Dukung Tumbuh Kembang Anak, SMPN 1 Kupang Optimalkan Pembelajaran Secara Daring

Kupang, Media Indonesia menyapa. Com- Anak – anak merupakan aset kemajuan bangsa dan generasi penerus bangsa

Sesuai Tema HAN 2020 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”
Tema Hari Anak Nasional tahun ini berbeda setiap tahunnya, hal tersebut dikarenakan adanya pandemi covid-19 yang belum usai.

Dari tahun ke tahun tentunya ada banyak sekali kegiatan seru dan menarik yang diselenggarakan untuk memperingatinya dan menyambut Hari Anak Nasional tersebut , namun di tahun 2020 ini, SMP Negeri 1 Kupang memperingatinya dan memaknainya dengan memberikan pelayanan secara optimal dengan pembelajaran secara daring dan terus memperhatikan petkembangan anak – anak melalui bakat masing-masing agar berkembang optimal apalagi disituasi pandemi covid-19.

Kepala SMPN 1 Kota Kupang, Margarice Ratu,S.Pd. saat di temui media ini pada selasa(14/7/2020)menyampaikan bahwa, dirinya sangat prihatin disituasi pandemi Covid -19 ini, anak-anak tidak dapat belajar dengan optimal, apalagi masih banyak siswa yang belum mempunyai handphone android untuk mengakses tugas belajar yang diberikan oleh guru.

“saya kalau disuruh memilih maka saya lebih memilih sistem pembelajaran dengan tatap muka karena langsung bertemu para siswa dan mengenal karakter mereka. Sedangkan pembelajaran secara luring, kami tidak dapat mengenal wajah anak, namun apa daya, pandemi covid-19 masih melanda Indonesia dan NTT, sehingga apa yang menjadi keputusan pemerintah tetap kami patuhi demi kebaikan bersama, ” ucap Margarice Ratu.

SMPN 1 Kupang merupakan sekolah standar Nasional yang memiliki 1110 siswa dan 35 kelas, sehingga senantiasa mengutamakan kualitas belajar dan mengajar yang baik agar dapat menghasilkan anak-anak yang cerdas dan berprestasi. Sesuai Misi dari SMPN 1 Kupang yakni meningkatkan pembelajaran yang mengembangjan ilmu pengetahuan dan teknologi secara efektif, agar setiap siswa berkembang sesuai dengan potensi dirinya.

Menurut Kepala SMPN1 Kupang, Ada langkah yang dilakukan dalam proses belajar mengajar dan dapat membantu dan memudahkan para siswa ,yakni dengan mengumpulkan di satu titik supaya dapat memudahkan pembelajaran secara luring karena masih banyak siswa yang belum memiliki handphone android namun juga tetap mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Lebih lanjut Margarice Ratu mengatakan bahwa Peran guru dan orang tua bagi anak – anak dalam masa pandemi covid -19 ini sangat penting, hal tersebut untuk membantu tumbuh kembang anak karena untuk diketahui anak – anak punya bakat dan kreatifitas yang bagus, oleh sebab itu kembali ditekankan bahwa perlu adanya kerjasama yang baik antara orang tua dan guru untuk kemajuan anak-anak tersebut.

“anak-anak adalah generasi penting yang akan memajukan bangsa di masa depan, sehingga kami berharap peran serta orang tua siswa untuk bersama kami para guru dalam mendidik anak – anak, apalagi di pandemi Covid -19 ini, “harap Margarice Ratu.

Margarice Ratu, S.pd selaku kepala sekolah berharap dan berpesan kepada para siswa dalam menghadapi covid-19 ini kita jangan berkecil hati dan selalu optimis dan teruslah belajar untuk mengapai cita-cita, sehingga
Anak – anak dapat tumbuh menjadi generasi yang cerdas, berkualitas dan cinta Tanah Air. (CP).

Komentar