UPTD Taman Budaya Gelar Workshop Bagi Tenaga Teknis Guna Tingkatkan Mutu Karya Seni Di NTT

Ket Foto :Drs.Sofyan Kurniawan,Kepala UPTD Taman Budaya NTT

Kupang, media Indonesia menyapa.com –
UPTD Taman Budaya Provinsi NTT menggelar Workshop tenaga teknis terkait kreativitas Tari, musik, lukis dan teater dengan tema proses kreatif seni di era New normal dan sub tema cerita dibalik tenun Nusa Tenggara Timur yang berlangsung di aula UPTD Taman Budaya pada Rabu(19/5).

Workshop bagi tenaga teknis menghadirkan narasumber dari bidang tari, teater, musik dan lukis yakni Dr.Koes Yuliadi M.Hum, Drs. Anusapati ,MFA, dan Ony Krisnerwinto.

Kepala UPTD Taman Budaya, Sofyan Kurniawan saat membacakan sambutan tertulis kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi NTT mengatakan,
mutu tenaga teknis masih tergolong membutuhkan pembinaan  untuk peningkatan kualitas pengetahuan. Terutama dalam pengelolaan produk karya penyajian pertunjukan  baik materi karya, kostum, serta pendukung lainnya dalam artistik penampilan.

“Banyak karya-karya yang dihasilkan seniman NTT namun baru bisa menjangkau di pentas nasional. Belum semua karya go internasional sehingga perlu dilakukan upaya-upaya peningkatan kualitas mutu, baik seni tari, lukis dan theater,”jelas Sofyan.

Disampaikan pula, untuk meningkatkan kualitas di bidang seni pertunjukkan dan karya-karya seni yang dihasilkan, perlu peningkatan pengetahuan dan penampilan dari tenaga teknis, para pelaku seni bahkan pecinta seni.

“Kegiatan semacam ini yang ada di sekolah-sekolah dan masyarakat pelaku seni, sangat membutuhkan peningkatan dan pengembangan kualitas dalam memberikan karya yang dihasilkan” ujar Sofyan saat membacakan sambutan kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT.

Menurut Linus Lusi, karya-karya seniman di NTT cukup banyak dan beragam, bahkan sudah merambah ke tingkat nasional namun belum banyak dipasarkan ke luar negeri.
Oleh sebab itu diharapkan dari workshop ini bisa meningkatkan dan merubah khususnya dalam sajian seni NTT baik tingkat regional maupun nasional.

Dengan demikian, NTT lebih kompleks dan beragam, diharapkan kedepan NTT tidak hanya terkenal di daerah sendiri, namun gaungnya bisa sampai ke tingkat nasional bahkan sampai mendunia.

Kepala UPTD Taman Budaya NTT, Sofian Kurniawan juga berpesan pada peserta kegiatan ini, agar dapat memberi daya kreatif dan mampu menciptakan karya-karya baru dan berinovasi dan mampu berbicara ditingkat yang lebih jauh.

Dikatakan Sofyan, melalui Workshop tenaga teknis iyang di gelar ini, diharapkan para peserta dapat menimba ilmu dari para narasumber dari luar NTT yang profesional di bidangnya masing-masing. ( CP ).

Komentar