Antisipasi Dampak Permasalahan Sosial di Masyarakat, Diskominfo Kota Kupang Gelar Sosialisasi Pembinaan Kemitraan Kepada KIM

Ket Foto: Andre Otta, Sekretaris Diskominfo Kota Kupang saat memberikan sambutan pada pembukaan sosialisasi kepada KIM

Kupang, Media Indonesia Menyapa.com
Pemerintah kota kupang melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Kupang menggelar Pembinaan Kemitraan Komunitas Informasi Masyarakat( KIM) Tahun 2024.dan sosialisasi terkait ber media sosial yang benar dan dampaknya kepada komunitas informasi masyarakat (KIM) tahun 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di aula rumah jabatan walikota pada kamis (11/7/2024) yang dihadiri oleh ketua KIM dari kelurahan se-kota kupang.

Dalam sambutan Andre otta selaku
Sekretaris Dinas Kominfo Kota Kupang mengatakan tujuan digelar kegiatan pembinaan kemitraan KIM ini untuk memberikan edukasi dan sosialisasi tentang desain konten serta paham radikalisme dan terorisme guna meningkatkan ketrampilan dan wawasan masyarakat terhadap bahaya atau dampak dari permasalahan sosial yang tren terjadi di masyarakat saat ini

Menurut Andre, kegiatan yang digelar Sejalan dengan peran komunitas informasi masyarakat (KIM) sebagai komunitas yang dibentuk masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat yang secara mandiri dan kreatif dalam melakukan aktivitas pengelolaan informasi dan pemberdayaan guna memberikan nilai tambah kepada masyarakat itu sendiri.

“Pemerintah kota kupang mendukung pelaksanaan peran tersebut dengan menyelenggarakan pembinaan terhadap komunitas informasi masyarakat lingkup pemerintah kota kupang melalui kegiatan sosialisasi terkait desain konten dan paham radikalisme dan terorisme untuk mewujudkan masyarakat yang kreatif dan berwawasan,” jelas Andre Otta.

Menurut Andre, Dengan adanya penguatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan KIM kota kupang sehingga dapat mendorong partisipasi KIM dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kota kupang melalui pertukaran dan penyebarluasan informasi dan pengetahuan yang berguna bagi masyarakat kota kupang.

Kegiatan sosialisasi terkait penggunaan media sosial serta dampak nya nya yang digelar pemerintah Kota Kupang dalam hal ini Diskominfo Kota Kupang menghadirkan narasumber yang mempunyai kapasitas cukup untuk memberikan informasi yang menarik dengan peserta yang juga merupakan tanggap terhadap permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat yakni kelompok informasi masyarakat (KIM) entitas yang dibentuk oleh kementrian kominfo sampai ke tingkat bawah .

KIM juga sudah terbentuk dari tahun 2019 disetiap kabupaten kota dan kelurahan dan diharapkan menjadi lembaga yang menguatkan dari sektor informasi dan komunikasi publik di tingkat bawah atau tingkat masyarakat

Andre menjelaskan ada 2 tugas dasar dari KIM yang pertama yang perlu menjadi perhatian utama yaitu memberikan informasi dari pemerintah kepada masyarakat untuk memperkuat informasi yang sudah dibagikan oleh Lurah,RT,RW,LPM.
Tugas yang kedua melihat isu isu yang ada tingkat bawah dan memberitahukan kepada Diskominfo, karena secara kelembagaan Diskominfo mempunyai kerja sama dengan berbagai pihak sehingga kalau ada langkah radikalisme bisa di informasikan dengan segera kepada kominfo agar di infokan kepada pihak yang berwenang supaya bisa mengambil langkah langkah pencegahan intoleran dikota kupang.

Andre Otta berharap semoga yang disampaikan bisa sampai ke semua lapisan masyarakat bawah, terkhususnya tentang langkah langkah pencegahan, sehingga jika terjadi sesuatu, masyarakat bisa melapor dan masyarakat lebih bijak dalam ber media sosial, karena itu yang sangat penting di masa masa ini. ( CP).

Komentar