Refleksi HUT Kota Kupang, dan Otonom daerah, Debora Panie PLT Balitbangda Kota Kupang Beberkan Sejumlah Capaian Kinerja dan Harapan Balitbangda

Ket Foto : PLT Balitbangda Kota Kupang, Dra. Debora Panie.M.M.

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Kinerja yang dicapai Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbangda) Kota Kupang di tahun sebelumnya dan di tahun 2024 serta langkah peningkatan kualitas dan Kinerja Balitbangda Kota Kupang, sudah berjalan maksimal sesuai rencana dan juga sudah terlaksana dengan baik walaupun ada kendala dan tantangan namun semua itu menjadi motivasi dan perhatian dari ASN dan perangkat daerah untuk berbenah diri agar lebih melakukan perubahan dan inovasi untuk menghasilkan capaian kinerja yang lebih baik.

Pernyataan di atas di sampaikan PLT Balitbangda Kota Kupang Debora Panie saat ditemui media Indonesia menyapa, Selasa(23/04/2024)di ruang kerjanya. Pada kesempatan tersebut PLTĀ  Balitbangda Kota menyampaikan sejumlah capaian dan langkah untuk peningkatan dan inovasi kelembagaan di Balitbangda Kota Kupang.

Debby menjelaskan bahwa hingga saat ini ada beberapa perubahan di lingkup kelembagaan yang pertama dari segi kelembagaan adanya perubahan nomenklatur yakni sekarang disebut Balitbangda dan tinggal menunggu pengukuhan kembali dari Badan penelitian dan pengembangan daerah ke badan riset dan inovasi.

Capaian kelembagaan kedua yakni adanya penyetaraan jabatan dari strukturual ke fungsional tapi untuk Balitbang mempunyai karakteristik tersendiri karena kalau di perangkat daerah yang lain akan menyesuaikan tugas struktural yang di laksanakan sedangkan di Balitbangda penyetaraan nya lebih ke spesifikasi jabatan fungsional peneliti sehingga kedepannya kebutuhan untuk melakukan kajian atau tulisan untuk membantu pimpinan atau penjabat Walikota sudah bisa menggunakan tenaga SDM yang memiliki karakteristik tertentu.

Ditambahkan Debby, pencapaian ketiga yakni terkait inovasi dimana saat ini Balitbangda Kota Kupang sedang melakukan identifikasi terhadap inovasi yang sudah dilakukan oleh perangkat daerah karena ada ada kaitannya dengan penilaian inovasi yang dilakukan oleh lembaga yang ada di tingkat pusat maupun untuk kepentingan dari perangkat daerah yang telah melakukan inovasi – inovasi dengan tujuan untuk memperlancar dalam pencapaian di daerah dengan lomba kreativitas yang dilakukan pemerintah pusat yang akan berkelanjutan pada tahun – tahun yang akan datang.

“Jadi dalam pelaksanaan inovasi ini kami sementara persiapkan lomba inovasi antara perangkat daerah dan kerangka lomba nya sudah selesai di kerjakan dan kami juga akan berkoordinasi dengan tingkat Provinsi sehingga lomba inovasi ini benar – benar menghasilkan inovasi yang baik,” kata PLT Balitbangda Kota Kupang.

Debby juga menjelaskan bahwa pada tahun sebelumnya Balitbangda lebih mengarah pada basis kinerja karena sejalan dengan hasil berbasis kinerja dari pemerintah pusat dan semua terdistribusi dengan kegiatannya dan pada tahun ada lima bidang yakni kelitbangan pemuda dan olahraga, kelitbangan bidang reformasi birokrasi,kelitbangan bidang ekonomi penataan PKL pesisir pantai, kelitbangan penataan pengelolaan sampah rumah tangga, penataan kelitbangan perhubungan.

” Semangat untuk inovasi kinerja tersebut harus dari perangkat daerah yang ada tersebut karena kalau tanpa semangat maka tidak ada capaian kinerja Inovasi yang baik,” ucap Debby Panie.

Selain capaian kinerja yang dicapai oleh Balitbangda Kota Kupang, Plt Kepala Balitbangda Kota Kupang juga mengungkapkan bahwa dibalik capaian kinerja tersebut ada pula kendala dan tantangan yang dihadapi oleh Balitbangda yakni ingin merubah pemikiran dan pemahaman dari perangkat daerah yang lain tentang Balitbang sebagai tempat buangan namun perlu diketahui bahwa Balitbang adalah kelembagaan yang sangat penting dan bagus dimana dapat memacu kreatifitas ASN.

Tantangan atau hambatan berikutnya, di ungkap Debora Panie adalah sumber daya, ketika ada penyetaraan dari jabatan struktural ke fungsional dalam tata tertib ke peneliti dimana saat ini basicnya bukan peneliti sehingga dibutuhkan kerja keras untuk mendapatkan sumber daya manusia yang sesuai harapan.

Tantangan lainnya disebutkan Debby adalah masih dibutuhkan sarana prasarana pendukung untuk peningkatan dan saat ini sudah bisa teratasi walaupun belum seperti harapan namun bisa digunakan.
dan masih ada sejumlah tantangan yang dihadapi di Balitbangda Kota Kupang, namun Balitbangda Kota Kupang akan terus berupaya untuk regenerasi dan Kaderisasi para perangkatnya sehingga kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi.

Harapan dari Debby Panie selaku PLT Balitbang Kota Kupang di Momentum HUT Kota Kupang ke – 138 dan Otonom daerah ke – 28 untuk ASN Lebih diperhatikan regulasi yang ada untuk terus di benahi demi kelancaran tugas untuk mencapai apa yang dilaksanakan dan harus adanya transparansi dari apa yang dilakukan oleh pimpinan. ( CP).

Komentar