Moment Hari Kartini,Marthina Rihi Heke -Raga lay Ajak Kaum Perempuan Lanjutkan Perjuangan Kartini, Kembangkan Potensi Diri

Ket Foto : Marthina Rihi Heke -Raga lay. Ketua TP PKK Sabu Raijua

Kupang, MIM.com
Momentum hari Kartini selalu di peringati oleh semua anak bangsa tidak terkecuali, karena melalui perjuangan R.A Kartini hak dan harkat kaum Perempuan dapat di sejajarkan, dan juga hingga kini kaum perempuan dapat mengeyam dunia pendidikan dengan seluas – luasnya.

Sosok R.A Kartini kini menjadi contoh dan menginspirasi banyak kaum perempuan, antara lain Marthina Rihi Heke -Raga lay. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sabu Raijua. Ketika di wawancarai media ini melalui telepon seluler pada Rabu(20/04/2022)  mengatakan, Kartini adalah sosok perempuan yang cerdas, berani dan kuat, hal itu dikarenakan Kartini telah berhasil membuktikan bahwa perempuan itu memiliki kesamaan dengan laki – laki yakni dapat menempuh pendidikan hingga jenjang yang tinggi.

Menurut Ketua TP PKK Sabu Raijua, perjuangan Raden Ajeng Kartini tempo dulu, perlu di contohi oleh Kartini masa kini dengan semangat dan spirit Kartini dapat memperjuangkan hak dan harkat perempuan sehingga melalui semangat juangnya tersebut menjadi inspirasi bagi kaum perempuan sekarang dalam setiap aspek.

“Lewat kegigihan dan perjuangan Kartini, dapat menginspirasi kaum perempuan dalam merubah pola pikir agar dapat belajar apa saja untuk menjadi contoh juga bagi orang lain,”ucap Marthina.

Menurut istri dari Bupati Sabu Raijua, kaum perempuan saat ini baik di NTT maupun di Kabupaten Raijua ini sangat beruntung dan harus bersyukur karena dapat mengenyam hasil perjuangan dari R .A Kartini yakni dapat menikmati pendidikan yang tinggi dan bisa menduduki jabatan yang tinggi di berbagai lembaga.

Perjuangan Kartini yang luarbiasa bagi kaum perempuan untuk dapat dengan leluasa mengembangkan diri di berbagai bidang saat ini, namun terkadang kaum perempuan masih mengalami diskriminasi. Terkait dengan hal tersebut Marthina mengakui kalau saat ini presentasi laki – laki dan perempuan masih di dominasi oleh kaum laki – laki, seperti contoh di lembaga pemerintahan jabatan eselon masih di dominasi oleh laki – laki sedangkan perempuan masih sedikit, padahal sebagaimana di ketahui, potensi dari perempuan di NTT dan terkhususnya di Raijua cukup baik.

Menurut Dosen di Undana ini mengatakan, Begitu hebat perjuangan Kartini untuk memperjuangkan emansipasi perempuan agar dapat mengembangkan potensi diri yang di miliki dengan sebaik – baiknya di berbagai bidang, namun saat ini emansiapasi itu belum terwujud karena masih adanya kesenjangan dan ketimpangan antara laki – laki dan perempuan.

Oleh sebab itu, di moment hari Kartini, Perempuan nomor satu di Kabupaten Sabu Raijua ini menghimbau kepada kaum perempuan di Raijua agar tidak merasa rendah diri, kembangkan potensi yang di miliki, bersama memajukan Sabu Raijua di berbagai prestasi sehingga bisa menjadi kebanggaan pemerintah Sabu Raijua dan keluarga sekaligus dapat berperan aktif untuk memajukan masyarakat kita.

Sebagai Ketua TP PKK Sabu Raijua, dirinya senantiasa mendukung program pemerintah dengan membina dan mengembangkan potensi kaum perempuam di Sabu Raijua melalui pelatihan – pelatihan berteknologi untuk membuat berbagai kreasi dari bahan dasar yang ada di daerah Raijua menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis, seperti air Pohon Nira yang dapat di olah menjadi Gula semut dan lainnya.

Di Momentum hari Kartini ini, Ketua TP PKK juga menghimbau kepada seluruh kaum perempuan di NTT, terkhususnya di Kabupaten Sabu Raijua untuk meneruskan perjuangan R.A Kartini melalui potensi diri yang di miliki agar bersama membangun Sabu Raijua menjadi lebih baik untuk diri dan secara luas bagi kemajuan NTT. ( CP).

Komentar