Gelar Bukber, KPw Bank Indonesia NTT Paparkan Harga Beras Kian Meroket di NTT

Ket Foto: Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi NTT dan Staf saat menggelar Bukber bersama Media 

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Dalam rangka Ramadhan berkah bersama insan BI, Kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT menggelar Buka puasa bersama media pada Selasa (02/04/2024) di Kantor KPw Bank Indonesia Provinsi NTT.

Kegiatan bukber yang di gelar, di hadiri oleh sejumlah wartawan dan wartawati NTT dari sejumlah media baik media Online, cetak dan Elektronik.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur, Agus Sistyo Widjayati menyampaikan beberapa hal terkait inflasi tertinggi di NTT yang telah di rillis oleh Badan Pusat Statistik NTT Beberapa waktu ini.

Disampaikan kepala KPw Bank Indonesia NTT, Agus Sistyo Widjayati bahwa,terjadinya inflasi di NTT karena adanya beberapa komoditi dan komoditas penyumbang inflasi.

Menurut Agus Sistyo, perkembangan dan penyumbang inflasi yang saat ini terjadi di NTT di picu oleh lima komoditas utama dan yang paling tinggi adalah beras yakni dari bulan Januari hingga Maret 2024 harga beras meroket.

“Beras mengalami kenaikan sebesar 0,20 persen dan terjadi pada Januari hingga Maret 2024. selain itu ada pula 4 Komoditas penyumbang inflasi lain nya yang turut andil adannya inflasi di NTT,”Jelas Kepala KPw bank Indonesia NTT.

Diungkap Agus Sistyo Widjayati di triwulan l 2024 Produksi beras mencapai 37.770 Ton. sedangkan kebutuhan beras tiap bulan bagi masyarakat NTT mencapai 54390 ton Per bulan di NTT.

Sedangkan terjadinya kenaikan harga beras dikarenakan Produksi beras lokal hanya mencakup 23 persen dari kebutuhan masyarakat di NTT pada triwulan l 2024 sehingga saat ini pasokan beras masih dari luar NTT yakni dari Provinsi Jatim dan Sulawesi.

“Produktivitas beras di NTT masih rendah di bandingkan produktivitas beras dari luar NTT. Oleh sebab untuk pemenuhan kebutuhan beras masyarakat NTT masih di produksi dari luar NTT yakni dari Sulawesi dan Jawa Timur,” Tambah Agus Sistyo Widjayati.

Melihat kondisi ini maka sudah saatnya pemerintah memfokuskan perhatiannya dalam peningkatan produktivitas beras di NTT agar dapat mengatasi kenaikan harga beras yang semakin meningkat dan menggila.

“Menjadi penting saat ini Pemerintah untuk fokus meningkatkan produktivitas beras di NTT agar produksi beras dapat teratasi dan dapat menstabilkan harga beras yang kian meroket” Tandas Agus Sistyo Widjayati.

Untuk diketahui, Kebutuhan beras di NTT sebesar 54,39 per ton dalam sebulan dan dibandingkan dengan jumlah penduduk sekitar 5,58 juta. ( CP).

Komentar