Luncurkan E-Commerce, Dekranasda Dukung UMKM Terus Maju Berkembang

Kupang,media indonesia menyapa.com -Untuk membantu pelaku UMKM di NTT, Dewan Kerajinan Nasional Nusa Tenggara Timur (Dekranasda NTT) meluncurkan Aplikasi E-Commerce Dekranasda NTT sebagai aplikasi transaksi elektroniknya.

Aplikasi E-Commerce yang di luncurkan Dekranasda NTT bertujuan untuk menjangkau banyak konsumen binaan Dekranasda NTT dapat dengan mudah memasarkan produknya secara gratis.dan produk Aplikasi ini merupakan produk bisnis ketiga yang diluncurkan sejak Ny. Julie Sutrisno Laiskodat memimpin Dekranasda NTT.

Soft Launcing aplikasi ini digelar pada Kamis (17/6/2021), di gedung Dekranasda NTT, Kota Kupang, dan diikuti secara virtual oleh berbagai UMKM di seluruh NTT yang menjadi binaan Dekranasda NTT.

Soft Opening ini juga bertepatan juga dengan Hari Ulang Tahun Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrisno Laiskodat. Selain UMKM, para mitra yang akan bekerjasama yakni lembaga perbankan dan perusahan ekspedisi juga ikut hadir.
Selain itu dihadiri pula oleh Kepala Dinas Perindag Provinsi NTT, Nasir Abdulah, jajaran pengurus Dekranasda NTT, serta 25 wartawan dari berbagai media cetak, elektronik dan online.

Aplikasi E-Commerce ini merupakan yang ketiga diluncurkan Dekranasda NTT. Tahun 2019 diluncurkan Toko Dekranasda dan tahun 2020 di luncurkan Bacarita Café yang ada di Labuan Bajo. Kehadiran Aplikasi E-Commerce Dekranasda NTT ini sangat tempat sebagai aplikasi transaksi dimasa pandemic Covid-19.

Ket Foto : Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrisno Laiskodat

Julie menjelaskan, sepanjang ini, Dekranasda NTT terus mencari dan menggali berbagai UMKM yang ada di kabupaten/kota se-NTT, guna dibantu berbagai hal yang diperlukan dari hulu ke hilirnya.

“Semangat UMKM sangat tinggi, namun masih punya kekurangan baik itu modal, ilmu pengetahuan serta pemasaran. Nah, di sini kami bantu. Sekaligus menaikan standarnya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindag Provinsi NTT, Nasir Abdulah,mengucapkan selamat kepada Dekranasda NTT atas peluncuran Aplikasi E-Commerce Dekranasda NTT.

Dinas Perindag Provinsi NTT siap bekerjasama dan mendukung terus upaya Dekranasda NTT dalam membangun usaha mikro, keciil dan menengah (UMKM) sebagai potensi lokal yang harus tumbuh dan berkembang.

Beny Leonard selaku pengelola Aplikasi E-Commerce Dekranasda NTT menjelaskan, konsep e-commerce yang dimiliki Dekranasda NTT berbeda dengan konsep penjualan usaha bisnis lainnya.

“Kalau konsep pengusaha lainnya menggunakan system titip, Aplikasi E-Commerce Dekranasda NTT justru mengusung konsep usaha jual beli dengan system bayar cash atau beli putus”, jelas Beny.

Dengan konsep ini, kata Benny, Dekranasda NTT memberi jaminan bagi UMKM dalam penjualan produk usaha lokal. Sehingga tidak merugikan UMKM dan member kenyamanan bagi UMKM dalam berusaha.

Apalagi tidak ada persaingan usaha karena produk lokal yang dihasilkan UMKM memiliki pangsa pasar tersendiri

Dijelaskan, untuk menggunakan aplikasi E-Commerce Dekranasda NTT sangatlah mudah, cukup didownload di google playstore. Kemudian silahkan memilih dan memesan produk sesuai kebutuhan atau selera masyarakat.

“Untuk pembayaran bisa menggunakan Link Aja dan lewat bank apa saja. Kami juga bekerja sama dengan semua perusahan ekspedisi,” jelas dia. ( CP ).

Komentar