LKP Sisters Salon Gelar Pelatihan Tata Kecantikan Rambut dan Hasilkan Sejumlah Tenaga Wirausaha Handal

Ket Foto: LKP Sisters Salon Gelar Pelatihan Tata Kecantikan Rambut 

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Lembaga Kecakapan Wirausaha (LKP) Sisters Salon gelar kursus dan pelatihan tata kecantikan rambut yang berlangsung pada 12 Juni 2024 di LKP Sisters Salon di area lokasi pasar Oebobo.

Kursus atau pelatihan tata kecantikan rambut yang melibatkan 25 peserta yang terdiri dari masyarakat yang putus sekolah atau tidak sedang dalam menempuh pendidikan formal tersebut merupakan program pendidikan kecakapan wirausaha tahun 2024 dari Direktorat kursus dan pelatihan Direktorat jenderal pendidikan vokasin kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi.

Menurut pimpinan LKP Sisters Salon Apleni Bullu bahwa kursus atau pelatihan tata kecantikan rambut ini di ikuti oleh masyarakat yang memiliki semangat untuk berkreasi dan kreatif namun belum memiliki kemampuan dalam bidang tata kecantikan rambut sehingga melalui kursus atau pelatihan tata kecantikan rambut ini di harapkan mereka dapat memiliki kemampuan dan keahlian di bidang tata kecantikan rambut agar dapat mandiri dan juga menambah ekonomi keluarga.

“Kami membuka ruang kursus dan pelatihan tata kecantikan rambut bagi masyarakat di Kota Kupang agar kelak nanti usai mengikuti pelatihan dapat kompeten dan mandiri serta menambah ekonomi keluarga fan menjadi wirausaha yang handal,” Terang Apleni Bullu.

Dijelaskan secara garis besar oleh Pimpinan LKP Sisters Salon Apleni Bullu, bahwa kursus yang di gelar di peruntukan bagi masyarakat yang berusia antar 15 hingga 25 tahun yang tidak sedang menempuh pendidikan formal dan setelah mengikuti pelatihan tata kecantikan rambut, peserta diberikan bantuan modal usaha seperti alat dan bahan yang kaitannya dengan tata kecantikan rambut agar mereka dapat berusaha mandiri.

Menurut Dia pembelajaran Kursus dan pelatihan tata kecantikan rambut yang di gelar oleh LKP Sisters Salon sudah berlangsung sejak tahun 2011 dan menghasilkan tenaga – tenaga kecantikan rambut yang kompeten.

“Kami telah mendapat kepercayaan untuk kegiatan tata kecantikan rambut ini sejak tahun 2011 dan hasilnya peserta didik kami memiliki kemampuan yang bagus dan kompeten, seperti contoh salah satu output kami yang telah memiliki kemampuan yakni Nikolas Laidat yang telah memiliki salon dan bridal dan juga memiliki kemampuan lainnya yakni sebagai pembawa acara di berbagai acara,” Ucap Apleni Bullu.

Apleni Bully selaku Pimpinan LKP Sisters Salon berterima kasih kepada pemerintah terutama kepada Dirjen Vokasi direktorat jenderal pendidikan dan kebudayaan yang telah memberikan kepercayaan kepada LKP Sisters Salon untuk melaksanakan kursus dan pelatihan tata kecantikan rambut.

Sementara itu Kabid BP Paud dan PNF Kota Kupang, Roos Dethan dalam sambutan nya dan arahannya mengatakan bahwa, Saat ini banyak ketrampilan yang bagus dan ini merupakan kesempatan bagi para peserta pelatihan untuk memiliki peluang untuk membuka usaha bagus dalam mencapai keberhasilan hidup terutama untuk berwirausaha di bidang tata kecantikan rambut.

” Saya berharap agar peserta dapat memanfaatkan momen atau kursus dan pelatihan tata kecantikan rambut ini dengan sebaik-baiknya dan tidak sia – siakan kesempatan yang ada, karena tidak semua dapat mengikuti pelatihan ini,” tandasnya.

Kabid Roos Dethan juga mengatakan bahwa pemerintah Kota Kupang saat ini melihat banyak masyarakat usia produktif yakni dari usia 15 tahun hingga 25 tahun yang memiliki kemampuan dan keahlian tertentu sehingga potensi yang dimiliki tersebut jangan disia-siakan namun dimanfaatkan dengan meraih ilmu menjadi wirausaha yang mandiri, handal dan sukses.

Untuk diketahui kursus dan pelatihan tata kecantikan rambut yang berlangsung bekerjasama LKP Sisters Salon Ganesa , UMK, Miracle Salon, Eklesia Komputer, selaku pemateri kewirausahaan dan juga sukses nya kegiatan di dukung oleh BRI unit Kelapa Lima, dan Koperasi Swasti sari selaku lembaga permodalan dalam memajukan usaha.

Selain itu instruktur dan pelatih yang memberikan pelatihan tata kecantikan rambut di LKP sisters salon merupakan instruktur yang telah kompeten dan mempunyai sertifikat kompetensi. ( CP).

Komentar