INKOPDIT Indonesia Gelar RAT TB 2021 dan Event Akbar di NTT, Ini Alasannya.

Ket Foto: Ketua Pengurus Inkopdit Jakarta, Joko Susilo dan Ketua Panitia RAT Inkopdit, Dominikus Wara Sabon, saat gelar jumpa pers di hotel kristal 

Kupang, Media Indonesia menyapa.com
Induk Koperasi Kredit (INKOPDIT) Indonesia menggelar RAT TB 2021 di kota Kupang yang akan berlangsung dari tanggal 22 s.d 25 Juli 2022. digelarnya RAT TB 2021 di Kupang karena adanya beberapa alasan mendasar yang membuat pengurus Inkopdit memutuskan untuk pelaksanaan nya bertempat di kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Ketua pengurus Inkopdit Indonesia, Joko Susilo kepada awak media pada saat jumpa pers, jumat (22)07/2022) Di hotel kristal Kupang mengatakan, alasan pelaksanaan RAT di kota Kupang karena Puskopdit di Timor berkembang pesat dan terbesar di NTT dengan memiliki lima Puskopdit.

Menurut Joko Susilo, pertumbuhan ekonomi di kota Kupang cukup bagus hal itu di buktikan dengan adanya lima Puskopdit yang kini tersebar di NTT. lima Puskopdit tersebut adalah Puskopdit Timor, Puskopdit Manggarai, Puskopdit Swadaya Utama, Puskopdit Flores mandiri, Puskopdit Sumba.

Alasan lain ditetapkan nya RAT TB 2021 di Kupang, Joko mengatakan, karena sejak tahun 2019 INKOPDIT Indonesia berkeinginan untuk menggelar kegiatan dimaksud di Kota Kupang namun karena Pandemi Covid -19 yang berkepanjangan maka pada tahun 2022 barulah terlaksana.

Selain itu juga alasan lain karena pertumbuhan ekonomi Puskopdit di Timor cukup besar berbeda dengan Provinsi lain di Indonesia baik dari pertumbuhan keanggotaan, gerakan berkoperasi, kebersamaan dan solidaritas yang tinggi. Hal tersebut membuat pemberdayaan ekonomi masyarakat berkembang pesat dan tentunya kerja keras seluruh management dan lembaga Puskopdit untuk pengembangan kemajuan anggota.

” Inkopdit Indonesia menggelar RAT TB 2021 di kota Kupang karena alasan yang jelas karena di NTT ada kekhasan dari seni budaya, terutama tenun ikat yang sangat indah dimana tidak ditemui di daerah lainnya dan pertumbuhan keanggotaan dari Puskopdit di Timor sangat besar,” ungkap Joko Susilo.

Dia mengatakan, selain melakukan RAT TB 2021, INKOPDIT akan menggelar rangkaian kegiatan budaya, pameran produk UMKM dari anggota Puskopdit yang akan berlangsung di halaman hotel kristal Kupang dan Subasuka paradise.

Terkait dengan RAT TB 2021 yang akan digelar spektakuler di kota Kupang, panitia Inkopdit kemudian mengusung tema “Penguatan Integrasi Nasional untuk optimalisasi pemberdayaan ekonomi Anggota,”

Sementara itu , Ketua Panitia RAT TB 2021, Dominikus Wara Sabon, menjelaskan, RAT akan dihadiri oleh 569 peserta dari seluruh Inkopdit di Indonesia dan NTT.

Sesuai roundown acara, Domi wara Sabon menjelaskan bahwa ada sejumlah rangkaian kegiatan budaya dan pameran produk UMKM yang akan meramaikan acara RAT tersebut dan pameran akan di gelar dari tanggal 23 Juli hingga 25 Juli 2022, dan terbuka untuk umum, siapa saja dipersilahkan untuk berkunjung dan menikmati sejumlah rangkaian acara tersebut.

Menurut Domi, Kegiatan yang digelar selama 5 hari mulai tanggal 22- 26 Juli itu tentunya akan membawa dampak ekonomi yang tidak sedikit bagi warga Kota Kupang terutama usaha jasa kuliner, akomodasi hotel restoran, usaha jasa transportasi lokal dan lain sebagainnya.

Wakil Ketua Inkopdit Dr.Dominikus Wara Sabon,M.Si sekaligus Wakil Ketua Panitia RAT Inkopdit XXIII menambahkan, kegiatan rencananya dibuka oleh Deputy Perkoperasian Kemenkop dan UKM RI Ahmad Zabadi dihadiri Ketua Inkopdit Jakarta Drs. Djoko Susilo, Kadis Koperasi dan Nakertrans Provinsi NTT Selvy Pekudjawang, para tokoh dan penggerak koperasi kredit atau Credit Union seluruh Indonesia.

Dan juga Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki dan oleh Vice President ICCU Asia dijadwalkan memberikan speech secara virtual dalam kegiatan ini.

Sementara gubernur NTT Viktor Laiskodat dan Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi rencananya baru bisa menghadiri dan bertatap muka dengan peserta kegiatan ini pada hari Senin sore karena masih berada diluar daerah.

Dijelaskan Domi, event temu kangen akbar itu sudah lama dinantikan sejak tahun 2020 saat HUT EMAS Inkopdit namun karena Pandemi COvid-19 maka semua rancangan kegiatan ditunda.

“Kita bersyukur akhirnya terjadi kegiatan ini. Ada 569 orang dari 34 provinsi di seluruh Indonesia menghadiri kegiatan yang dipusatkan di tiga lokasi yakni Aston Hotel, Swissbell M Hotel dan Krital Hotel Kupang, “ kata Dominikus

Adapun rangkaian kegiatan Loknas dan RAT Inkopdit XXIII kali ini yakni Seremonial Pembukaan pada Sabtu (23/7) pagi disusul Lokakarya Nasional atau open forum selama dua hari yakni Sabtu-Minggu.

Juga Pameran Produk UMKM unggulan  milik anggota Kopdit seluruh NTT di outdor Kristal hotel  selama 5 hari yang diikuti semua Puskopdit.

Lokakarya atau open forum hari pertama menghadirkan pemateri dari Inkopdit Jakarta juga Prof. Rainal Ghazali selaku penasehat Inkpopdit.

Hari Minggu ada Lokakarya Pewarisan Nilai menghadirkan para penggerak atau tokoh koperasi nasional Romanus Woga yang pernah menjadi Mantan Vice President ICCU Asia bersama mantan pengurus Inkopdit F.X. Siman dari Lampung serta materi dari Ketua Inkopdit Jakarta Drs. V.Djoko Susilo.

” Kami memberikan kesempatan bagi semua masyarakat di kota Kupang untuk hadir pada acara pameran produk UMKM yang akan berlangsung di halaman hotel kristal Kupang dan pagelaran seni budaya di subasuka paradise, hadirilah kegiatan spektakuler dan tentunya ada karya seni yang indah dan menarik akan ditampilkan,” pungkas Domi wara Sabon. ( CP).

Komentar