Wujudkan lingkungan Yang Bersih, Kelurahan Oebufu Bentuk TPS Ramah Lingkungan Dengan Sistem Tiga P

Ket Foto: TPS Ramah lingkungan Kelurahan Oebufu 

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Kelurahan Oebufu merupakan salah satu kelurahan yang saat ini gencar melakukan aksi kebersihan lingkungan menggunakan sistem penanganan sampah berbasis masyarakat dengan membentuk tempat penitipan sampah atau TPS yang ramah lingkungan sebelum dibawa ke tempat pembuangan akhir ( TPA).

Ketika ditemui di ruang kerjanya Selasa (21/11/2023), Lurah Oebufu Zeth Batmalo mengatakan bahwa Kelurahan Oebufu dalam mengatasi sampah di kelurahan Oebufu, bersama masyarakat Oebufu membuat TPS ramah lingkungan, yang berlokasi di jalan kejora Oebufu, dimana sampah yang di angkut ke TPS akan di pilah seperti sampah rumah tangga dan sampah non organik. dari pemilahan tersebut masyarakat, melalui program penanggulangan sampah berbasis masyarakat bekerjasama dengan manajemen Bank Sampah untuk mendaur ulang sampah tersebut menjadi pupuk kompos dan barang rumah tangga lainnya.

“Kita gencarkan penanganan sampah berbasis masyarakat dengan sistem melalui pengurus sampah disetiap Rukun Tetangga(RT) dapat membawa sampah menuju ke TPS. saat ini TPS bukan lagi kita namakan Tempat pembuangan sampah tetapi kita namakan tempat penitipan sampah”, kata Zet Batmalo.

Selain itu, Lurah Oebufu, Zet Batmalo mengatakan kelurahan Oebufu menyediakan TPS ramah lingkungan yang terpusat di jalan Kejora, RT 35 dengan ditanami Toga, di TPS ada badan pengelola sampah, kemudian kita bekerjasama pengelolaan dengan manajemen Bank sampah.

” Warga masyarakat kelurahan Oebufu di libatkan dalam pengelolaan sampah menjadi pupuk kompos dan baru dilaksanakan dua bulan lalu, sampah – sampah yang tidak bisa di daur ulang maka akan di angkut oleh Dinas kebersihan ke TPA,” beber Lurah Oebufu.

Menurut Lurah Oebufu terkait pengelolaan sampah Rumah tangga atau hulu sudah terpilah sehingga dapat dengan mudah di angkut ke TPA dengan program Tiga P yakni Pemilahan, Penimbangan dan Pengepresan.

Diakui Zeth Batmalo, Tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan masih kurang namun sudah mulai ada perubahan di buktikan dengan TPS yang liar sudah tidak ada lagi.

Lurah Oebufu menghimbau kepada masyarakatnya dalam menghadapi musim penghujan bisa ada kesadaran untuk mengatasi masalah sampah dengan membawa sampah ke TPS agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

” Kira berharap sampah tidak boleh di buang disembarang tempat namun dibuang ke TPS agar dapat di pilah dan selanjutnya di buang ke TPA,” Pungkas Zeth Batmalo.( CP).

Komentar