Tingkatkan Produktivitas Pengembangan Pemberdayaan Petani Holtikultura, Pemerintah Desa Oleletsala Salurkan Sejumlah Bibit tanaman, Pupuk dan Alat Pertanian

Ket Foto: Para Poktan dan peternak saat menerima bantuan pakan dan bibit dari pemerintah desa Oleletsala 

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Guna meningkatkan produktivitas petani holtikultura di Desa Oleletsala Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur maka pemerintah desa Oleletsala menyalurkannya pupuk NPK, Bibit tanaman, obat obatan, alat – alat pertanian bagi tujuh kelompok tani yang diserahkan langsung oleh kepala desa Oleletsala, In Bilaut, SH di Desa Oleletsala pada Senin(8/7/2024) yang berlangsung di Kantor Desa Oleletsala.

Kepala Desa Oleletsala, In Bilaut, SH. kepada media Indonesia menyapa mengatakan penyaluran bibit tanaman, alat – alat pertanian dan pupuk NPK bagi para petani dari di tujuh Poktan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian holtikultura di desa oleletsala dan pada kesempatan tersebut juga memberikan bantuan pakan ternak bagi salah satu Poktan di Desa Oleletsala.

Menurut Kades In Bilaut, Tahun 2024 pemerintah desa Oleletsala mengangarkan anggaran sejumlah 148 juta rupiah bagi para petani di desa Oleletsala khususnya untuk pengembangan pemberdayaan.

‘Penyaluran hari ini bagi tujuh kelompok tani dan bagi satu kelompok peternak pengembangan pemberdayaan dengan jumlah penerima manfaat 85 Kepala Keluarga di Wilayah Oeletsala, kami pemerintah desa mengumunkan kepada masyarakat mekanisme untuk mendapatkan bantuan melalui sistem pengajuan proposal dan adanya permintaan anggaran kepada pemerintah desa sesuai kebutuhan dari masing – masing Poktan , setelah itu akan di lihat proposal tersebut oleh pemdes dan dapat mengangarkan kepada para Poktan,” Beber In Bilaut.

Selanjutnya disampaikan Kades Oeletsala, dari pengajuan proposal oleh para petani di lakukan penawaran ke pihak terkait atau pihak ketiga dengan sistem memasukkan dokumen penawaran ke Tim pelaksana kegiatan tahun 2024 dan setelah di setujui maka pemdes melakukan penandatanganan berita acara kesepakatan bersama kemudian pihak ketiga melakukan pengadaan barang sesuai kebutuhan dan permintaan dari pemerintah desa Oleletsala.

In Bilaut mengatakan ada belasan Poktan di Desa Oleletsala yang sedang berkembang dan khusus untuk pengembangan petani holtikultura sudah tiga tahun terakhir di fokuskan pada pengembangan holtikultura dengan memacu masyarakat agar memfungsikan lahan tidur yang selama ini tidak di fungsikan dan dampak dari gerakan ini cukup maksimal dimana melalui program ini para petani dan peternak sudah mampu mensejahterakan keluarganya.

” Untuk Omset dalam setahun dari petani Holtikultura ini mencapai puluhan juta rupiah oleh sebab kami pemdes Oeletsala terus membantu para petani dan peternak dengan menyuplai kebutuhan para petani berupa bibit tanaman, pupuk dan alat pertanian serta obat-obatan, pakan ternak agar semakin berkembang dan juga sebagai apresiasi atas kerja keras para petani maka kami dari pemerintah desa memberikan penghargaan kepada masyarakat atau Poktan yang berhasil mengembangkan lahan tidur yang ada,” Jelas In Bilaut.

Kedepannya Kades Oeletsala berharap kepada masyarakat desa Oleletsala agar terus berkembang dan membangun bukan saja membangun fisik seperti infrastruktur namun dapat mengembangkan pemberdayaan usaha pertanian dan peternakan di Desa Oleletsala dan juga apa yang telah di galakkan ini masyarakat dapat termotivasi untuk terus berusaha dan berkarya lewat bidang pertanian ini demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Oeletsala sendiri. ( CP).

Komentar