Delapan Jurnalis Perempuan Kota Kupang Dinyatakan Kompeten Usai Ikut UKW

Ket Foto : Jurnalis Perempuan yang Selesai UKW

Kupang, Media Indonesia menyapa.com
Pemerintah Kota Kupang dan Universitas Prof. Dr. Moestopo bersama Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) NTT menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) selama 2 hari (20-21) juni 2022 di hotel Aston Kupang.

UKW yang di laksanakan merupakan upaya pemerintah Kota Kupang dalam meningkatkan kompetensi wartawan yang sehari-hari bekerja sebagai pewarta di kota Kupang.

Oleh sebab itulah sebanyak 30 wartawan kota Kupang mengikuti UKW jenjang muda dan delapan di antaranya adalah Perempuan.

Ketua SMSI NTT, Benny Jahang mengapresiasi para Jurnalis Perempuan yang telah mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan, Dirinya mengatakan, dengan adanya UKW yang telah di ikuti dapat meningkatkan kompetensi para jurnalis, Ia pun berbangga atas keberhasilan para jurnalis perempuan yang telah sukses mengikuti UKW dan di nyatakan Kompeten.

 

Ket Foto : Benny Jahang, Ketua SMSI NTT

” Kalau saya lihat dari sisi kepesertaan perempuan dan kesetaraan perempuan maka dalam peningkatan kapasitas nya , jurnalis perempuan sudah sangat memadai, jadi hal ini menunjukkan sisi Kualitas jurnalis perempuan sudah ada peningkatan dan dan tidak perlu di ragukan lagi kalau para jurnalis perempuan di NTT sudah semakin bisa menyajikan informasi berita yang Berkualitas dan memadai setelah UkW,” ucap Ketua SMSI NTT.

Harapan dari Jurnalis Senior dari Media Berita ANTARA ini , agar para Jurnalis Perempuan yang telah di nyatakan Kompeten usai mengikuti ujian kompetensi wartawan tersebut Teruslah tingkatkan Profesionalismenya sebagai Jurnalis Perempuan dan dalam penyajian berita harus berkualitas dan menjaga Marwah Pers, harus mempertahankan identitas diri sebagai Jurnalis Perempuan yang Kompeten dan tetap menjalankan tugas jurnalistik sesuai kode etik jurnalistik sehingga tidak di pandang sebelah mata bahwa jurnalis perempuan hanyalah pelengkap dan hanya bisa meramaikn saja.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Kupang, Wildrian Ronald Otta dalam sambutannya saat penutupan UKW, menyampaikan Kegiatan UKW sudah di masukkan dalam rencana program pembangunan daerah Kota Kupang dari tahun 211 – 2025, sehingga diharapkan nantinya melalui program ini dapat menghasilkan Jurnalis – Jurnalis yang handal dan juga dapat menjadi pewarta yang kompeten.

“Kegiatan uji kompetensi wartawan ini sudah kita masukan dalam rencana pembangunan daerah kota Kupang tahun 2022 hingga tahun 2025 sehingga kota Kupang ini harus menghasilkan jurnalis jurnalis handal ” Ungkap Kepala Dinas Komunikasi Dan Informasi (Kominfo) Kota Kupang Wildrian Ronald Otta saat menutup kegiatan UKW (21/22).

Pantuan media ini, Jurnalis – Jurnalis perempuan yang telah sukses mengikuti ujian kompetensi wartawan tersebut dan di nyatakan Kompeten menambah jumlah jurnalis perempuan yang Kompeten di NTT adalah, Erny Amperawati, Chintia Pella, Maria Virginia Bay, Kristina Tallo, Juliana Kastina Bidarehi, Ellena Fahik, Sulistyastuti Sutomo dan Maria Yusfina Kuma. ( CP ).

Komentar