Forum Silahturahmi Keluarga Labissa ( Kelamba) Laksanakan Idul Qurban Dengan Sederhana Namun Penuh Makna Kebersamaan

Ket Foto : Forum Silahturahmi Keluarga Labissa ( Kelamba) saat melakukan pemotongan daging qurban 

Kupang, media indonesia menyapa.com –
Pada Hari Raya Idul Adha, umat muslim melaksanakan Salat id. Setelah itu dilakukan Penyembelihan hewan qurban .Daging hewan qurban yang telah disembelih kemudian dibagikan kepada mereka yang berqurban, saudara, tetangga juga fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan.

Di hari raya idul Adha juga ada banyak makna serta hikmah yang dapat diambil apalagi disituasi pandemi covid-19 yang sedang melanda.

Walau di situasi Pandemi covid -19 tidak menyurutkan umat Muslim untuk tetap merayakan idul Adha 1442 H. Seperti biasanya di lakukan qurban hewan seperti sapi dan kambing.

Seperti hal nya tahun ini kembali Forum Kelamba merayakan idul Adha 1442 H. Dan perayaan idul Adha tahun ini merupakan tahun ke -4 bagi Forum Silahturahmi Keluarga Labissa Kampung Baru (Kelamba) merayakan idul adha 1442 H.

Ket Foto : Ketua Forum Kelamba NTT, Muhammad Basri

Muhamad Basri, ketua Forum Kelamba NTT, kepada media ini ketika ditemui saat di lakukan pemotongan hewan Qurban di penfui Timur, selasa(20/07/2021) bahwa tahun ini di perayaan idul Adha1442 H. Forum Kalamba tetap melaksanakan qurban. Memang tidak di lakukan secara besar – besaran seperti tahun – tahun sebelumnya, namun makna dari idul Adha bagi mereka untuk bisa berbagi di idul adha ini yang bisa di rasakan. Ada kebersamaan berbagi .

Basri juga memaknai Idul Adha sebagai suatu cara untuk berbagi, walau ada pembatasan dari pemerintah karena adanya pandemi covid -19. Namun idul qurban adalah suatu kewajiban umat muslim maka kegiatan qurban di hari raya idul Adha tetap di laksanakan.

” Idul qurban merupakan suatu kewajiban dari umat muslim, sehingga walau pandemi covid -19, kami tetap melaksanakan, walau ada pembatasan sesuai anjuran pemerintah. kami berharap pandemi covid -19 cepat berlalu sehingga aktifitas kembali normal seperti biasanya,” imbuh Muhamad Basri.

Disadari tahun ini dalam pelaksanan idul Adha tidak seperti tahun lalu karena adanya pandemi. Kegiatan pemotongan hewan qurban di batasi dengan tujuan tidak ada kerumunan.

“Tahun ini kami dari forum Kalamba hanya menyembelih 3 ekor sapi yang nantinya di targetkan bisa mencapai 300-an lebih kantong dan akan di berikan kepada orang – orang yang berqurban dulu setelah itu baru di salurkan ke saudara – saudara yang membutuhkan, ” kata Muhamad Basri.

Dikesempatan yang sama, wakil panitia qurban yang juga merupakan penasehat forum Kelamba, Ambo, juga menyampaikan dari qurban sembelihan yang telah di lakukan akan.disalurkan ke anggota Forum Kelamba juga masyarakat yang membutuhkan namun lebih diutamakan yang sudah di vaksin dengan sistem door to door agar meminimalisir terjadinya kerumunan.

Hewan qurban yang di sembelih berasal dari interen anggota forum Kelamba yang berdonasi secara bersama.

Ambo juga memaknai hari raya idul Adha sebagai momentum untuk berbagi kepada saudara – saudara umat muslim maupun non muslim.

Pantauan media ini, dalam pelaksanaan pemotongan hewan qurban di lakukan secara prokes. ( CP ).

Komentar