Mudahkan Layanan Peserta, BPJS Kesehatan Luncurkan Program CHIKA dan VIKA

NTT, mediaindonesiamenyapa.com-Guna memudahkan dan Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, BPJS Kesehatan Cabang Kupang mempunyai dua program baru yakni Vika ( Voice Interaktif) dan Chika ( Chat Asistant).

Hal tersebut disampaikan oleh kepala cabang BPJS Provinsi NTT, Fauzi Lukman Nurhdiansyah saat mengelar Kegiatan sosialisasi yang bertemakan Kopi “Siang bersama awak media” Rabu ( 16/09/2020) di Sotis Hotel.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPJS Cabang Kupang, Lukman Fauzi
Nurdiansyah yang juga sebagai pembicara utama menjelaskan bahwa Perpres Nomor 64 Tahun 2020 sangat penting untuk diketahui publik guna mendekatkan kepada pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan yang ada.

Menurut Fauzi , program Vika dan Chika tersebut sebagai upaya memudahkan layanan kepada peserta BPJS kesehatan karena CHIKA adalah pelayanan informasi dan pengaduan melalui chat yang direspons oleh Artificial Intelligence. Sementara VIKA adalah layanan informasi menggunakan mesin penjawab. Gunanya untuk mengecek status tagihan dan status kepesertaan melalui Care Center 1500 400.

“BPJS Kesehatan memiliki program Chika atau Chat Assistant JKN, dimana
Layanan tersebut adalah Chat Assistant JKN (Chika) dan Voice Interactive JKN (Vika). Chika merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon artificial intelligence atau sistem. Sedangkan Vika merupakan pelayanan informasi menggunakan mesin penjawab untuk mengecek status tagihan dan kepesertaan JKN-KIS melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400,” ungkap Fauzi Lukman.

Selain itu menurutnya di jaman sekarang ini hampir semua masyarakat menggunakan sosial media baik itu Facebook Messanger, Whatsapp dan Telegram, sehingga sangat tepat jika BPJS Kesehatan meluncurkan layanan yang berbasis sosial media.

“Program ini sangat memudahkan peserta, saat membutuhkan layanan tanpa harus datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan,” pungkas Fauzi. ( CP ).

Komentar