilkan
2 busana berbahan bebas dan bahan tenun ikat NTT, rancangan dari Desainer  Tamy Nugroho. Selain itu juga ajang ini disponsori oleh, Vivo Smart Phone, LT Pro, Dekranasda NTT dan instagram.

Dijelaskan ketua Dekranasda NTT, peserta mengikuti pemilihan dengan dua kategori dan diikuti oleh 11 peserta  puteri cilik berusia  9-14 tahun dan peserta remaja berusia 15-18 tahun sebanyak 10 orang dan juga dilakukan seleksi untuk kelas remaja.

Menurut Julie Laiskodat, Tahun lalu sudah ada perwakilan dari NTT namun kegiatan nya belum dilaksanakan, oleh sebab itu, tahun ini baru dapat dilaksanakan.

“Jadi saya berharap sampai tahun 2023 saat masa tugas saya akan berakhir, paling tidak mereka-mereka ini yang akan meneruskan mempromosi kekayaan budaya NTT.” harap Julie.

“Antusiasme dari para remaja putri di NTT sangat tinggi untuk mengikuti ajang ini.hal tersebut dapat di lihat dari jumlah pendaftar mencapai puluhan orang.oleh sebab itu, kita dengan panitia anak-anak milenial Bintang Timur bekerja sama dengan Dekranasda membuka kesempatan bagi seluruh puteri di seluruh NTT untuk mengikuti ajang Pemilihan Putri remaja cilik,” jelas Julie Laiskodat.

Pendiri Yayasan Puteri Remaja Cilik Indonesia Dery Dahlan sebagai salah satu juri mengatakan, Ajang pemilihan puteri tahun 2021 ada dua kategori yakni remaja dan cilik. Puteri Cilik 9-12 tahun dan remaja 13-18 tahun. para peserta yang mengikuti ajang pemilihan Puteri remaja cilik yang memiliki 4 aspek yakni bertaqwa kepada TYME, Cinta Tanah Air, memiliki kemampuan intelektual.

“Ada 4 aspek yang akan dinilai yaitu smart (cerdas), berkepribadian dan ada iner Beauty. bukan hanya cantik tapi bisa memanage dirinya dan ada inspiring yang di miliki anak-anak yang bisa menjadi inspirasi bagi remaja dan anak-anak lain.” Jelas Dery.

Disampaikan Deri Dahlan, Bagi puteri yang terpilih di tingkat Provinsi NTT dari  kedua kategori ini akan diikutkan ditingkat nasional, karena syarat dari nasional pendiri yayasan harus buat pemilihan ditingkat Provinsi dan kesempatan dibuka untuk tingkat kabupaten karena potensi ada di sana dan akan ada juara 1, 2 dan 3 yang akan mewakili NTT untuk audisi ditingkat nasional dan disana akan dipilih untuk 1 puteri masing-masing kategori mewakili NTT. Pemilihannya pada akhir  bulan Oktober di Jakarta.

Julie Laiskodat yang juga Ketua PKK NTT kembali menjelaskan, Sasaran yang ingin dicapai oleh Dekranasda, bukan hanya menang kalahnya, tapi lebih melalui mereka yang hebat-hebat ini mereka menjadi contoh dan motivator untuk membangkitkan semangat anak-anak kita diseluruh NTT.

“Saya alami sejak 2019 sejak ada pemilihan puteri saya melihat antusiasnya makin tambah karena mungkin setelah adakan ajang ini ada kesempatan mereka menjadi tahu dan mereka punya harapan karena ada panggung-panggung yang oleh kami Dekranasda entah di ajang nasional maupun internasional.” Kata Julie optimis.

Untuk di ketahui, pada seleksi hari kedua dan hari ini para peserta akan memakai busana modifikasi tenun ikat NTT. Hari ini mereka memakai gaun karena syarat dari panitia tingkat nasional. Tapi pada penampilan 2 hari kemarin menggunakan busana motif tenun ikat NTT malah panitia pusat menyatakan kekaguman mereka  bahwa penampilan peserta tahun ini benar-benar luar biasa. Dengan motif tenun berbeda tiap kabupaten,”

Sementara itu, Puteri Remaja NTT 2020 Alfonsa Maria Theola Feka yang juga sebagai juri pada Ajang Pemilihan Puteri Cilik dan Remaja NTT 2021 mengatakan puji Tuhan saat ia ke tingkat nasional dan mendapatkan gelar sebagai Puteri Remaja Pariwisata Indonesia tahun 2020.

Ia juga sangat bahagia karena dipercaya untuk membawa nama besar NTT dan sangat berterima ksih kepada orang-orang yang sudah mendukung saya.

Ia berpesan kepada para peserta Puteri Remaja dan Cilik NTT  2021 semoga mereka menjadi semakin semangat dan apa yang mereka impikan bisa terwujud.

Sedangkan Puteri Cilik NTT 2020 Liliany Gratia Imanuela Rondo ia mengatakan rasa bangga bahwa saya bisa dapat jabatan sebagai puteri cilik ntt 2020. ( CP ).

Komentar