Sambut HUT RI ke -79, Warga Kelurahan Kuanino Gelar Festival Budaya Nuansa Etnis Rote

Ket Foto: Staf ahli bidang ekonomi dan pembangunan Kota Kupang, Marlen Detaq saat membuka Festival Budaya di Kelurahan Kuanino 

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79, Kemerdekaan Republik Indonesia, Warga RT 17, Kelurahan Kuanino, Kecamatan Kotaraja, Kupang NTT menggelar festival budaya bernuansa etnis Rote yang berlangsung selama dua hari pada Selasa 12 Agustus 2024.

Festival budaya yang diselenggarakan oleh warga kelurahan Kuanino diwarnai dengan berbagai lomba yang diikuti oleh masyarakat di kelurahan Kuanino mulai dari anak – anak, remaja dan dewasa.

Tampak warga kelurahan Kuanino yang hadir dan mengikuti aneka lomba mengenakan pakaian etnis Rote yang indah mewarnai festival budaya tersebut.

Ketua panitia pelaksana festival budaya di kelurahan Kuanino, Sem Se kepada media Indonesia menyapa menyampaikan bahwa festival budaya yang digelar merupakan agenda pemerintah Kota Kupang melalui dinas pariwisata Kota Kupang yang dilakukan sejak tahun 2023 di setiap kelurahan dan pada tahun 2024 ini warga kelurahan Kuanino menggelar dengan nuansa etnis Rote.

“Pada HUT RI tahun ini, kami masyarakat kelurahan Kuanino di berikan kesempatan untuk memeriahkan dengan nuansa etnis Rote dan setidaknya dapat menimbulkan kesan berbeda dalam memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI,” Ucap Sem Se.

Ditambahkan Sem Se, selaku ketua panitia yang juga merupakan Sekretaris Lurah Kuanino tidak hanya nuansa etnis Rote yang dikenakan oleh warga kelurahan Kuanino pada festival budaya tersebut tapi ada sejumlah perlombaan tujuh belasan yang di lakukan antara lain lomba fashion show lansia, lari karung bagi anak-anak, gigit sendok, masukan paku dalam botol dan masih ada lomba lainnya yang cukup menarik.

“Dengan nuansa etnis Rote yang di kenakan oleh warga kelurahan Kuanino ini, juga diharapkan masyarakat semakin mencintai dan melestarikan budaya di NTT,” ujar Sem Se.

Festival budaya yang di gelar di hadiri oleh Staf ahli bidang ekonomi dan pembangunan Kota Kupang, Camat Kota Raja, Lurah Kuanino dan sejumlah OPD lainnya.

Dalam membacakan sambutan Pj. Walikota Kupang Fahrensy Funay, Staf ahli bidang ekonomi dan pembangunan Kota Kupang Marlen Detaq mengajak masyarakat kota Kupang, khusus warga di kelurahan Kuanino dalam memeriahkan HUT RI ke – 79 agar bersama – sama menyatukan komitmen untuk mengisi kemerdekaan RI dengan melibatkan diri secara aktif dalam setiap proses pembangunan daerah melalui fungsi, peran dan kompetensi yang dimiliki.

“Marilah kita isi kemerdekaan ini dengan berjuang keras untuk menanggulangi kemiskinan, keterbelakangan menciptakan lapangan kerja sehingga dapat mengatasi pengangguran dan dapat mewujudkan masyarakat yang sehat jasmani dan rohani menuju kesejahteraan bangsa serta bersama menjadikan kota Kupang ini sehat dan bersih, Himbau Marlen Detaq.

Staf ahli bidang ekonomi dan pembangunan Kota Kupang juga mengapresiasi warga Kuanino dan Lurah Kuanino dan para staf yang telah memadukan festival budaya dalam memperingati HUT RI ke – 79 dengan berbagai lomba yang menarik.

Menurut Marlen Detaq, festival budaya yang di gelar merupakan wujud apresiasi terhadap warisan budaya yang dimiliki oleh masyarakat kelurahan Kuanino, karena merasa penting nya melestarikan budaya dan tradisi, mengembangkan potensi budaya untuk mendukung kearifan lokal serta ekonomi kreatif daerah.

Ditambahkan Marlen, festival budaya yang di gelar oleh warga kelurahan Kuanino merupakan bukti kongkrit bagaimana upaya pelestarian budaya lokal yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, pariwisata dan ekonomi wilayah.

“Saya berharap dengan semangat kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, pagelaran seni budaya dan UMKM yang dilaksanakan menjadi inspirasi bagi kelurahan lainnya dalam melestarikan budaya, selain itu dapat menghidupkan dan mengenalkan budaya tradisional kepada masyarakat Kota Kupang sehingga dapat berpengaruh terhadap sektor lain terutama sektor ekonomi yang membangkitkan UMKM,” Pungkas Marlen Detaq.

Sementara itu Salah satu warga Kuanino, Ratna Mela yang hadir memeriahkan HUT RI dengan melibatkan diri sebagai peserta lomba fashion show lansia menyampaikan bahwa kegiatan festival budaya yang di gelar dalam rangka memperingati HUT RI ke – 79, sangat positif dan baik, serta dapat menumbuhkan rasa cinta kepada budaya dan tradisi daerah di Kota Kupang agar masyarakat juga dapat melestarikan budaya kepada generasi penerus bangsa.

” Saya selaku warga Kuanino apresiasi pemerintah kelurahan yang telah menggelar festival budaya ini dan saya juga berharap Kegiatan yang positif ini terus di lakukan agar dapat meningkatkan rasa cinta kepada budaya dan juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di bidang UMKM,” ucapnya. ( CP).

Komentar