Ribka Rolentiana Kekado: ” Perempuan Tidak Boleh Terus di Zona Nyaman Namun Teruslah Berkarya Tingkatan Profesionalitas dan Pengetahuan

Ket Foto : Ribka Rolentiana Kekado, S.Pd,M.Si, Ketua PGRI Kabupaten Kupang, Pengawas Sekolah dan Koordinator Pengawas

Kupang, media Indonesia menyapa.com – Raden Ajeng Kartini senantiasa menjadi sumber inspirasi bagi kaum perempuan Indonesia dimanapun, tidak terkecuali di Kabupaten Kupang. Perjuangan Kartini menjadi spirit bagi siapapun terutama kartini masa kini untuk menghadapi beragam situasi.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Ketua PGRI Kabupaten Kupang, Ribka Rolentiana Kekado. S.pd.M.Si saat di temui media Indonesia menyapa di on the rock hotel Selasa( 20/04/2021).

Menurut Ribka Kekado, Raden Ajeng Kartini pada zaman dahulu telah memperjuangkan emansipasi wanita, dimana masa itu kaum perempuan tidak bisa berbuat apa-apa dalam artian ruang geraknya masih di batasi.oleh sebab itu di zaman modern ini perjuangan Kartini sudah dirasakan oleh setiap kaum perempuan.
Hal itu dapat dilihat bagaimana peran perempuan di berbagai bidang.

Pengawas sekolah sekaligus koordinator pengawas di kabupaten Kupang ini juga menyampaikan bahwa kaum perempuan janganlah merasa lemah namun harus menunjukan bahwa perempuan punya potensi diri yang tidak kalah pentingnya dengan kami laki – laki. bukan zamannya kaum perempuan terus menerus mengandalkan kaum laki-laki, namun harus menunjukan bahwa perempuan juga bisa .

“Sebagaimana Kartini teladankan, bagi kita kaum perempuan sudah tidak zamannya untuk berpangku tangan dan hanya mengandalkan kaum laki-laki saja dalam menghadapi berbagai aspek. Perempuan harus berperan di berbagai bidang dengan kapasitas yang kita miliki,” ujar Ribka sapaan karibnya.

Istri dari Festianus Naisanu ini juga menyampaikan kalau kaum perempuan di zaman milenial ini harus bisa berperan ganda. Sebagaimana perjuangan Raden Ajeng Kartini, maka Kartini masa kini sudah bisa tampil namun tidak melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan.

Menurut Perempuan kelahiran tahun 1965 ini bahwa Karttini masa kini punya potensi yang sangat besar sehingga diharapkan dapat di mamfaatkan dengan baik potensi yang dimiliki.
” Kalau zaman dahulu R.A Kartini telah berjuang untuk mengangkat emansipasi perempuan maka sekarang kita harus berjuang untuk menjadi seorang perempuan yang mandiri dan sukses. Kita jangan merasa diri lemah, kita berjuang jangan menggunakan fisik namun berjuang mengunakan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki dan juga tingkatkan SDM kita, ” ucap ibu dari empat anak ini.

Emansipasi yang menjadi spirit perjuangan Kartini oleh sebab itu, kita kaum perempuan harus berjuang dan melakukan sesuatu dengan rasa karena rasa itu merupakan kodrat kita sebagai seorang perempuan, imbuh Ribka Kekado. peran perempuan harus diwujudkan secara aktif. Oleh sebab itu Perempuan harus bisa mengambil peran di tengah masyarakat.

Ribka mencontohkan dirinya yang sekarang menjabat sebagai koordinator pengawas di Kabupaten Kupang, ketika dirinya menjalankan tugasnya dan hanya mengunakan aturan yang berlaku maka bisa saja ada pihak – pihak yang mau terima dan ada yang tidak bisa menerima, oleh sebab itu dirinya selalu bekerja dengan menggunakan rasa, mengunakan hati karena diakuinya bahwa perempuan memang sesuai kodratnya selalu mengunakan hati dan rasa dalam bersikap dan bertindak namun jangan lupa harus disertai dengan pengetahuan.

Untuk diketahui Ribka Kekado telah berkecimpung di bidang pendidikan sejak tahun 1984 hingga sekarang dan Ia tetap berada dan di percayakan di bidang pendidikan sebagai koordinator pengawas sekolah di Kabupaten Kupang.dan dirinya menyampaikan bahwa dirinya telah 30an tahun berkecimpung di bidang pendidikan sehingga tanggung jawab yang di emban akan dilakukan dengan profesional.

PEREMPUAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Berbicara peran perempuan dalam pendidikan, Ribka Kekado, koordinator Pengawas yang sudah mendapatkan predikat Pengawas Profesional ini mengatakan, sekarang ini peluang Perempuan memperoleh pendidikan sudah banyak. Oleh sebab itulah kaum perempuan harus berpendidikan agar dapat mengatur segala sesuatu dalam aspek hidup nya.

“Maka, tidak salah jika Kartini ini memperjuangkan hak-hak pendidikan bagi kaum perempuan. Karena kita semua tahu, jika perempuan terdidik dengan baik, maka keluarga akan terbangun dengan baik pula. Jika keluarga terbangun baik, masyarakat akan menjadi baik pula,” kata Ribka.

Dengan Motto “jangan pernah mengeluh walau seberat apapun masalah yang kita hadapi” Ribka Kekado menghimbau kepada kaum perempuan atau Kartini masa kini khususnya kaum perempuan di kabupaten Kupang, agar jangan terus berada di zona nyaman, namun bisa tampil menjadi pribadi yang mandiri. Teruslah berkarya dengan tingkatan profesionalitas dan pengetahuan. ( CP ).

Komentar