Petronela Roni Raya,S.Pd : Saatnya Perempuan NTT Bangkit dan Menjadi Perempuan Berkualitas

Ket Foto : Petronela Roni Raya,S.Pd, Guru SMPN 5 Kupang

NTT, MIM.com – 
Perempuan Indonesia, tidak terkecuali perempuan NTT memiliki peran yang luar biasa dalam memberikan perubahan besar dalam kehidupan setiap orang maupun dalam.berbagai aspek.
Sering peran perempuan di identik dengan dapur, namun sebenarnya Peran perempuan jadi kunci kehidupan keluarga Indonesia secara umum.

Hal tersebut terungkap dari salah satu perempuan tangguh asal Adonara, Petronela Roni Raya,S.Pd, yang merupakan seorang guru di SMPN 5 Kupang.

Nela sapaan keseharianya, saat ditemui Media Ini di ruang kerjanya,Senin(7/3/2022)mengatakan bahwa saat ini perempuan sangat berperan aktif dan luarbiasa diberbagai bidang yang tidak kalah penting dengan kaum laki – laki, semangat kaum perempuan dalam pembangunan sudah tidak perlu di ragukan lagi. Hal itu bisa di lihat dari perkembangan anak- anak perempuan di sekolah misalnya lebih aktif dan kreatif dari anak laki – laki.

“Saya melihat peran perempuan di era ini sudah sangat luarbiasa, dapat di contohkan dari generasi muda saat ini, dimana misalnya di sekolah, anak – perempuan lebih aktif dari anak laki – laki dan ini suatu pembuktian bahwa perempuan sudah ada perubahan dalam pola hidup,” ungkap Nela Raya.

BAGAIMANA PERAN SEBAGAI ISTRI DAN IBU

Dari sisi keluarga, Istri dari Yohanes Sason Helan menyampaikan
Sebagai seorang ibu dan istri, dirinya sebagai selalu berperan sebagai manajer keluarga yang memastikan seluruh anggota keluarganya dalam keadaan yang baik dan sehat,
termasuk di masa pandemi Covid-19. Peran perempuan dan Ibu sangat penting.

“Dalam soal menjaga kesehatan, disituasi covid – 19, saya selalu menerapkan pola hidup sehat bagi keluarga saya dan ketika dimana saja selalu menjaga kesehatan dengan mengikuti prokes paling utama menjaga pola makan yang sehat, sehat tidak perlu mahal namun sederhana dan sehat, itu yang selalu saya ajarkan dan terapkan di keluarga saya,” ujar ibu Nela.

Dirinya juga mengakui bahwa sebagai istri dalam menjaga keharmonisan keluarga, Nela selalu menerapkan rasa kepercayaan karena di akui, dalam mendampingi suami yang dengan kesibukan dalam menjalankan tugasnya di bidang koperasi yang cukup menyita waktu, namun karena adanya faktor saling percaya maka perempuan tangguh ini tidak pernah mengeluh, terus menjaga, membangun pola hidup yang harmoni dan bahagia.

Ibu dari ketiga putra dan putri ini menambahkan dan mengakui
bahwa sesungguhnya kualitas sebuah keluarga banyak ditentukan oleh kualitas perempuan atau ibu.

Perempuan memiliki peran strategis dalam aspek pembangunan. Hal ini karena perempuan bisa mengaktualisasikan dirinya dalam banyak hal sesuai dengan program prioritas, seperti bidang pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

Perempuan yang merupakan guru yang mengajarkan bidang study seni budaya ini dalam mengajar anak – anak di sekolah sangat berperan penting dalam pembangunan khususnya di bidang pendidikan. Dirinya selalu mengajarkan kepada para siswa untuk selalu mencintai budaya NTT ,dengan mencintai tenun NTT agar lebih dikenal masyarakat luas dan terus membudayakan kesenian bagi generasi muda agar seni budaya di NTT tidak tergerus oleh perkembangan zaman.

Selain itu, dalam menjalani kehidupan agar senantiasa indah, sehat, sejahtera harmonis, perempuan Lulusan Unika Mandiri ini mempunyai tips yang sederhana namun bermakna yakni jalani hidup dengan enjoi, selalu jalani hidup dengan penuh sukacita, tulus, bersahabat dengan banyak orang dan selalu bersyukur.

Oleh sebab itu diperingatan hari perempuan Internasional 8 maret 2022 ini, Petronela Roni Raya, mengajak dan berpesan kepada kaum perempuan di NTT agar jadilah perempuan berkualitas, bisa menjadi berkat bagi orang, itu kunci keberhasilan dan kesuksesan. ( CP).

Komentar