Amini, S.Pd, Kepala Sekolah Berprestasi Dan Inovatif Membangun dan Mengantar SLB Asuhan Kasih Jadi Sekolah Berprestasi

Ket Foto: Amini, S.Pd, Kepala SLB Asuhan Kasih Kupang

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Bagi keluarga besar SLB Asuhan Kasih kota Kupang Nusa Tenggara Timur, sosok yang satu ini pasti sudah tak asing lagi.dimana sebagai kepala sekolah, sosok Amini, S.Pd adalah seorang guru yang berdedikasi tinggi dengan jiwa juang yang tangguh telah menorehkan sejumlah prestasi gemilang bagi daerah NTT khusus nya di bidang pendidikan.

Amini sapaan akrabnya, dalam mendedikasikan dirinya sebagai seorang pendidik telah menorehkan prestasi yang sudah sepantasnya di beri ancungin jempol , karena telah memberikan sejumlah gebrakan dan inovasi bagi SLB Asuhan Kasih Kupang.

Kepada media Indonesia menyapa pada Kamis(17/11/2022) diruang kerjanya, Amini menuturkan bahwa SLB Asuhan Kasih menjadi sekolah yang berprestasi hingga kini, sebelumnya telah melalui proses panjang dan perjuangan yang berat.

Ketika lulus sebagai seorang ASN pada tahun 1994 dan di percayakan sebagai seorang guru di SLB Asuhan Kasih Kupang, Dirinya bertekad untuk membangun SLB Asuhan Kasih menjadi lebih baik.

Bentuk karya dan gebrakan yang di lakukan oleh Amini, bukan saja mencerdaskan anak didik nya, namun Wanita cerdas ini bertekad bahwa kemajuan sebuah sekolah harus dimulai dari fisiknya. Oleh sebab itu, ketika dirinya di percayakan oleh Dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi NTT sebagai kepala sekolah di SLB Asuhan Kasih Kupang, maka gerakan untuk membangun dan memajukan SLB Asuhan Kasih dilaksanakan segera.

Diungkapkan Amini, pergerakan pertama yang dilakukan dengan melakukan perbaikan fisik gedung sekolah yang pada waktu itu masih dua ruangan dan semi darurat. Amini kemudian mencoba berbagai upaya agar mendapatkan dana untuk memulai pembangunan gedung sekolah bahkan memperluas gedung SLB Asuhan Kasih.

Diceritakan nya bahwa, langkah demi langkah dilakukan mulai dari mengajak orang untuk berkunjung ke SLB Asuhan Kasih untuk melihat kondisi gedungnya.
Alhasil usahanya membuahkan hasil, sedikit demi sedikit dukungan dan bantuan berdatangan dan akhirnya gedung SLB Asuhan Kasih dapat berkembang dengan adanya perbaikan dan pengembangan gedung Sekolah.

” Saya berusaha dan berjuang keras untuk bisa mencari dukungan dari berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta untuk dapat membantu membangun dan memajukan SLB Asuhan Kasih menjadi lebih baik, di mulai dari fisiknya yang masih darurat hingga berkembang menjadi baik hingga saat ini,” ungkap Amini.

Diakui Amini, perjuangan nya memang butuh kesabaran dan jiwa juang yang tinggi, karena ketika ingin mendapatkan hasil karya yang baik dibutuhkan kesabaran dan keikhlasan serta ketekunan.

Hari demi hari dilalui oleh Amini sebagai kepala sekolah di SLB Asuhan Kasih Kupang, pembangunan terus dilakukan bukan saja fisik namun membangun dan membentuk karakter dari para guru, anak didik dibutuhkan suatu kesabaran.
Bentuk gerakan pembangunan lain yang dilakukan antara lain, mengatur dan mengurus sistem administrasi sekolah menjadi baik, selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang karakter anak berkebutuhan khusus, merubah mindset guru dalam bekerja agar dalam bekerja dibutuhkan suatu komitmen dan dedikasi tinggi.guru bukan saja datang mengajar dan pulang, namun didalam dirinya harus ditanamkan jiwa mengabdi dengan hati yang tulus, ikhlas dan tidak terbeban dalam menjalankan tugas sebagai seorang Guru.

Lebih lanjut Amini menuturkan, gerakan dan inovasi terus di galakkan, beranjak ke mencerdaskan anak didiknya. mendidik anak-anak yang berkebutuhan khusus membutuhkan tahapan dan kesabaran, walaupun terkadang ada suka dan duka namun tekadnya untuk mencerdaskan anak bangsa, maka dengan segala kekuatan dan kemampuan nya dilakukan dan pada akhirnya membuahkan hasil, anak- anak didik nya kemudian meraih sejumlah prestasi gemilang baik di tingkat Provinsi NTT maupun di tingkat Nasional bahkan internasional.

” Kerja keras Kami Para Guru di SLB Asuhan Kasih Kupang akhirnya membuahkan hasil yang gemilang, dimana anak didik kami dengan kemampuan yang dimiliki meraih sejumlah prestasi belajar yang mengharumkan nama sekolah, nama daerah NTT di kancah Nasional bahkan di internasional. dan saya sangat bangga dengan prestasi ini,” tutur Amini dengan penuh semangat.

Bahkan tidak sampai disitu saja, selain anak- anak didik nya berprestasi, Amini dengan segala daya juang nya memajukan SLB Asuhan Kasih maka Pemerintah daerah NTT yakni dari Gubernur NTT memberikan penghargaan kepada Amini sebagai Kepala Sekolah Berprestasi.tidak sampai di tingkat daerah saja, Amini pun diberi penghargaan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia karena perjuangan dan dedikasi nya dalam bidang pendidikan dan mencerdaskan anak bangsa di SLB Asuhan Kasih dengan mengapresiasi nya memberikan penghargaan sebagai Kepala Sekolah Berprestasi.

Dari perjuangan nya dan prestasi yang diraih oleh Amini, maka ada suatu keyakinan yang di pegang oleh Amini bahwa ternyata, kunci keberhasilan dalam bekerja cukuplah simpel, Yakni bekerja dengan tulus, total, memiliki jiwa juang, sabar dan penuh suka cita dalam mendidik anak-anak bangsa.

Perempuan hebat yang memiliki motto hidup” tetap dan ikhlas menjalani kehidupan” ini Juga mengatakan sebelum menjadi seorang ASN, Dia pernah bekerja di PT hendranat corporation 1 tahun di Banjarmasin. namun karena jiwa Amini untuk menjadi seorang pendidik sudah terbentuk dari keluarga yang memang pendidik sehingga kemudian mengantarkan dirinya menjadi guru dan sekarang menjabat sebagai kepala sekolah di SLB Asuhan Kasih Kupang.

Jiwa juang untuk membangun SLB Asuhan Kasih dan mencerdaskan anak didik nya terus bergelora di dada Amini. Dia kemudian terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SLB Asuhan Kasih dengan meningkatkan kinerja para guru
agar dalam mendidik para siswa yang berkebutuhan khusus ini harus dengan hati dan kesabaran. Selain itu juga tidak hanya tingkatkan kinerja para guru namun Amini juga mengajak dan melibatkan Orang tua murid dalam mendidik para siswa sebagai guru Tamu dengan tujuan untuk bersama memajukan sekolah dan anak didik. Dan Upaya dari perempuan Lulusan Universitas Muhammadiyah ini kemudian membuahkan berhasil, dimana para orang tua pun menyambut baik program yang di lakukan oleh SLB Asuhan Kasih dan para orang tua murid sangat senang mendukung program sekolah tersebut.

Untuk diketahui banyak Prestasi yang telah di raih oleh siswa SLB Asuhan Kasih Kupang antara lain berturut turut juara umum tingkat Provinsi pentas seni, Lomba olahraga dan lomba keterampilan tata boga, Tata busana, tata rias, kriya kayu komputer dan lain nya selama 5 tahun.

Selain itu juga, Prestasi demi prestasi diraih para siswa hingga tingkat Nasional di mata pelajaran disain grafis. Dan pada Tahun 2022 mewakili Provinsi tingkat Nasional untuk Mata pelajaran Membatik.

Impian dan harapan Amini kedepannya, anak- anak didik nya kelak nanti setelah lulus dari SLB Asuhan kasih dapat mandiri dan berguna bukan saja bagi diri nya namun bagi masyarakat.

Pesan Amini kepada Penerus SLB Asuhan Kasih nanti nya agar dalam melakukan tugasnya sebagai seorang guru harus jauh lebih besar dan baik untuk membangun SLB Asuhan Kasih menjadi terbaik. ( CP).

Komentar