Puncak Peringatan HAN ke – 40, Forum Anak Kota Kupang Serukan 10 Isu Penting Kepada Pemkot Kupang

Ket Foto: Puncak Peringatan HAN ke – 40 Tingkat Kota Kupang 

Kupang , media Indonesia menyapa.com
Puncak Peringatan hari anak Nasional ke – 40 Tingkat Kota Kupang digelar di Kota Kupang pada Selasa 30 Juli 2024 dengan mengusung tema ” Anak Terlindungi, Indah Maju”.

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) menunjukkan adanya komitmen pemerintah dalam melindungi anak-anak, memastikan hak-hak mereka untuk hidup, tumbuh, dan berkembang dengan baik. Acara ini juga menjadi momen evaluasi dan refleksi untuk memastikan hak-hak anak benar-benar terlindungi dan suara mereka didengar.

Pada peringatan HAN ke -40 tingkat kota Kupang, Forum Anak Kota Kupang menyerukan 10 aspirasi dan isu mereka lewat Suara Anak Kota Kupang yang disampaikan perwakilan anak dari forum anak Kota Kupang yang perlu diperhatikan dan di tindaklanjuti oleh pemerintah Kota Kupang.

Isu-isu yang dibacakan di hadapan Pemerintah Kota Kupang dan jajaran nya serta sejumlah anak dari forum anak Kota Kupang pada peringatan HAN ke – 40 antara lain

Meminta kepada pemerintah dan masyarakat untuk mendukung pemenuhan hak sipil anak, termasuk pentingnya Kartu Tanda Penduduk untuk anak yang berusia 17 Tahun, Kartu Identitas Anak, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, serta administrasi kependudukan lainnya.

Selain itu juga forum anak Kota Kupang Menyerukan penyelesaian kasus perkawinan anak yang berdampak pada anak putus sekolah, penelantaran anak, dan stunting. Mereka juga menyerukan pencegahan di tingkat akar rumput dengan pembentukan satgas pencegahan perkawinan usia anak.
Mencegah anak menjadi perokok aktif atau pasif, serta korban penyalahgunaan napza termasuk minuman keras. Untuk itu, mereka menyerukan pengoptimalan regulasi berdasarkan hak anak dan prinsip bisnis yang mematuhi hak anak dalam operasinya.

Meminta perluasan, pemerataan, dan peningkatan kualitas pendidikan,
Meminta fokus terhadap penanganan kekerasan dan eksploitasi terhadap anak yang berimplikasi pada kesehatan fisik serta mental dan berdampak pada pendidikan dan sosial mereka. Dan juga juga meminta sosialisasi lebih masif tentang undang-undang dan aturan terkait kekerasan dan eksploitasi anak.

Pada kesempatan tersebut Ketua Forum Anak Kota Kupang anandhyta betraf rihi dalam sambutannya mengatakan momentum peringatan hari anak Nasional merupakan suatu bentuk partisipasi dan kepedulian dari seluruh komponen masyarakat Kota Kupang dalam pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh kembang secara wajar sesuai harkat dan martabat dan kemanusiaan serta mendapatkan perlindungan dari diskriminasi.

” Kami anak – anak generasi penerus bangsa merupakan bagian dari masyarakat yang harus diperhatikan dan dilindungi secara komprehensif dari pemerintah dan seluruh komponen masyarakat,” ucap Anandhyta Rihi.

Ketua Forum anak kota Kupang ini juga membeberkan bahwa Forum anak kota Kupang sebagai organisasi yang dinamis mempunyai alat kelengkapan kode etik, fasilitator dan pengurus forum anak yang dipilih secara periodik setiap dua tahun melalui konverda.

“Pengurus Forum anak kota Kupang yang telah dipilih terdiri dari kelompok anak lintas agama, anak berhadapan dengan hukum, anak tumbuh kembang khusus, ” jelas Anandhyta Rihi.

Sementara itu PJ. Fahrensy Funay mengatakan bahwa anak-anak sebagai penerus bangsa memiliki peran penting dalam menentukan masa depan yang bebas dari diskriminasi, dengan hak-hak yang terpenuhi dan terlindungi dari kekerasan.

Fahrensy Funay juga mengatakan peringatan hari anak Nasional merupakan momentum penting untuk meningkatkan partisipasi dan kepedulian pemerintah dan masyarakat dalam menjamin hubungan anak atas hak hidup, tumbuh kembang berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat manusia serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

” Saya berharap kepedulian terhadap anak pada momentum HAN tidak sebatas seremonial semata tapi hendaknya kita dapat menunjukkan keseriusan dengan adanya kepedulian secara nyata. Sebagai pemerintah dan orang tua seharusnya lebih peduli terhadap beberapa faktor penyebab terjadinya tumbuh kembang anak,” Himbau PJ. Walikota Kupang.

Momentum peringatan HAN Kota Kupang juga di warnai dengan pengukuhan alat kelengkapan forum anak kota Kupang oleh PJ. Walikota Kupang Fahrensy Funay, sehingga PJ. Walikota Kupang juga meminta kepada alat kelengkapan forum anak kota Kupang yang diketuai oleh Anandhyta Rihi agar dapat melakukan koordinasi dengan pemerintah, Dp3A Kota Kupang, sehingga ketika ada program – program yang berhubungan dengan kepedulian terhadap anak dapat berkolaborasi dengan forum anak kota Kupang.

” Selaku Pemerintah Kota Kupang saya apresiasi kepada ketua forum anak kota Kupang yang telah memberikan sambutan yang bagus dan berani mengungkapkan kebutuhan dari anak – anak di kota Kupang dan kepada semua anak – anak Kota Kupang dan juga yang tergabung di forum anak kota Kupang teruslah belajar agar kelak menjadi penerus bangsa yang cerdas,” Pungkas Pj. Walikota Kupang. ( CP).

Komentar