Kadis Kesehatan TTU,Thomas Laka :Terdata 4336 Pengunjung Pameran HUT TTU, Sehat

Kefamenanu,Media Indonesia menyapa.com- Pelaksanaan pameran pembangunan dan pasar rakyat memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kefamenanu, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur ke-98 berlangsung di Lapangan Oemanu, Kefamenanu berlangsung dengan aman dan lancar m

Pameran yang di gelar oleh pemerintah Kabupaten TTU tersebut yang awalnya di warnai dengan berbagai pro dan kontra dari berbagai pihak baik itu dari FKUB, Aliansi Mahasiswa bahkan dari pihak Kepolisian yang tidak memberikan ijin keramaian untuk pelaksanaan kegiatan pameran Expo dan pasar raya tersebut akhirnya berjalan dengan lancar dan sukses.

Kepala Dinas Kesehatan TTU, Thomas Laka ,S.Km mengatakan, Walau dalam situasi yang pro dan kontra Pemkab TTU tetap melaksanakan kegiatan pameran HUT TTU dengan jaminan diberlakukan protokol kesehatan yakni pada berbagai pintu masuk ke area pameran di sediakan tempat mencuci tangan, memakai masker, setelah itu dilakukan pemeriksaan suhu tubuh oleh dinas kesehatan kabupaten Timor Tengah Utara untuk mengetahui suhu dari para pengunjung dengan tujuan agar dipastikan masyarakat atau pengunjung dalam kondisi sehat.

Kepala dinas kesehatan kabupaten TTU, Thomas Laka,S.km ketika ditemui oleh media Indonesia menyapa dikantor Bupati TTU Rabu (23/08/2020) menjelaskan bahwa selama pelaksanaan kegiatan pameran Expo dalam rangka HUT TTU ke 98, di himbau kepada masyarakat agar benar-benar mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan agar tidak terjadi nya hal – hal yang yang tidak diinginkan.

Pemkab TTU dalam ini Dinas Kesehatan TTU memastikan semua pengunjung yang menikmati pesta rakyat dalam kondisi yang stabil dan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pemeriksaan suhu tubuh dan protokol kesehatan yang ketat dilakukan bagi setiap pengunjung dan juga tercatat secara umum dari hari pertama sampai hari terakhir penutupan Pameran HUT TTU ada 4336 pengunjung dengan rincian sebagai berikut hari pertama 844 pengunjung, hari kedua 302 pengunjung, hari ke tiga 146 orang, dan 449 pengunjung dan dalam kondisi sehat dan tidak ada yang terindikasi Covid-19.

” Kami dari pihak dinas kesehatan kabupaten TTU memastikan para pengunjung yang datang mengunjungi pameran HUT TTU dalam kondisi sehat
Hal tersebut kami buktikan dari pengukuran suhu tubuh rata- rata normal yakni 36 derajat dan kami mencatat sekitar 4336 pengunjung yang berkunjung pada kesempatan tersebut dalam kondisi sehat,” ungkap Kadis Kesehatan TTU.

Thomas Laka selaku kepala dinas kesehatan TTU kembali menegaskan bahwa, apabila dalam pemeriksaan suhu tubuh para pengunjung dalam kondisi yang tidak stabil maka pihak kesehatan akan langsung mengambil langkah cepat merujuk ke rumah sakit dan itu merupakan kesepakatan bersama untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Menurut Thomas Laka, Pada prinsipnya kegiatan pameran dalam rangka HUT Kota sari atau Kefamenanu berlangsung dengan lancar dan sukses. Panitia Bekerja dengan baik terkhusus nya seluruh jajaran yang terlibat dalam panitia, Pihak kesehatan dikerahkan baik itu dari dinas kesehatan TTU, Rumah sakit Leona, Rumah sakit Umum Kefamenanu, puskesmas terdekat yakni puskesmas kota, puskesmas Linmasi, puskesmas Mintene, puskesmas Bitefa dan puskesmas Tubloko yang ada di kota Kefamenanu.

“Jadi kami pastikan semua pengunjung dalam kondisi yang sehat tidak ada indikasi covid 19. karena penanganan bukan hanya di area pameran HUT saja namun sudah melalui pemeriksaan suhu tubuh terlebih dulu dari pintu masuk atau posko Oeprigi,” tegas Thomas Laka.

Harapan dari Kepala dinas kesehatan bagi masyarakat TTU dengan mengaris bawahi himbauan Bupati TTU , untuk masyarakat TTU dalam rangka pameran HUT TTU agar tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah disampaikan oleh pemerintah dengan tujuan agar dapat memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19. ( CP ).

Komentar