Momentum Hari Guru Sedunia, Wabup Rote Ndao Himbau Para Guru, Utamakan Literasi Bagi Anak Didik

Ket Foto : Stefanus Saek, SE, M.Si, Wabup Rote Ndao

Kupang, media Indonesia menyapa.com –
Hari Guru Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober sejak tahun 1994. Tujuan diperingatinya hari ini yaitu untuk memberikan dukungan kepada para guru di seluruh dunia dan meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi pada masa depan ditentukan oleh guru.

Selain itu
tujuan penetapan Hari Guru Sedunia
yakni untuk memberikan
dukungan pada guru yang ada di seluruh dunia untuk
membentuk generasi yang lebih
berkualitas.

Seperti yang di lansir UNESCO, Hari Guru Sedunia mewakili sebuah kepedulian, pemahaman, dan apresiasi yang ditampilkan demi peran vital guru, yaitu mengajarkan ilmu  dan membangun generasi.

Sesuai dengan tema Hari Guru Sedunia 2021 adalah ‘Teachers at the heart of education recovery”‘ Tahun ini, Hari Guru Sedunia akan berfokus pada dukungan yang dibutuhkan para guru

Terkait tema hari guru sedunia, Stefanus Saek, SE,M.Si, Wakil Bupati Rote Ndao ketika di hubungi media Indonesia menyapa Melalui telepon seluler, Senin(5/10/2021) angkat bicara, Stefanus mengatakan bahwa guru merupakan peletak landasan bagi anak bangsa, dimana peran guru sangat lah penting untuk membentuk sumber daya manusia, akhlak dan Budi pekerti kepada anak bangsa sehingga dukungan kepada guru harus diperhatikan dan utamakan.

Wakil Bupati Rote Ndao menuturkan bahwa dirinya juga lahir dari Bapak yang berprofesi sebagai guru, oleh sebab itu, Dirinya sangat menghargai para guru dan selalu mendukung guru untuk tetap berkiprah dan tentu menyampaikan misi untuk mencerdaskan anak bangsa.

” Saya sangat menghargai jasa para guru karena peran seorang guru sangat lah besar dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa. Saya juga lahir dari seorang bapak yang adalah seorang guru, oleh sebab itulah saya sangat tahu bagaimana cara seorang guru dalam upaya nya membentuk anak- menjadi generasi yang cerdas,” ungkap Stefanus Saek.

Di sampaikan Stefanus, Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Dedikasi yang tinggi telah di berikan oleh guru bagi anak bangsa, oleh sebab itu pemerintah sekarang memberikan perhatian dan dukungan kepada para guru dan juga guru honorer secara bertahap dalam hal pendapatan.

Wakil Bupati Rote Ndao mengungkapkan bagaimana peran guru dalam pendidikan anak hingga menjadi sukses, Dirinya menyampaikan bahwa banyak kenangan tentang peran guru yang tidak akan pernah di lupakan oleh nya. Dikatakan Stefanus bahwa ada kata bijak ” diujung rotan ada emas” hal tersebut yang membuat Stefanus tidak akan pernah melupakan didikan yang keras diterima namun hasilnya kini terwujud dan telah di nikmati.

Di momentum hari guru sedunia ini, Stefanus Saek, Wabup Rote Ndao berharap kepada para guru , agar dalam sistem pembelajaran, guru harus lebih mengedepankan literasi kepada anak-anak dan Di era modern ini, para guru harus terus menanamkan mental, karakter dan kepribadian yang baik dan akhlak yang baik bagi anak-anak.

Stefanus Saek juga berpesan kepada para guru agar selalu mempertahankan eksistensi nya sebagai guru dan mengedepankan kualitas pendidikan yang lebih baik. ( CP ).

Komentar