Peduli Sesama, K2S Gelar Aksi Sosial Donor Darah

Kupang,mediaindonesiamenyapa.com-Sebagai Bentuk kepedulian terhadap sesama dalam hal kesehatan, Kontak kerukunan sosial keluarga Jawa kota Kupang (K2S) melakukan aksi sosial dengan melakukan donor darah secara serentak bersama semua anggota dari K2S yang ada di Kota Kupang. Selain Anggota K2S yang berpartisipasi dalam mendonorkan darah nya, ada juga partisipasi dari masyarakat yang ada di kota Kupang.

Aksi donor darah yang di prakarsai oleh K2S Bekerjasama dengan Palang merah Indonesia Provinsi NTT (PMI) berlangsung di kantor PMI pada Sabtu (12/09/2020). Pantauan MEDIA INDONESIA MENYAPA dengan sukarela para anggota K2S bahkan terlihat ada beberapa mahasiswa yang turut berpartisipasi mendonorkan darahnya.

Sekretaris bidang sosial K2S Kota Kupang, Supriyatno menyampaikan , aksi sosial mendonorkan darah yang dilakukan oleh K2S ini dilakukan secara rutin setiap tiga bulan setiap tahunnya.

“Aksi sosial donor darah yang kami lakukan ini sudah secara rutin dilakukan dan ini merupakan agenda rutin dari K2S. Setiap tiga bulan sekali K2S dalam hal ini bidang sosial bekerjasama dengan bidang Baper dan koordinasi dengan PMI. K2S melakukan donor darah dengan rasa solidaritas bersama anggota untuk membantu masyarakat dan sesama yang sakit dan membutuhkan darah. Setetes darah sangatlah berarti membantu dan menyelamatkan nyawa manusia,” ucap Supriyatno.

Panitia K2S sedang mendata Anggota K2S yang berpartisipasi mendonorkan darahnya di kantor PMI NTT

Menurut Supriyatno bahwa kegiatan donor darah merupakan kegiatan K2S yang ada di Kota Kupang dan juga merupakan salah satu program K2S. dari data hampir semua anggota turut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah.
Supriyatno menambahkan bahwa yang berpartisipasi dalam mendonorkan darahnya harus mengikuti beberapa syarat yakni harus dalam kondisi sehat, tidak mengkonsumsi obat-obatan selama 3 hari sebelum nya, harus mengetahui berapa HB nya, dan bagi kaum perempuan tidak dalam kondisi haid, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Walaupun pandemi covid -19 masih melanda namun tidak menghambat K2S untuk melakukan aksi sosial nya.Supriyatno katakan bahwa sebelum nya sudah lakukan koordinasi dengan pihak PMI dan di pastikan yang turut dalam kegiatan donor darah dalam kondisi sehat.

Supriyatno selaku sekretaris bidang sosial K2S dan panitia berharap kegiatan yang di selenggarakan tersebut kedepanya tetap terlaksana dan untuk anggota K2S senantiasa tetap berpartisipasi dan di hari – hari mendatang dapat bertambah para pendonor guna membantu sesama kita.

Dikesempatan yang sama, dr Ikhsan , Anggota K2S sekaligus panitia, turut hadir dalam kegiatan aksi sosial tersebut mengatakan kegiatan donor darah yang dilakukan oleh K2S setiap tiga bulan dan secara rutin sudah menjadi agenda tahunan dari K2S dan pada aksi donor darah ini, diperkirakan hampir 100 orang yang turut berpartisipasi karena setetes darah sangat penting dan berarti bagi sesama kita.

dr. ikhsan mengatakan peserta yang berpartisipasi dalam mendonorkan darahnya sudah dipastikan sehat dan bebas dari Covid -19.
dirinya berharap agar masyarakat juga dapat berpartisipasi dengan mendonorkan darahnya bagi sesama.

Target dari K2S dalam aksi donor darah ini , diharapkan bisa mendapatkan kantong darah yang banyak untuk diberikan kepada sasama kita yang membutuhkan sesuai dengan tema kegiatan yakni “kita sehat mereka selamat”. ( CP ).

Komentar