Idul Adha, Masdjid Darussalam Sikumana, Potong Hewan qurban 3 Hari Lebaran

Ket Foto: Pemotongan hewan qurban di Masdjid Darussalam Sikumana pada hari pertama 

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Peringatan Hari raya Qurban 1445 H/ 2024 M berlangsung di Kota Kupang dengan lancar. hal tersebut ditandai dengan pemotongan hewan qurban oleh berbagai lembaga swasta, institusi, organisasi masyarakat, Masdjid dan organisasi sosial lainnya.

Seperti halnya Masdjid Darussalam Sikumana Kota Kupang, setiap tahunnya melaksanakan idul Qurban dengan menyembelih hewan qurban berupa Sapi dan Kambing.

Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Masjid Darulsalam Sikumana Kota Kupang Nusa Tenggara Timur Senin,17/6/2024.

Ketua panitia Idul Qurban Masdjid Darussalam, Patrai Anwar S.sos.SH. menjelaskan bahwa Pada Idul Adha tahun ini, Masdjid Darussalam Sikumana menyembelih hewan qurban sebanyak Sapi 29 ekor kambing 46 ekor.

Patrai menyampaikan bahwa Hewan qurban yang disumbangkan tahun ini cukup banyak sehingga pemotongan hewan qurban akan dilakukan selama tiga hari yakni hari pertama yang dipotong sebanyak 13 ekor kambing dan 7 ekor sapi sisanya akan di sembelih pada hari kedua dan ketiga.

“Hari ini kami menyembelih 7 ekor sapi dari 29 ekor sapi dan kambing 13 ekor yang sudah dipotong dari 46 ekor kambing,” Beber Partai.

Dibandingkan dengan Idul Qurban tahun lalu, ketua panitia Idul Qurban Masdjid Darussalam mengungkapkan bahwa, tahun ini hewan qurban meningkat karena adanya sumbangan dari beberapa pihak dari jamaah Mesjid Daruslam Sikumana dan dari lembaga Rumah Zakat kemanusiaan Jakarta yang bermitra dengan yayasan bakti NTT.

Disampaikan Patrai Kegiatan pemotongan hewan kurban ini merupakan bagian dalam mempererat kebersamaan dan kepedulian terhadap masyarakat dan sebagai bentuk rasa syukur dan kepedulian terhadap sesama, serta ketaatan kepada perintah Allah SWT.

“Daging kurban yang telah dipotong rencananya akan didistribusikan kepada masyarakat. Target yang akan disalurkan hari pertama sebanyak 500 kantong,” Kata Patria.

“ Untuk hari pertama kita salurkan ke jemaah Sikumana dengan jumlah KK 282 tetapi kita dobelkan karena antisipasi ada yang belum tercatat namanya. Sedangkan untuk hari kedua kita belum tahu berapa yang akan kita potong karena sapi masih dalam perjalanan dan sampai hari ketiga jumlah sapi yang 29 ekor ini harus dipotong semua begitu juga kambing 46 ekor harus terpotong ,” terang Patrai.

Untuk hari kedua hewan qurban yang dipotong diperuntukkan kepada masyarakat Sikumana dan tetangga sekitar mesjid dan semua harus dapat selama 3 hari ini.

Lebih lanjut dijelaskan hewan qurban yang sudah dipotong ini diperiksa oleh tim kesehatan diantarnya ada 3 orang drh. Petrus Malo Bupu, drh Cornelia Awa dan drh. Tri Tani.

Patrai Anwar selaku ketua panitia Idul Qurban Masdjid Darussalam berharap tahun depan baik pemerintah pusat, pemerintah daerah dan lain-lainnya bisa memberikan amanah atau kepercayaan kepada mesjid Darussalam Sikumana untuk dapat menjalankan amanah ini. ( CP).

Komentar