Lewati Empat Aspek Penilaian, Ksp Solidaritas Sta.Maria Assumpta Dapat Predikat Koperasi Sehat Dari Dinkop NTT

Ket Foto : Tim manajement Ksp Solidaritas Sta.Maria Assumpta saat menerima sertifikat Kesehatan Dari Tim Pengawas Dinkop NTT

Kupang. Media Indonesia menyapa.com
Sebagai Koperasi simpan pinjam yang mengelola keuangan masyarakat, Ksp Solidaritas Sta. Maria Assumpta Kupang dituntut untuk profesional dalam hal pengelolaannya,  sebagai wujud kepatuhan terhadap regulasi dan juga sebagai bentuk transparansi serta memperkuat akuntabilitas pengelolaan kegiatan usaha simpan pinjam. Maka Ksp Solidaritas Sta.Maria Assumpta setiap tahunnya selalu mendapatkan Penilaian Kesehatan Koperasi yang kini dikenal dengan istilah Pemeriksaan Kesehatan Koperasi karena secara regulasi, Penilaian Kesehatan Koperasi diatur dalam Permenenkopukm No. 17 tahun 2015 namun saat ini aturan tersebut sudah diperbarui dengan adanya Permenkopukm No 9 tahun 2020.

Pemeriksaan Kesehatan Koperasi ini meliputi aspek tata kelola, profil risiko, kinerja keuangan, permodalan yang sebelumnya di lakukan oleh dinas Koperasi Kota Kupang namun tahun 2022 dilakukan oleh Tim pejabat pengawas Koperasi dari Dinas Koperasi Tenaga kerja dan transmigrasi Provinsi NTT , Kamis(30/06/2022)di Kantor Pusat Ksp Solidaritas Sta. Maria Asumpta.

Pada kesempatan tersebut, Pejabat Pengawas Koperasi dari Dinas Koperasi Tenaga kerja dan transmigrasi Provinsi NTT, Dominikus Ancis mengatakan. Pemeriksaan penilaian kesehatan bagi Ksp Solidaritas Meliputi empat aspek yakni Aspek Tata kelola. Aspek Profil resiko. aspek kinerja keuangan, dan aspek permodalan.
Dari ke empat aspek penilaian tersebut maka tim pengawas dari dinkop NTT menyatakan Ksp Solidaritas Sta.Maria Asumpta mendapatkan predikat sebagai Koperasi “Sehat” dengan nilai 84, 49.

” Pemeriksaan kesehatan terhadap koperasi ini berlaku bagi 8 Koperasi yang ada di NTT dan di antaranya termasuk Ksp Solidaritas Sta.Maria Assumpta Kupang, penilaian mencakup beberapa variabel dan aspek, sehingga dari pemeriksaan kesehatan tersebut maka kami mendapatkan beberapa aspek yang sudah dilaksanakan dengan baik namun ada juga aspek yang masih perlu di perhatikan dan di benahi, tapi pada prinsipnya dari hasil penilaian tim pengawas, Ksp Solidaritas di nyatakan sebagai koperasi yang Sehat dalam pengelolaanya untuk TB 2021 bersama dengan 7 Koperasi yang lain.,” jelas Domi Ancis.

Domi Ancis berharap, semoga dengan adanya pemeriksaan kesehatan koperasi tersebut, kedepannya Ksp Solidaritas Sta.Maria Assumpta dapat lebih meningkatkan pelayanan dan kredibilitas kegiatan usahanya.

Sementara itu, Ketua pengurus Ksp Solidaritas Sta.Maria Assumpta Kupang. Drs. Gerin Dolu Matheus kepada media mengatakan, Pemeriksaan kesehatan yang di lakukan oleh Tim pengawas Dinas Koperasi NTT berlangsung selama 4 hari dan telah membuahkan hasil yang baik dan Management Ksp Solidaritas Sta.Maria Asumpta sangat mengapresiasi hasil kerja pemeriksaan dan penilaian tersebut.

Menurut Dolu Matheus, dari hasil Penilaian dari Tim Pengawas Dinas Koperasi, Tenaga kerja dan Transmigrasi NTT. Ksp Solidaritas telah di nyatakan sebagai Koperasi Sehat dengan nilai 84,49 dan dirinya merasa puas atas skor yang di berikan tersebut karena di sadari masih banyak hal perlu di benahi, dimana belum adanya ijin operasional seperti Anggaran Rumah Tangga( ART) bagi beberapa kantor cabang pembantu yang telah beroperasi di beberapa tempat.

“Bagi Kami, skor yang di berikan, kami apresiasi dan juga puas dengan nilai tersebut karena masih banyak hal yang perlu di benahi, oleh karena kami sudah buka kantor cabang dimana – mana dan salah satunya ijin operasional yang belum di lengkapi, sehingga itu menjadi salah satu faktor dan syaratnya yang harus menjadi perhatian tim management Ksp Solidaritas kedepannya untuk membenahi,” Ujar Dolu Matheus.

Ketua pengurus Ksp Solidaritas Sta.Maria Assumpta berharap ke depan, Variabel apa yang belum di lengkapi akan di benahi bersama tim pengawas dan management sehingga tahun – tahun berikut akan mendapatkan nilai lebih baik dari tahun TB 2021 ini.

Di kesempatan yang sama, General Manager Ksp Solidaritas Sta. Maria Assumpta. Urbanus Reko mengatakan dengan adanya pemeriksaan penilaian dari Badan Pengawas Dinas Koperasi NTT, Ksp Solidaritas tidak lantas berbangga diri namun di sadari banyak hal perlu di benahi dengan catatan – catatan penting yang masih terus di perbaiki dan ditingkatkan lagi kedepannya.

Urbanus Reko menambahkan terkait sisi management, sisi pengelolaan keuangan, ada laporan dari tim pengawas dinas koperasi NTT yang harus menjadi perhatian khusus dari management Ksp Solidaritas sehingga kedepannya perlu di benahi.

” Dengan pemeriksaan dan penilaian yang telah di lakukan oleh tim pengawas Dinas Koperasi NTT, kami management Ksp Solidaritas akan terus berbenah diri dan akan menangkap peluang yang ada yakni, meningkatkan pelayanan kepada anggota tentunya di ikuti oleh regulasi yang sesuai dan di sampaikan oleh tim pengawas dari Dinas Koperasi NTT, kedepannya Ksp Solidaritas dapat semakin berkembang dari sisi aset, keuangan dan anggota,” Tambah General Manager Ksp Solidaritas.

Diakui Urbanus Reko, memang perkembangan Ksp Solidaritas di daerah Kabupaten cukup pesat, sehingga dibukalah kantor – kantor cabang yang baru namun masih terkendala ijin operasional yang belum ada sehingga dengan adanya penilaian yang telah di lakukan oleh dinas Koperasi NTT maka management Ksp Solidaritas akan segera benahi aspek yang masih belum lengkap tersebut sehingga kantor – kantor cabang pembantu yang ada sudah dapat melakukan operasionalnya dengan baik.

” Kami management Ksp Solidaritas akan berbenah diri, melakukan evaluasi, berbagai rencana kerja dan tentunya punya keinginan serta harapan yang sama untuk memajukan Ksp Solidaritas menjadi lebih baik lagi kedepannya ” Ucap Urbanus Reko

Untuk di ketahui Jumlah anggota pada TB 2021 telah mencapai 10 ribu lebih orang, sedangkan Total aset per juni 2022 berjumlah 127 Milliar dengan jumlah anggota 12 ribuan, jumlah karyawan 60 orang dan ada 3 kantor cabang, kantor cabang pembantu 5 di tambah kantor pusat 1 dan beberapa kantor Kas yang tersebar di Kabupaten Kota di NTT.
( CP).

Komentar