BPS NTT Catat Juni 2023 Gabungan 3 Kota di NTT Alami Inflasi, Ini Pemicunya

Ket Foto: Demarce M.Sabuna, SST, SE.,M.Si selaku Statistisi Madya BPS Provinsi NTT saat menggelar Jumpa pers di aula kantor BPS NTT

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Badan Pusat Statistik Provinsi NTT mencatat terjadinya perkembangan inflasi gabungan 3 Kota di NTT pada Juni 2023 di NTT.

Juni 2023, gabungan 3 Kota Inflasi di Nusa Tenggara Timur mengalami Inflasi MtM sebesar 0,89 persen dengan IHK sebesar 114,82.
3 kota yang mengalami perkembangan inflasi dan deflasi anatra lain, Kota Kupang mengalami Inflasi MtM sebesar 1,02 persen, Kota Maumere mengalami Deflasi MtM sebesar 0,35 persen dan Kota Waingapu mengalami Inflasi MtM sebesar 1,05 persen.Untuk Inflasi YoY Juni 202

Hal tersebut disampaikan oleh Demarce M.Sabuna, SST, SE.,M.Si selaku Statistisi Madya BPS Provinsi NTT saat menggelar Jumpa pers di aula kantor BPS NTT pada Senin(03/07/2023).

Menurut Dermace Sabuna, terjadinya Inflasi di NTT dikarenakan adanya kenaikan angkutan udara namun masyarakat tidak perlu merasa khawatir karena inflasi yang terjadi tidaklah mempengaruhi perubahan harga komoditas.

“Kenaikan inflasi di NTT karena adanya kenaikan angkutan udara yang masuk ke NTT dan keluar dari NTT sehingga menyebabkan tarif angkutan udara pun turut naik. Namun tidak perlu khawatir karena kenaikan angkutan tidak mempengaruhi pada kelompok makanan dan minuman,” Jelas Dermace

Demarce M.Sabuna, SST, SE.,M.Si selaku Statistisi Madya BPS Provinsi NTT juga mengatakan bahwa walaupun adanya kenaikan pada angkutan udara namun ada faktor lain yang menghambat terjadinya Inflasi di NTT yakni pada kelompok komoditas makanan yaitu pada komoditas ikan kembung, daging ayam ras, ikan tongkol, telur ayam ras. komoditas – komoditas tersebut di ataslah yang menghambat atau mempunyai andil terjadinya deflasi di NTT ditambah juga komoditas adalah sawi Hijau, Kangkung,Sawi putih,ikan Tembang dan cabai rawit.

Dijelaskan Demarce, dari inflasi yang terjadi di NTT ada juga harga komoditas Strategis atau yang menstabilkan yang terjadi pada bulan Juni 2023 pada beberapa Komoditas seperti beras, cabai merah, minyak goreng, Bawang putih, bawang merah.
Penulis + Editor :  Chinta Pella

Komentar