LLDIkti Wilayah XV NTT Berikan Penghargaan Award Kepada 10 PTS Terbaik di NTT

Ket Foto: LLDIkti Wilayah XV NTT saat Berikan Penghargaan Award Kepada 10 PTS Terbaik di NTT

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Dengan adanya berbagai prestasi dalam meningkatkan mutu pendidikan yang telah di lakukan oleh sejumlah perguruan tinggi swasta di NTT maka LLDIKTI wilayah XV memberikan penghargaan award kepada 10 Perguruan Tinggi di NTT dalam 12 Kategori.

Penyerahan penghargaan award di serahkan oleh kepala LLDIKTI wilayah XV Prof. Adrianus Amheka saat Rapat koordinasi Peningkatan mutu pendidikan perguruan tinggi di NTT oleh LLDIKTI wilayah XV yang berlangsung di Aston Kupang, Selasa(17/09/2024).

Pada kesempatan tersebut Kepala LLDIKTI wilayah XV NTT Prof. Adrianus Amheka dalam sambutannya mengatakan pentingnya inovasi dan kolaborasi di perguruan tinggi untuk menghadapi tantangan global dan perkembangan teknologi.

“Peningkatan kualitas pendidikan tinggi sangat penting, terutama dalam konteks era digital saat ini. Perguruan tinggi harus memperkuat kolaborasi dan inovasi untuk meningkatkan akreditasi serta mutu lulusan,” kata Prof. Adrianus.

Amheka juga mengatakan perlu adanya komitmen LLDIKTI untuk mendukung perguruan tinggi di NTT agar mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan – Riset dan Teknologi, Prof. Abdul Haris, MSC, secara virtual, menyampaikan pentingnya pengembangan program studi yang relevan dengan kondisi lokal di NTT, seperti maritim, pertanian, dan pariwisata. Menurutnya, relevansi program studi dengan kebutuhan lokal dan global akan mempengaruhi kualitas pendidikan.

Selain itu, Anggota DPRD RI, Abraham Paul Liyanto kepada media Indonesia menyapa mengatakan bahwa perlu adanya peningkatan kemampuan SDM di NTT, karena menurut nya SDM di NTT dalam hal kualitas masih rendah khusus nya di segi ketrampilan.

“Perlu adanya solusi untuk mengatasi permasalah ini , salah satunya dengan memanfaatkan potensi bonus demografi yang di miliki oleh Provinsi NTT,” ujar Paul Liyanto.

Abraham Liyanto juga mengatakan bahwa banyak perguruan tinggi yang berada di kota , sementara banyak juga lulusan Sarjana yang berasal dari desa yang jarang kembali untuk membangun desanya.

“Banyak lulusan sarjana yang asalnya dari desa namun mereka tidak kembali ke desanya untuk membangun desanya dan hal ini berpengaruh terhadap berbagai sektor,” ungkap Paul Liyanto.

Walaupun fakta nya seperti itu namun dirinya mengakui bahwa masih banyak masyarakat dan anak NTT yang cerdas dan memiliki kemampuan SDM yang berkualitas tinggi seperti Nono, siswa yang memiliki intelektual dan SDM yang tinggi namun perlu adanya perhatian dari pemerintah, oleh sebab itu saatnya perguruan tinggi harus berperan berkomitmen dan berkolaborasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di perguruan tinggi dengan melahirkan lulusan Sarjana yang memiliki kompetensi, keterampilan dan kemandirian.

Berikut 10 Perguruan Tinggi yang mendapatkan penghargaan award oleh LLDIKTI wilayah XV adalah

1. Universitas Katolik St. Paulus Ruteng mendapatkan penghargaan sebagai pengelola KIPK terbaik tahun akademik 2023/2024.

2. Universitas Flores dinobatkan sebagai pengelola MBKM Mandiri terbaik dan perguruan tinggi dengan jumlah kerja sama kemitraan terbanyak, dengan 238 laporan kerja sama pada tahun 2024.

3. Universitas Kristen Wira Wacana Sumba menerima penghargaan sebagai perguruan tinggi yang pertama kali membentuk Satgas PPKS dan menerapkan kurikulum yang mendukung Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021.

4. Universitas Nusa Nipa memperoleh penghargaan sebagai PTS dengan dosen penerima hibah penelitian dan pengabdian masyarakat terbanyak, serta lulusan sertifikasi dosen terbanyak dari 2021 hingga 2024
[18/9 07.17] Winda: 5. Universitas Katolik Widya Mandira Kupang dianugerahi penghargaan sebagai perguruan tinggi dengan jumlah jabatan fungsional dosen terbanyak, yakni 219 dosen.

6. Universitas Kristen Artha Wacana Kupang mendapatkan penghargaan sebagai PTS dengan jumlah Lektor Kepala dan Guru Besar terbanyak.

7. Universitas Citra Bangsa diakui sebagai pengelola Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal terbaik.

8. Akademi Keperawatan St. Elisabeth Lela menerima penghargaan sebagai perguruan tinggi vokasi terbaik pengelola Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal.

9. Universitas Muhammadiyah Kupang dinobatkan sebagai pusat kegiatan LLDIKTI XV Fair tahun 2023.

10. Akademi Kebidanan Santa Elisabeth Kefamenanu memperoleh penghargaan sebagai pengelola PDDIKTI terbaik dari tahun akademik 2014 hingga 2024. ( CP).

Komentar