Kisah Sukses Yohanes Sason Helan Mengantar KSP Kopdit Swasti Sari Hingga Nasional

Ket foto : Yohanes Sason Helan,General Manager Ksp Kopdit Swasti Sari

Kupang, MIM.com
Ksp Kopdit Swasti Sari merupakan lembaga keuangan non perbankan yang telah hampir 30an tahun hadir dan memberikan pelayanan kepada masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tepat tanggal 1 Februari 1988 KSP Kopdit Swasti Sari berdiri.

Kehadiran Ksp Kopdit Swasti Sari berawal dari rasa solidaritas dan landasan pemikiran yang cerdas serta semangat ingin menciptakan suatu pola kehidupan yang baik untuk merubah masa depan keuangan sebuah keluarga.

Hal tersebut di ungkapkan putra daerah asal Adonara, Yohanes Sason Helan, General Manager Ksp Kopdit Swasti Sari kepada media ini di ruang kerjanya, Rabu(13’04/2022).
Dikisahkan Yohanes, mengawali kariernya mengembangkan Ksp Swasti Sari penuh liku, suka dan duka.

Walau penuh keterbatasan akses saat menjalankan tugas dan tanggung jawab nya di Ksp Swasti Sari pada zamannya, Yohanes Helan terus menekuni dunia kerjanya tersebut, dengan melangkah menapaki setiap lorong dan jalan, setapak demi setapak dilalui memperkenalkan Mamfaat dari KSP Kopdit Swasti Sari kepada masryarakat di kota Kupang.

Seiring berjalannya waktu, berbekal tekat dan semangat juang yang tinggi Pria asal Adonara ini terus berjuang. Terkadang ada tanggapan dan berbagai rentetan pertanyaan namun Dirinya tak putus asa terus berjalan tak kenal lelah dengan berbagai ide, terobosan, dan profesionalisme, membangun kepercayaan masyarakat pada koperasi maka terjadi perubahan yang luarbiasa, akhirnya Ksp Kopdit Swasti Sari banyak di minati oleh masyarakat hingga go to Nasional.

Dikisahkan, dengan hanya mengunakan sendal jepit dan tidak berseragam Yohanes melangkah menuju setiap rumah warga dan bercerita tentang mamfaat berkoperasi. Walau hanya mendapatkan Upah yang diterima saat itu Rp.3000 namun di akui apa yang di lakukan karena sebuah panggilan.

“Awal Saya bekerja di Ksp Swasti Sari penuh dengan suka dan duka. berjalan kesana kemari memperkenalkan Ksp Swasti Sari kepada masyarakat di Kota Kupang, melewati setiap lorong dan setapak hanya mengunakan sendal jepit dan tidak berseragam, namun 1 tekat saya, ingin memajukan Ksp Kopdit Swasti Sari,” kisah Yohanes Sason.

Menurut Anak Bungsu dari 7 bersaudara ini, berkat sebuah perjuangan yang tulus, profesional maka perkembangan Ksp Kopdit Swasti Sari dari hari ke hari kian menunjukan kecerahan yakni semakin bertumbuh, masyarakat mulai mempercayakan keuangannya di Ksp Swasti Sari ibarat biji sesawi menjadi suatu tumbuhan yang besar dan dapat melindungi dan memberikaj kesegaran bagi setiap anggota.

Ditambahkan Yohanes , dengan membangun regulasi yang baik di Ksp Kopdit Swasti Sari membuat anggota menjadi nyaman ketika mempercayakan keuangannya di Ksp kopdit Swasti Sari.
Dengan ketekunannya, Hingga kini jumlah tenaga kerja telah mencapai sebanyak 500an orang dengan asset mencapai 1 trilliunan dan 25 kantor cabang di NTT, 5 kantor cabang di Luar NTT serta jumlah anggota mencapai ratusan ribu tersebar di NTT dan di luar NTT.

” Perkembangan dan pertumbuhan yang pesat baik dari segi tenaga kerja, asset dan anggota maka Ksp kopdit Swasti Sari mendapatkan Award dari BPJS ketenagaan kerja dan ini merupakan kebanggaan bagi kami,”ucap General manager Ksp Swasti Sari dengan wajah penuh kegembiraan.

Mental kerja dan pola kepemimpinan yang sangat profesional dan bersahaja dari Pria kelahiran 1 Agustus 1965 ini mengantarkan dirinya menakhodai Ksp Kopdit Swasti Sari hingga mencapai 30 tahun dan kini ksp Swasti Sari di kenal bukan saja di NTT namun tersebar di beberapa Provinsi di Indonesia, dan ini suatu prestasi yang perlu di apresiasi.oleh sebab itu, harapannya kepada seluruh anggota Ksp Kopdit Swasti Sari agar terus semangat dengan capain ini jangan berpindah ke lain hati, teruslah berkembang dan bertumbuh di Ksp Kopdit Swasti Sari.

Waktu berlalu dan tak terasa sudah hampir 30 tahun suami dari Petronela Roni Raya menakhodai Ksp Kopdit Swasti Sari dan ada jenjang waktu kerja yang harus di laluinya yakni masa pensiun. dan tentunya jelang masa pensiun tersebut ada persiapan dan perencanaan matang yang akan dilakukan oleh Yohanes Sason Helan, tentunya apa yang menjadi perencanaan nya kedepan diyakini bahwa semua sudah di atur oleh leluhur dan terutama yang Maha Kuasa untuk kebaikan masyarakat NTT.

Harapan General Manager Ksp Kopdit Swasti Sari kepada para Anggota agar terus bangkit, semangat, gelorakan koperasi demi kesuksesan bersama.

“Pesan saya, untuk menjadi sukses, kita harus membuat sesuatu yang kecil agar dapat menjadi besar,” pungkas Yohanes Sason Helas dengan Tawa.
( CP).

Komentar