Perkuat PATBM di Kabupaten Kupang, Save The Children Gandeng P2KBP3A, PMD, Bp4d, Bagian Tata Pemerintahan Gelar Workshop Bersama Pengurus PATBM

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Kedudukan PATBM mestinya dipandang strategis oleh karena PATBM merupakan salah satu dari indikator kabupaten layak anak yakni indikator pertama kelembagaan.
Ini artinya KLA tidak akan terwujud tanpa ada PATBM yang diperkuat.

Hal ini disampaikan oleh Benny Oktovianus Giri melalui Kegiatan Workshop Penguatan Peran dan fungsi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).
Disampaikan Benny, Sejalan dengan target kementerian PPPA tahun 2024 Indonesia harus memiliki 70.000 PATBM dan saat ini baru 1.950 yang diperkuat .

“Pemerintah Provinsi dari kabupaten maupun desa diharapkan dapat menjabarkan program Kementerian ini dengan terus membentuk dan memperkuat PATBM di desa,”jelas Benny Giri.

Menyadari akan pentingnya PATBM sebagai pilar perlindungan anak di desa, maka Save the children bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Kupang melalui dinas P2KBP3A, dinas PMD, Bp4d dan Bangian Tata pemerintahan melakukan workshop bersama pengurus PATBM untuk memperkuat peran dan fungsi serta memastikan program PATBM terintegrasi di dalam perencanaan penganggaran dinas dan desa.

Tujuan kegiatan workShop adalah dapat menyamakan persepsi tentang upaya perlindungan anak di Kabupaten Kupang, memberikan pemahaman tentang peran dan fungsi PATBM membangun komitmen bersama tentang pendanaan bagi program kegiatan perlindungan anak sekaligus menyepakati rencana kerja selanjutnya.

Benny berharap peserta memiliki kesamaan persepsi tentang upaya perlindungan anak di Kabupaten Kupang, juga memahami peran dan fungsinya sebagai pilar perlindungan anak di desa, dan dapat punya komitmen bersama bagi program dan kegiatan perlindungan anak .

Workshop Penguatan Peran dan fungsi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) diseluruh wilayah Desa di Kabupaten Kupang, Kamis 2 Desember 2021, berlamgsung di Hotel Neo By Aston, yang ada di Jalan Piet A Tallo Kota Kupang NTT, (2/12/2021)

Kegiatan ini melibatkan, BP4D Kabupaten Kupang, Dinas P2KBP3A Kabupaten Kupang, Dinas PMD Kabupaten Kupang, Bagian Tata Pem Kabupaten Kupang dan diikuti oleh seluruh kepala desa dan camat yang merupakan mitra save the children yang tersebar di wilayah Kabupaten Kupang.

Ket foto : Kepala desa Tablolong, Zeth Nggadas

Kepala desa Tablolong, Zeth Nggadas, kepada media ini usai kegiatan Workshop mengatakan, saat mengenal PATBM, selaku kades desa tablolong belum mengetahui secara menyeluruh tentang apa dan program dari PATBM. namun seiring berjalannya waktu, desa Tablolong akhirnya memahami pentingnya perlindungan terhadap anak maka dari itu, desa Tablolong akan memasukan anggaran untuk program PATBM.

“Kami ketika mengetahui pentingnya Perlindungan bagi anak, maka kami akan menggalokasikan anggaran untuk program PATBM. namun sejak adanya pandemi covid dari tahun 2020 hingga tahun 2021 masih melanda, anggaran dana desa di pangkas, sehingga kami belum menggangarkan. Namun kami berharap semoga tahun 2022 tidak di pangkas lagi agar anggaran dapat kami alokasikan pada program PATBM juga ” ungkap Zeth Nggadas.

Terkait Dana Desa bagi Desa Tablolong, Zeth Nggadas mengungkapkan, sekitar 7880 jutaan. dan di anggarkan untuk BLT. Nakes dan tunjangan kader, guru Paud dan KPM. sedangkan untuk pemberdayaan ekonomi sementara belum di alokasikan.

Zeth juga menyampaikan Desa Tablolong mendapatkan penghargaan dari pemerintah Provinsi sebagai Desa yang di Prioritaskan untuk mendapatkan KBM, hal in menjadi kebanggaan bagi desa Tablolong. ( CP )

Komentar