KSP Harmoni Jaya Tetap Eksis Walau Pandemi Covid -19 Melanda

Ket Foto : Manager KSP Harmoni Jaya, Drs. Ardona

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Hari Koperasi Nasional yang selalu di peringati setiap tahunnya pada tanggal 12 Juli mempunyai Spirit sistem gotong royong dan dianggap juga sebagai Suku Guru Ekonomi Rakyat. Oleh sebab itu kini koperasi menjadi jiwa yang selaras dengan masyarakat Indonesia.

Koperasi saat ini berdampingan dengan lembaga keuangan lainnya seperti perbankan dan BUMN sehingga pemerintah menjadi penggerak dasar pertumbuhan ekonomi kerakyatan dan ikut memutar roda perekonomian bangsa.

Di NTT mungkin sedikit orang yang ingat akan Hari Koperasi karena berbagai alasan. Tapi harus diakui roda ekonomi masyarakat banyak tumbuh karena adanya kontribusi Koperasi.

Manager KSP Harmoni Jaya, Drs.Ardona kepada media ini ketika ditemui di ruang kerjanya Senin (12/7/2021) mengatakan, manfaat koperasi bagi masyarakat khususnya pelaku ekonomi yakni UKM sangatlah besar. Bagaimana tidak, walau disituasi Pandemi Covid -19 yang melanda di NTT namun para pelaku usaha kecil menengah yang tergabung sebagai anggota di KSP Harmoni sangat bersyukur, hal ini dikarenakan sangat membantu usaha mereka.

“Rata – rata anggota dari KSP Harmoni adalah para pelaku ekonomi yang produktif. Ada pedagang kaki Lima yang sangat produktif sehingga kami tidak mengalami kemerosotan ekonomi malah pertumbuhan koperasi semakin bagus dan pertambahan anggota KSP Harmoni juga signifikan walau Pandemi Covid sedang melanda di NTT dan khususnya Kota Kupang,” ungkap Manager Harmoni Jaya.

Disampaikan bahwa pelaku usaha mikro dan ultra mikro yang meminjam di KSP Harmoni di berikan kemudahan dengan tidak ada potongan tapi menerima modal usaha utuh.hal tersebut membuat para pelaku UKM menjadi semangat menjadi anggota KSP Harmoni.

Untuk diketahui Koperasi Harmoni Jaya didirikan pada tahun 2000 dengan nama koperasi serba usaha, kemudian pada tahun 2018 badan hukumnya berubah menjadi KSP dengan beberapa jenis produk yang sangat bagus antara lain, produk pinjaman mikro, ultra mikro, pinjaman umum dan pinjaman kendaraan yang di tujukan kepada karyawan.

Menurut Ardona, walau saat ini menjamurnya koperasi di NTT namun KSP Harmoni Jaya tidak khawatir karena mereka mempunyai strategi pemasaran yang tepat untuk membantu para anggota dalam pengembangan usahanya.

KSP Harmoni Jaya sendiri sudah mengepakkan sayapnya ke luar kota Kupang yakni ke Kabupaten Alor Kalabahi dan rencana nya akan di kembangkan di Flores, Ngada dan Ende .

KSP Harmoni Jaya yang beranggotakan mencapai 1765 orang dan jumlah aset 12 Miliar tersebut selain mempunyai produk yang bagus bagi para UMK dan anggota dan ada juga produk tabungan wajib senilai 250 ribu dari anggota dan semua simpanan anggota di asuransikan sehingga ketika ada kedukaan maka ada dana duka yang diberikan, dana kesehatan apabila sakit ada asuransi.

Berkenan dengan hari koperasi Nasional 12 Juli 2021 , Manager Harmoni Jaya berharap kedepannya pemerintah dapat memperhatikan koperasi terutama pada pemberdayaan ekonomi masyarakat lewat bantuan pinjaman usaha produktif karena disituasi Pandemi Covid 19 ini usaha mikro yang cukup produktif.

Kepada para Anggota, Ardona menghimbau agar senantiasa tingkatan usaha produktif, terus maju dan dapat sukses walaupun di situasi covid-19 ini. ( CP ).

Komentar