Tingkatkan Kreativitas Anak, SLB Asuhan Kasih Kupang Gelar Program Belajar di Alam

Ket Foto: Guru dan Para siswa SLB Asuhan Kasih Kupang saat lakukan kegiatan belajar di alam 

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Dalam rangka meningkatkan kreativitas anak didik dan membentuk karakter anak, SLB Asuhan Kasih Kupang menyelenggarakan kegiatan di luar sekolah bagi para siswanya.

Adapun kegiatan Pembelajaran di luar kelas dan sekolah merupakan salah satu kegiatan sekolah yang dilaksanakan oleh SLB Asuhan Kasih Kupang yang bertujuan agar melalui kegiatan tersebut dapat menumbuhkan semangat dan motivasi serta kreativitas siswa dalam belajar. Proses pembelajaran siswa benar-benar menyenangkan, sehingga siswa nyaman melaksanakan kegiatan belajar.

Wakil kepala SLB Asuhan Kasih Kupang, Rita Kono kepada media Indonesia menyapa di Area CFD mengatakan, SLB Asuhan Kasih Kupang menyelenggarakan kegiatan belajar di luar ruangan sekolah di area CFD yang bertajuk gerakan sekolah sehat, sehat secara fisik dan Jasmani.

” Kegiatan belajar di luar ruangan yang kami selenggarakan hari ini merupakan yang pertama kali dan merupakan program sekolah dan dilakukan di Area CFD dengan tujuan untuk membawa anak – anak ke alam agar anak-anak didik dapat belajar dan mengenal lebih dekat tentang alam sehingga anak-anak yang berkebutuhan khusus ini selalu semangat dan penuh harapan dan percaya diri. selain itu mereka juga dapat menyadari bahwa di luar ruangan atau di alam mereka bisa berkenalan dengan alam dan banyak orang dan mengenal tentang alam lebih luas,” Ungkap Rita Kono.

Diuraikan Wakasek SLB Asuhan Kasih Kupang, adapun kegiatan yang dilakukan oleh para siswa – siswi SLB Asuhan Kasih yang di dampingi oleh para guru dan orang tua murid yakni senam bersama, mewarnai dan belajar di alam.

Menurut Rita terkait belajar mewarnai mengangkat tema tentang alam dan anak-anak di beri kebebasan mewarnai tentang alam dan bebas mewarnai tentang alam apa saja.

” Kegiatan ini akan kami programkan di SLB Asuhan Kasih Kupang dan kedepankan akan kami gelar lagi dan dalam satu semester akan di laksanakan dua kali selain, itu juga ada kegiatan luar sekolah lainnya yang akan di laksanakan,” Jelas Rita Kono.

Terkait pengawasan saat kegiatan di luar sekolah, Rita Kono mengatakan, pihak SLB Asuhan Kasih bersama para orang tua murid berkolaborasi menjaga dan mengawasi anak-anak didik apalagi anak-anak tersebut adalah anak yang berkebutuhan khusus.

Pantauan media ini, anak-anak didik dari SLB Asuhan Kasih begitu antusias dan semangat mengikuti program pembelajaran di alam terbuka tersebut.

Rita Kono menambahkan bahwa reaksi dari anak – anak didik cukup baik dimana mereka dengan senang dan semangat mengikuti kegiatan senam bersama.

Harapan kedepan, Rita Kono selaku wakil kepala sekolah mengatakan bahwa SLB Asuhan Kasih Kupang merupakan sekolah yang mendidik anak – anak berkebutuhan khusus sehingga perlu adanya kesadaran masyarakat untuk bersama-sama membentuk dan memberikan ruang kepada anak-anak berkebutuhan khusus untuk berkembang dan berkreativitas dan mereka juga mempunyai masa depan yang lebih baik dan dengan keterbatasan mereka dapat mandiri.

Sementara itu perwakilan orang tua murid, Anita Sanam Baok mengatakan bahwa kegiatan luar sekolah yang diselenggarakan oleh SLB Asuhan Kasih Kupang ini cukup baik bagi anak – anak berkebutuhan khusus dan kegiatan ini dapat melatih anak-anak lebih mengenal alam secara dekat.

” Kolaborasi antara guru, orang tua murid dalam membantu meningkatkan kreativitas anak didik di SLB Asuhan Kasih Kupang sangat baik karena sebagaimana diketahui bahwa anak – anak kami yang walaupun berkebutuhan khusus namun mereka memiliki bakat dan talenta yang luarbiasa dan perlu di kembangkan,” Ucap Anita Baok.

Sebagai orang tua, Anita mengatakan, kegiatan di luar ruangan sekolah ini sangat berdampak positif bagi anak – anak yang berkebutuhan khusus dan kedepannya diharapkan Lebih ditingkatkan lagi agar para siswa ini dapat mengembangkan talenta yang di miliki.

“Program ini merupakan program sekolah yang telah diprogramkan oleh pemerintah dan sebagai sekolah penggerak yang ditetapkan dari pemerintah pusat sudah sepantasnya mempunyai ide dan gagasan yang cemerlang untuk pengembangan kreativitas anak didik dan diharapkan kedepannya semakin maju lagi dan selaku orang tua murid sangat puas dengan pola didik yang telah dilaksanakan oleh SLB Asuhan Kasih Kupang sangat baik dan anak-anak kami bisa berkembang dan menjadi generasi yang hebat,” Ujar Anita.

Sebagai catatan bagi dunia pendidikan dan terkhusus bagi SLB Asuhan Kasih Kupang dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik sesuai nama sekolah sekolah Asuhan Kasih dapat melaksanakan program belajar mengajar dengan penuh kasih. ( CP).

Komentar